startup

Mau Buat Aplikasi Pesan Makanan Online? Berikut Informasinya

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

pizza-3569779__340.jpg

Jasa pemesanan makanan seperti Zomato kini semakin marak digunakan. Di Indonesia, mungkin kamu akan lebih sering menggunakan Go-Food dari Go-Jek dibanding Zomato. Namun, apa pun nama layanannya, jasa pemesanan makanan seperti ini merupakan bisnis yang sedang berkembang.

Untuk kamu yang ingin membuat atau ingin merancang aplikasi pemesanan makanan serupa Zomato atau Go-Food, kamu wajib mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Tanpa restoran

Sebagai pihak ketiga, kamu hanya perlu untuk membuat aplikasi yang efektif dan efisien untuk menghubungkan pengguna dengan restoran yang mereka cari. Zomato, misalnya, tak punya restoran atau layanan pengantaran khusus.Sebagai pihak ketiga, mereka hanya fokus memenuhi permintaan konsumen terhadap makanan dari berbagai restoran.

Fitur 

Salah satu keunggulan Zomato dibanding aplikasi sejenis lainnya adalah tampilan yang sederhana, tapi kaya akan fitur. 

Beberapa fitur yang menjadi andalan Zomato, antara lain: 
fitur pemesanan makanan yang membuat pengguna bisa memesan makanan di berbagai lokasi; 
fitur pemesanan meja yang membuat pengguna bisa memesan meja di restoran yang tersedia; 
fitur eksplor yang membuat pengguna bisa menemukan restoran terdekat;
fitur Zomato Gold yang menawarkan pengguna promosi terbatas di restoran-restoran ternama.

Layanan situs

Ketika membuat layanan pemesanan makanan yang bisa diakses melalui ponsel, kamu juga perlu memikirkan akses ke layanan tersebut melalui website. Kamu perlu memikirkan fitur-fitur dasar, termasuk panel dashboard untuk administrator memantau daftar restoran, jumlah pengguna, dan sebagainya.

Kamu pun pasti membutuhkan fitur analisis data untuk mendapatkan laporan data pengguna, laba dari layanan, atau angka penggunaan layanan. Fitur pengantaran untuk melihat data pengantaran makanan, map GPS untuk memantau rute pengantaran, kontak pengguna atau restoran, serta data dimulai dan berakhirnya pengantaran juga harus kamu pertimbangkan.

Review

Selain itu, hal yang membedakan Zomato dari layanan sejenis adalah tersedianya fitur review bagi pengguna untuk berbagi informasi mengenai makanan maupun restoran yang sudah mereka coba. Fitur ini bisa menjadi pemberi rekomendasi bagi para pengguna, sekaligus memberikan masukan bagi restoran.

Inovasi

Setelah mengetahui fitur-fitur yang harus kamu bangun dalam aplikasimu, kamu harus bisa menghadirkan suatu inovasi. Tujuannya, agar aplikasimu berbeda dari aplikasi serupa yang sudah ada.

Bila fitur yang kamu ingin bangun sudah pernah dibuat, cobalah untuk membuat fitur yang sama, tapi dengan performa yang lebih baik dibanding fitur sejenis dalam aplikasi lain.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui tren di dunia teknologi, khususnya pada aplikasi-aplikasi pemesanan makanan. Pantau juga kinerja aplikasi-aplikasi lain agar kamu memiliki acuan untuk terus mengembangkan aplikasi buatanmu.

Sumber:
hackernoon.com

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video