Published on

startup

Menarik, ini fakta mengenai Tokopedia yang mungkin belum kamu ketahui

Tsalis Annisa

tokopedia-EKRUT.jpg

Nama Tokopedia tentu sudah tidak asing di telingamu, bukan? Di usianya yang sudah mencapai 10 tahun, Tokopedia nampak bukan sekadar wadah jual beli online

Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison sejak tahun 2009, berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Tokopedia. 

Unggul di Asia Tenggara

Pada tahun 2014, Tokopedia menjadi perusahaan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan sebesar $100 juta dari Sequoia dan Softbank. 

Sequoia Capital sendiri adalah perusahaan modal yang didirikan oleh Don valentine tahun 1972. Sequoia Capital bahkan telah bekerja sama dengan pendiri perusahaan legendaris seperti Steve Jobs. 

Sedangkan Softbank terdiri dari SoftBank Corp dan beberapa anak perusahaan serta rekanannya, adalah perusahaan yang menawarkan berbagai komunikasi mobile yang komprehensif, dan servis internet di seluruh dunia. 

Tokopedia sebagai pionir

Setelah menjadi perusahaan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan besar, pada tahun 2015 Tokopedia menjadi pionir fitur pengiriman instan dengan menggunakan ojek online. 

Bahkan, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologii dan marketplace pertama yang menjadikan mini market sebagai lokasi pembayaran online untuk pengguna. 

Tokopedia juga membuka pusat pengembangan AI yang memanfaat pembelajaran teknologi mendalam dari NVIDIA. 

fakta tokopedia - EKRUT
Sebagai wadah jual beli online, Tokopedia telah banyak berperan untuk beberapa entrepreneur - EKRUT

Ikut serta dalam pergerakan ekonomi Indonesia

Hal lain yang membanggakan dari Tokopedia, dengan model bisnis yang dimilikinya, Tokopedia telah menggerakan lebih dari 1% ekonomi Indonesia. Bahkan jangkauan distribusi penjualannya sudah mencapai 88% wilayah Indonesia dan jumlah pengiriman barang telah mencapai 97% distrik di Indonesia.

Tak hanya itu, Tokopedia juga sudah cukup banyak membantu pengusaha baru untuk memulai bisnisnya. Persentasinya pun mencapai hingga 70%. 

Penasaran dengan angka pengguna Tokopedia setiap bulannya? Tokopedia memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif setiap bulannya. Mencengangkan, bukan

Tak berhenti sekadar menjadi wadah jual beli, Tokopedia saat ini juga telah menawarkan beberapa pelayanan lain. Misalnya saja, pelayanan pembayaran dan fintech

Di mana kamu bisa membayar tagihan melalui traveloka, kamu juga bisa melakukan investasi yang terjangkau, mengajukan kartu credit, bahkan kamu bisa mengajukan pinjaman online di Tokopedia. 

Dengan segala produk yang disajikan oleh Tokopedia untuk para pengguna, tak heran jika perusahaan ini semakin berkembang dan banyak dipercaya oleh penggunanya. 

Tertarik menjadi bagian dari Tokopedia? Jika iya, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. Pasalnya Tokopedia telah bergabung di EKRUT untuk mendapatkan kandidat terbaiknya. Mungkin, kamu salah satunya!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • linkedin.com
  • tokopedia.com
  • ​​​​​​​softbank.jp

Tags

Share