Published on

startup

Begini, informasi lengkap tahap pendanaan pada startup

Tsalis Annisa

tahap-pendanaan-startup-EKRUT.jpg

Membangun sebuah perusahaan startup membutuhkan waktu, dedikasi, disiplin, dan pendanaan yang memadai. Terdapat beberapa tahap pendanaan yang perlu dilewati oleh perusahaan startup hingga kondisi finansialnya dapat dikatakan stabil.

Sumber dana perusahaan startup dapat berasal dari berbagai sumber, tergantung jenis industri, minat para investor yang potensial, dan beberapa faktor lainnya. Maka dari itu, perusahaan startup biasanya memulai bisnis mereka dari sumber dana kecil sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Tahap pendanaan perusahaan startup dapat dibagi ke dalam beberapa kategori sebagai berikut:

Pendanaan selama tahap awal pembentukan

tahap pendanaan startup EKRUT 
Biasanya investor perusahaan di tahap awal berasal dari keluarga atau teman - EKRUT

Ini merupakan tahap awal ketika individu atau organisasi hendak membangun suatu perusahaan startup. Pendanaan pada tahap ini dapat dibagi kembali menjadi tahap-tahap berikut:

1. Pre-seed funding

Pada tahap ini, pendanaan perusahaan startup berasal dari sumber daya yang tersedia. Investor pada umumnya merupakan pendiri perusahaan sendiri atau keluarga dan teman-temannya.

Dana yang diperlukan berkisar antara 150 juta hingga 1,5 miliar rupiah. Sambil mencari sumber dana, pendiri perusahaan perlu mengeksplorasi lebih banyak ide terkait produk, melakukan market testing, dan menyusun rencana peluncuran produk.

2. Seed funding

Selama tahap seed funding, perusahaan startup telah memperoleh bantuan untuk menentukan produk akhir dan target pasarnya. Pendiri perusahaan tidak lagi harus mendanai sendiri usahanya, sebab investor dapat berasal dari:

  • Teman dan keluarga.
  • Business angel (para pendiri perusahaan startup yang memutuskan untuk berinvestasi dalam perusahaan startup baru) 
  • Micro venture capital (modal dalam bentuk uang dari berbagai investor) 
  • Crowdfunding (praktik penggalangan dana dari banyak orang, biasanya melalui internet)

Di Indonesia, pendanaan pada tahap ini berkisar antara 500 juta hingga 2,5 miliar rupiah. Dana tersebut dimanfaatkan untuk proses rekrutmen, peluncuran produk, pengembangan pasar, dan membangun daya tarik konsumen.

Baca juga: Angel investor dan tips mendapatkan pendanaan untuk startup

Pendanaan selama tahap pertumbuhan

tahap pendanaan startup EKRUT
Beragam tahap pendanaan startup tidak lain merupakan batu loncatan bagi suatu perusahaan untuk terus berkembang - EKRUT

Setelah menentukan produk, melakukan serangkaian pengujian, serta mengadakan rekrutmen, perusahaan startup kini siap menginjakkan kaki pada tahap selanjutnya. Sumber dana perusahaan startup selama masa pertumbuhan terdiri dari tahap-tahap berikut:

1. Putaran seri A

Pendanaan seri A dimulai ketika bisnis startup sudah memiliki produk tetap dan pengguna dalam jumlah tertentu. Ini adalah tahap bagi pendiri startup untuk membangun model bisnis yang tepat dan mengembangkan produknya ke wilayah lain.

Jumlah dana pada putaran seri A tergantung dari potensi dan kemampuan bisnis startup itu sendiri. Rata-rata, kisarannya sebesar 10 miliar hingga 33 miliar rupiah. Dana tersebut biasanya berasal dari beberapa investor sekaligus.

2. Putaran seri B

Pendanaan seri B diberikan kepada bisnis startup yang sudah mengalami peningkatan market share dan scaling, mampu bertahan di antara para kompetitor, serta memiliki tim yang berkualitas tinggi.

Jumlah pendanaan pada tahap ini berkisar antara 22 miliar hingga 80 miliar rupiah. Namun, belum ada perusahaan startup di Indonesia yang mampu menyerap angka tersebut. Ini disebabkan karena jumlah pengguna yang ada belum dapat menghasilkan keuntungan sesuai permintaan investor.

3. Putaran seri C dan seterusnya

Saat suatu perusahaan mencapai tahap pendanaan seri C, artinya perusahaan tersebut telah sepenuhnya matang. Model bisnis yang digunakan bekerja secara efektif, jumlah pengguna terus meningkat, dan perusahaan mampu melakukan akuisisi.

Angka pendanaan seri C dapat menyentuh puluhan hingga ratusan juta dolar. Investor pada tahap ini terdiri venture capitalist tingkat lanjut, perusahaan swasta, hingga bank.

4. Initial public offering (IPO)

IPO adalah tahapan ketika suatu perusahaan menawarkan sahamnya kepada masyarakat untuk pertama kali. Investor utama, bahkan satu-satunya pada tahap ini adalah masyarakat yang berminat membeli saham perusahaan tersebut.

Perusahaan yang mencapai tahap IPO telah memiliki kondisi finansial yang stabil. Tata kelola perusahaan juga telah berjalan dengan baik. Hasil akhirnya adalah perusahaan yang mampu tumbuh lebih besar dengan pasar yang terus berkembang.

Beragam tahap pendanaan startup tidak lain merupakan batu loncatan bagi suatu perusahaan untuk terus berkembang. Melalui tahap-tahap tersebut, perusahaan dapat memahami posisi serta potensi yang dimilikinya.

Baca juga: Mengenal ragam istilah pendanaan dalam dunia startup

Tentu dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga suatu perusahaan dapat mencapai tahap pendanaan lebih lanjut. Meski demikian, hal ini tidaklah mustahil selama orang-orang yang terlibat dalam perusahaan selalu fokus untuk berkembang.

tahap pendanaan startup EKRUT
 Last update 6 December 2020

Sumber:

  • cloudways.com
  • startupxplore.com
  • investopedia.com
 

Tags

Share