Published on

Technology

Mengenal Facebook Business Manager dan Cara Pembuatan Terlengkap 2022

Luqman Hafidz

H1_Mengenal_Facebook_Business_Manager_dan_Cara_Pembuatan_Terlengkap_2022.jpg

Pernahkah kamu membuka iklan di Instagram, namun ketika ingin melihat lebih lanjut dan mengetuk profil dari produk yang ingin dilihat malah dibawa ke laman Facebook? Ini adalah salah satu perubahan efisiensi yang dilakukan Meta. Sekarang, kamu bisa membuat iklan di platform Facebook maupun Instagram hanya dengan satu akun di salah satunya saja. Berikut ini adalah informasi menyeluruh mengenai Facebook Business Manager dan cara pembuatannya bagi para pemula maupun profesional.

Baca juga: Digital marketing adalah: Pengertian, 7 jenis, manfaat, dan prospek kariernya

Apa itu Facebook Business Manager?


Selain dapat diakses dalam versi web, FB Business juga tersedia di ponsel Android dan iOS. (Sumber: Shutterstock)

Dilansir dari laman Facebook, Facebook Business Manager merupakan tempat all-in-one untuk membuat, mengatur, dan memonitor iklan yang hendak dipasang di sosial media milik Meta, seperti Instagram, Facebook, dan Messenger. Akses yang mudah ini akan memaksimalkan efisiensi waktu dan tenaga dalam bekerja, sehingga kamu tidak perlu lagi mengunjungi beberapa website untuk memastikan iklanmu mendapatkan traffic yang sesuai, karena semuanya tersedia dalam satu portal saja. Bahkan, fitur yang biasa orang sebut FB Business ini juga bisa digunakan di ponsel, baik pengguna Android maupun iOS.

Baca juga: Apple dominasi penjualan smartphone di AS

Keuntungan menggunakan Facebook Business Manager


Ilustrasi banyaknya keuntungan menggunakan FB Business. (Sumber: Shutterstock)

Penggunaan waktu yang lebih efisien dari penyederhanaan portal merupakan salah satu keuntungan menggunakan FB Business. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan.

1. Satu portal banyak media

Meta merupakan induk dari Facebook, Instagram, dan Messenger. Namun lebih dalam dari itu semua, kamu bisa memasang iklan baik di Feed, Story, Search, Messages, bahkan sekarang sudah ada pilihan beriklan di VR Oculus. Kamu hanya perlu pilih yang sesuai dengan bujet dan target audiens kamu.

2. Bisa pilih target audiens

Jika kamu sudah memiliki pengalaman di bidang paid ads, tentu ini merupakan fitur yang sangat kamu sukai. FB Business dapat disesuaikan dengan lokasi, demografik, minat, perilaku secara online, sampai siapa saja temanmu di sosial media milik Meta. Jadi, anggaran yang nantinya kamu gunakan bisa lebih efektif dan produk yang dijual bisa benar-benar diiklankan kepada orang yang membutuhkannya saja. Tentunya, ini adalah sebuah win-win solution.

3. Bujet yang sesuai kantong

Salah satu keunggulan FB Business adalah anggaran yang bisa disesuaikan. Selain kamu bisa memilih target audiens seperti yang telah dipaparkan di atas, kamu juga bisa mengatur bujet maksimalmu. Jadi, anggarannya tentu tidak akan melebihi apa yang telah disetujui atasan. Lebih detailnya, kamu juga bisa atur anggaran berdasarkan campaign ads atau ad-set ads.

4. Bisa A/B testing

Kalau kamu punya dua desain yang menurutmu sangat cocok, namun kamu masih bingung mana yang perlu kamu pilih, kamu bisa pilih keduanya dan biarkan FB Business yang melakukan tes algoritma sampai keluar hasil. Setelah hasilnya keluar, kamu bisa menggunakan bujet maksimal di iklan dengan hasil yang paling cocok untukmu.

5. Bisa monitor hasil real-time

FB Business siap dengan hasil real-time dengan tampilan chart yang mudah dianalisis, sehingga akan memudahkan kamu saat bekerja.

Baca juga: Mengenal A/B testing dan manfaatnya dalam digital marketing

Cara membuat Facebook Business


Landing page FB Business. (Sumber: Meta) 

Bagi kamu yang belum pernah membuat iklan di FB Ads atau FB Business, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Membuat akun FB Business

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah kamu perlu memiliki akun personal untuk dapat membuat akun FB Business. Cukup lakukan sign up apabila kamu belum pernah menggunakan produk Meta apapun atau log in dengan akun yang sudah biasa kamu pakai. Masuk ke laman https://business.facebook.com dan pilih create account.

2. Membuat koneksi dengan akun iklan


Dashboard page FB Business. (Sumber: Meta) 

Setelah masuk ke dashboard utama, pilih Create Business Account. Kamu juga perlu memasukkan beberapa kredensial seperti nama bisnis dan akun email yang digunakan untuk akun tersebut. FB Business juga memungkinkan kamu untuk request menjadi admin di akun-akun yang telah ada.

3. Tambahkan rekan kerja

Masih dari halaman dashboard, kamu dapat memilih ‘Add People’ untuk menambahkan rekan kerja. Hal ini juga meminimalisir kemungkinan akun terkunci ketika akun personalmu terkena masalah.

4. Mengamankan akun dengan 2FA

Dua faktor otentikasi merupakan hal penting, jadi tidak sembarang orang bisa masuk dan mengakses semua kegiatan dan iklan yang ada di FB Ads.

5. Mulai beriklan

Saatnya mengeksplor! Kamu bisa melakukan A/B testing dan mulai menggunakan anggaran yang sesuai. Pastikan kamu sudah tahu banyak seluk beluk tentang iklan dan desain yang akan kamu pakai, ya.

Baca juga: 10 Strategi SEO praktis untuk para pemula

Itu tadi artikel mengenal Facebook Business Manager dan cara pembuatan terlengkap. Apakah kamu sudah bisa menggunakan Facebook Business Manager atau ingin menjadi seorang digital marketer?

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • facebook.com
  • hootsuite.com
  • xendit.co
  • accurate.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video