Media

Mau bikin aplikasi pemesanan makanan?
By Maria Yuniar - 2 August 2018
3 min read 217 Views

Jasa pemesanan makanan seperti Zomato kini semakin marak digunakan. Di Indonesia, mungkin kamu akan lebih sering menggunakan Go-Food dari Go-Jek dibanding Zomato. Namun, apa pun nama layanannya, jasa pemesanan makanan seperti ini merupakan bisnis yang sedang berkembang.

Untuk kamu yang ingin membuat atau ingin merancang aplikasi pemesanan makanan serupa Zomato atau Go-Food, kamu wajib mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

 

Tanpa restoran

Sebagai pihak ketiga, kamu hanya perlu untuk membuat aplikasi yang efektif dan efisien untuk menghubungkan pengguna dengan restoran yang mereka cari. Zomato, misalnya, tak punya restoran atau layanan pengantaran khusus.Sebagai pihak ketiga, mereka hanya fokus memenuhi permintaan konsumen terhadap makanan dari berbagai restoran.

 

Fitur 

Salah satu keunggulan Zomato dibanding aplikasi sejenis lainnya adalah tampilan yang sederhana, tapi kaya akan fitur. 

Beberapa fitur yang menjadi andalan Zomato, antara lain: 
fitur pemesanan makanan yang membuat pengguna bisa memesan makanan di berbagai lokasi; 
fitur pemesanan meja yang membuat pengguna bisa memesan meja di restoran yang tersedia; 
fitur eksplor yang membuat pengguna bisa menemukan restoran terdekat;
fitur Zomato Gold yang menawarkan pengguna promosi terbatas di restoran-restoran ternama.

 

Layanan situs

Ketika membuat layanan pemesanan makanan yang bisa diakses melalui ponsel, kamu juga perlu memikirkan akses ke layanan tersebut melalui website. Kamu perlu memikirkan fitur-fitur dasar, termasuk panel dashboard untuk administrator memantau daftar restoran, jumlah pengguna, dan sebagainya.

Kamu pun pasti membutuhkan fitur analisis data untuk mendapatkan laporan data pengguna, laba dari layanan, atau angka penggunaan layanan. Fitur pengantaran untuk melihat data pengantaran makanan, map GPS untuk memantau rute pengantaran, kontak pengguna atau restoran, serta data dimulai dan berakhirnya pengantaran juga harus kamu pertimbangkan.

 

Review

Selain itu, hal yang membedakan Zomato dari layanan sejenis adalah tersedianya fitur review bagi pengguna untuk berbagi informasi mengenai makanan maupun restoran yang sudah mereka coba. Fitur ini bisa menjadi pemberi rekomendasi bagi para pengguna, sekaligus memberikan masukan bagi restoran.

 

Inovasi

Setelah mengetahui fitur-fitur yang harus kamu bangun dalam aplikasimu, kamu harus bisa menghadirkan suatu inovasi. Tujuannya, agar aplikasimu berbeda dari aplikasi serupa yang sudah ada.

Bila fitur yang kamu ingin bangun sudah pernah dibuat, cobalah untuk membuat fitur yang sama, tapi dengan performa yang lebih baik dibanding fitur sejenis dalam aplikasi lain.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui tren di dunia teknologi, khususnya pada aplikasi-aplikasi pemesanan makanan. Pantau juga kinerja aplikasi-aplikasi lain agar kamu memiliki acuan untuk terus mengembangkan aplikasi buatanmu.

 

Rekomendasi bacaan:
Ini bocoran chip AI baru Google untuk machine learning
Berselisih dengan atasan? Jangan perburuk situasinya!
Experian pimpin investasi Seri C bagi perusahaan induk CekAja.com

 

Sumber:
hackernoon.com
 

Tags:

  • restoran
  • makanan
  • aplikasi
  • Zomato
  • Go-Food
  • Go-Jek
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang