Published on

Technology

Ini 5 daftar marketplace paling unggul 2021 di Indonesia

Nur Lella Junaedi

marketplace-paling-unggul-2020-EKRUT.jpg

Begitu banyak marketplace yang ada di Indonesia, namun dari puluhan yang ada tersebut manakah yang paling unggul di tahun ini? Lembaga iPrice telah mengeluarkan hasil riset tentang The Map of e-commerce in Indonesia beberapa waktu lalu. 

Riset ini memberitahukan tentang daftar pelaku marketplace yang paling unggul di tanah air pada kuartal II tahun 2020. Berikut daftar marketplace paling unggul 2020 di Indonesia tersebut mulai dari lima terbawah hingga peringkat pertama.

Peringkat #5 marketplace paling unggul 2020

marketplace paling unggul 2020 EKRUT 
Blibli sejauh pengamatan iPrice menjadi aplikasi kelima yang banyak digunakan - EKRUT

Peringkat kelima aplikasi marketplace paling unggul di Indonesia ditempati oleh BliBli.com, dengan jumlah pengguna bulanan yang mencapai sekitar 18 juta pengguna. 

Sementara di Appstore dan Playstore aplikasi BliBli ini juga banyak diunduh menjadikan perusahaan ini berada di peringkat ke 6. 

Sebagai produk dari PT Global Digital Niaga yang merupakan anak usaha dari PT Djarum dan berdiri sekitar 10 tahun lalu, perusahaan lokal ini telah memiliki karyawan sebanyak 1.800 pekerja. 

Mereka juga menjadi aplikasi paling banyak pengikutnya di Twitter di antara marketplace lain dengan jumlah sekitar 500 ribu followers, Instagram dengan jumlah 1.2 juta followers dan Facebook sekitar 8.5 juta pengikut. 

Baca juga: Mengenal apa itu marketplace dan contohnya di Indonesia

Peringkat #4 marketplace paling unggul 2020

marketplace paling unggul 2020 EKRUT 
Perusahaan milik Alibaba Group ini berhasil ada di peringkat ke empat - EKRUT

Apa kamu suka berbelanja di Lazada? Aplikasi yang dimiliki oleh Alibaba Group ini menjadi aplikasi keempat paling banyak dikunjungi oleh pengguna. 

Setidaknya pada kuartal II 2020 ini Lazada berhasil mengumpulkan sekitar 22 juta pengguna setiap bulannya, dan di antara marketplace lainnya Lazada menjadi aplikasi terunggul yang memiliki jumlah pengikut paling banyak di Facebook mencapai 29 juta pengikut. 

Sementara itu pengikut Instagramnya sudah mencapai 2 juta followers dan Twitter mencapai 300 ribuan followers. Tidak heran bila aplikasi ini banyak diunduh kedua di Playstore dan ketiga di Appstore. 

Berdiri sejak 2012 silam, Lazada kini sudah memiliki jumlah karyawan mencapai 3.100 karyawan. 

Peringkat #3 marketplace paling unggul 2020 

marketplace paling unggul 2020 EKRUT 
Di kuartal II tahun 2020 ini, Bukalapak ada diposisi ketiga yang banyak dipakai - EKRUT

Adapun marketplace ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh warganet adalah aplikasi Bukalapak.

Aplikasi besutan Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono ini memiliki jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 35 jutaan setiap bulannya sehingga menjadikannya aplikasi keempat yang paling banyak diunduh di Appstore dan Playstore.

Sayangnya, Bukalapak tidak memiliki begitu banyak pengikut di media sosial bila dibandingkan empat marketplace lainnya sebab Bukalapak hanya memiliki sekitar 2 jutaan pengikut FB, 1 jutaan pengikut Instagram dan 180 ribuan pengikut Twitter. 

Meski begitu, perusahaan memiliki SDM yang cukup banyak saat ini dengan total pekerja mencapai 2.400 pegawai. 

Peringkat #2 marketplace paling unggul 2020

marketplace paling unggul 2020 EKRUT 
Tokopedia sempat menjadi yang pertama di Indonesia tapi kemudian disalip oleh Shopee - EKRUT

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Startup lokal yang didanai oleh Softbank ini menjadi salah satu startup unicorn di tanah air selain Bukalapak dan Traveloka. 

Dengan pengalamannya yang mencapai sekitar 11 tahun, Tokopedia telah menjadi marketplace yang banyak dikunjungi setiap bulannya oleh sekitar 86 juta pelanggan. 

Aplikasi belanja besutan Tanuwijaya ini juga banyak diunduh kedua di Appstore dan ketiga di Playstore. Saat ini perusahaan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak di antara marketplace lain yakni 4.100 karyawan. 

Ia juga memiliki jumlah pengikut yang signifikan di antara tiga media sosial, seperti Facebook sekitar 6.3 juta pengikut, Instagram 1.7 juta pengikut dan Twitter 400 ribuan pengikut. 

Sebenarnya dari kuartal IV tahun 2018 hingga kuartal III tahun 2019, Tokopedia selalu menjadi aplikasi paling unggul pertama di Indonesia menurut data iPrice. 

Namun, kemudian di kuartal IV tahun 2019 hingga saat ini perusahaan terus disalip oleh Shopee. 

Peringkat #1 marketplace paling unggul 2020  

marketplace paling unggul 2020 EKRUT
 Shopee jadi aplikasi marketplace yang paling banyak digunakan di Indonesia pada kuartal II tahun 2020 - EKRUT

Kamu mungkin sudah menebak siapa yang jadi juara di peringkat pertama marketplace Indonesia.  Jawabannya adalah Shopee, perusahaan besutan asal Singapura. 

Meski terbilang paling bontot di antara empat e-commerce lainnya, Shopee mampu membuktikan bila perusahaannya bisa menyalip empat pemain kuat di industri e-commerce Indonesia.

Tidak heran bila pengunjung bulanan Shopee saat ini mencapai 93 juta pelanggan, menjadikannya sebagai aplikasi marketplace paling banyak diunduh nomor #1 di Appstore dan Playstore.

Shopee juga memiliki pengikut Instagram paling banyak dengan followers mencapai 5 juta followers, pengikut Facebook sekitar 17 juta dan Twitter sebanyak 320 ribuan followers. 

Hingga saat ini anak usaha Garena tersebut telah memiliki sekitar 5.100 pegawai, dimana Shopee juga telah beroperasi di beberapa negara seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan dan Filipina. 

Riset terbaru lembaga Jakpat asal Indonesia juga membawa berita baik bagi perusahaan ini bahwa, dari April hingga Juni 2020 lalu ShopeePay menjadi dompet digital keempat yang paling banyak digunakan. 

Baca juga: Tren penggunaan e-wallet di Indonesia, mana yang unggul?

Itulah lima daftar marketplace paling unggulan di Indonesia 2020 versi iPrice. Kamu sendiri biasanya belanja dimana?  

marketplace paling unggul di Indonesia 2020

Sumber: 

Tags

Share