Published on

Careers

Perusahaan multinasional: Definisi, tipe kandidat yang dicari, dan 5 contohnya

Tsalis Annisa

perusahaan_multinasional_EKRUT.jpg

Perusahaan startup mungkin sedang populer saat ini, tetapi bekerja untuk perusahaan multinasional masih dianggap menawarkan keuntungan dan keberlangsungan kerja yang lebih tinggi.

Pengalaman, keragaman, dan kompetisi di perusahaan multinasional menciptakan lingkungan kerja yang menarik. Perusahaan multinasional di Indonesia punya nama dan nilai yang besar yang memungkinkan usahanya untuk tetap stabil di pasar dalam jangka waktu yang lama. 

Orang-orang lebih memilih bekerja di perusahaan multinasional untuk jangka waktu yang lebih lama karena mereka mendapatkan banyak keuntungan yang biasanya tidak diberikan oleh perusahaan kecil atau startup. 

Mengenal perusahaan multinasional


Pekerja dengan latar belakang yang beragam di perusahaan jenis ini - EKRUT

Perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang beroperasi di negara asalnya, serta di negara lain di seluruh dunia. Perusahaan besar ini memiliki kantor pusat yang berlokasi di satu negara, yang mengkoordinasikan pengelolaan semua kantor lainnya, seperti cabang administratif atau pabrik.

Perusahaan ini memiliki fasilitas dan aset lainnya di setidaknya satu negara selain negara asalnya. Perusahaan ini umumnya memiliki kantor dan atau pabrik di berbagai negara dan kantor pusat terpusat di mana mereka mengoordinasikan manajemen global. 

Perusahaan-perusahaan ini, juga dikenal sebagai organisasi korporat internasional, stateless, atau transnasional cenderung memiliki anggaran yang melebihi anggaran di banyak negara kecil.

Terdapat empat kategori perusahaan multinasional yang bisa membedakan jenisnya:

  • Perusahaan terdesentralisasi dengan kantor pusat yang kuat di negara asalnya.
  • Perusahaan global terpusat yang memperoleh keunggulan biaya di mana sumber daya murah tersedia.
  • Perusahaan global yang dibangun di atas R&D perusahaan induk.
  • Perusahaan transnasional yang menerapkan ketiga kategori tersebut.

Baca juga: 6 Contoh pertanyaan interview bahasa Inggris di perusahaan multinasional

Ciri-ciri perusahaan multinasional


Perusahaan multinasional di Indonesia memiliki banyak cabang kantor besar di negara-negara lain di dunia - EKRUT

Berikut adalah ciri-ciri umum perusahaan multinasional:

  • Aset dan omset yang sangat tinggi, untuk menjadi perusahaan dengan jaringan global, bisnisnya harus besar dan harus memiliki aset dalam jumlah besar, baik fisik maupun finansial. Target perusahaan tinggi, dan mampu menghasilkan keuntungan besar.
  • Jaringan cabang, perusahaan multinasional mempertahankan operasi produksi dan pemasaran di berbagai negara. Di setiap negara, bisnis dapat mengawasi beberapa kantor yang berfungsi melalui beberapa cabang dan anak perusahaan.
  • Kontrol terpusat, sehubungan dengan poin sebelumnya, pengelolaan kantor di negara lain dikendalikan oleh satu kantor pusat yang berada di negara asal. Oleh karena itu, sumber komando ditemukan di negara asalnya.
  • Pertumbuhan yang berkelanjutan, perusahaan terus berkembang bahkan ketika mereka beroperasi di negara lain, mereka berusaha untuk meningkatkan ukuran ekonominya dengan terus meningkatkan dan dengan melakukan merger dan akuisisi.
  • Teknologi yang canggih, ketika sebuah perusahaan mendunia, mereka perlu memastikan bahwa investasi mereka akan tumbuh secara substansial. Untuk mencapai pertumbuhan yang substansial, mereka perlu memanfaatkan teknologi padat modal, terutama dalam kegiatan produksi dan pemasarannya.
  • Membutuhkan keterampilan pekerja, perusahaan bertujuan untuk mempekerjakan hanya manajer terbaik, mereka yang mampu menangani dana dalam jumlah besar, menggunakan teknologi canggih, mengelola pekerja, dan menjalankan entitas bisnis yang besar.
  • Pemasaran dan periklanan yang kuat, salah satu strategi bertahan hidup yang paling efektif dari perusahaan ini adalah menghabiskan banyak uang untuk pemasaran dan periklanan. 
  • Standar kualitas produk, karena mereka menggunakan teknologi padat modal, mereka mampu menghasilkan produk-produk unggulan.

Contoh perusahaan multinasional di Indonesia


Layanan perusahaan multinasional di Indonesia Google menjadi layanan internet paling banyak digunakan - EKRUT

Kondisi ekonomi Indonesia yang kian tumbuh membuat banyak perusahaan multinasional di Indonesia yang menempatkan cabang-cabang usahanya. Beberapa contoh perusahaan multinasional di Indonesia adalah:

Google LLC 

Perusahaan teknologi multinasional Amerika dengan spesialisasi layanan dan produk Internet, yang mencakup teknologi periklanan online, mesin telusur, komputasi awan, perangkat lunak, dan perangkat keras. Google adalah salah satu dari lima perusahaan Teknologi Besar bersama Amazon, Facebook, Apple, dan Microsoft.

Unilever Indonesia

Perusahaan multinasional di Indonesia yang berdiri pada 5 Desember 1933 menjadi salah satu perseroan terdepan untuk kategori FCMG (Fast Moving Consumer Goods) di Indonesia. 

Perusahaan ini dikenal melalui rangkaian produk Unilever Indonesia mencakup brand-brand ternama dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall’s, Royco, Bango dan lainnya.

Baca juga: 5 Skills yang dibutuhkan untuk bekerja di sektor FMCG

General Electric Company (GE)

Perusahaan Amerika yang didirikan di New York City dan berkantor pusat di Boston. Pada 2018, usaha GE mencakup penerbangan, perawatan kesehatan, listrik, energi terbarukan, industri digital, manufaktur bahan kimia, serta modal ventura dan keuangan.

Allianz SE

Perusahaan multinasional jasa keuangan Jerman yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis intinya adalah asuransi dan manajemen aset. Pada 2014, perusahaan ini menjadi perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Yum! Brands, Inc. (Yum Brands) KFC

Merupakan jaringan restoran cepat saji Amerika yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky, yang dikenal dengan produk KFC. Ini adalah jaringan restoran terbesar kedua di dunia dengan 22.621 lokasi secara global di 150 negara. Yum! Brands membawahi Pizza Hut, Taco Bell, dan WingStreet.

Skills yang dibutuhkan perusahaan multinasional


Kemampuan adaptasi dengan teknologi terkini jadi skill yang banyak dibutuhkan perusahaan - EKRUT

Untuk bisa bersaing bekerja menjadi kandidat talent perusahaan multinasional di Indonesia ada beberapa soft skills khusus yang perlu kamu ketahui, yaitu: 

  • Komunikasi 
  • Kolaborasi dan Keterampilan Tim
  • Kepercayaan
  • Keyakinan
  • Manajemen waktu
  • Terbuka untuk Berubah (Adaptasi)
  • Kemampuan Pemecahan Masalah
  • Ketekunan

Selain soft skills yang penting, keterampilan teknik khusus juga kamu perlukan agar dilirik perusahaan multinasional di Indonesia.

Bahasa pemrograman, kamu perlu mengetahui dasar-dasar inti pemrograman untuk bisa beradaptasi dengan teknologi di perusahaan 
 
Struktur Data dan Algoritma, banyak perusahaan besar mencari orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Struktur Data dan Algoritma ini dapat menunjukkan bahwa mereka akan dapat menyelesaikan masalah yang kompleks dengan baik.  

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2021

AI atau skill Artificial Intelligence merupakan bidang yang bertujuan untuk mengembangkan sistem yang memiliki kemampuan manusia. AI, Machine Learning, NLP, dan lain-lain yang memiliki cakupan yang luas di seluruh area dan aplikasi. 

Kemampuan Analisis Data, bidang yang menggunakan banyak metode dan proses untuk memahami pola perusahaan dalam mengolah data.
 
Pengembangan Stack dan Aplikasi, banyak perusahaan multinasional yang kini mengembangkan aplikasi buatan sendiri untuk mengembangkan usahanya sehingga skill ini banyak dilirik perusahaan.

Nah, jika kamu memiliki beberapa skills di atas, kesempatanmu untuk jadi kandidat di perusahaan multinasional di Indonesia bisa semakin besar.

Bekerja di perusahaan multinasional  bisa jadi pengalaman belajar banyak untuk meningkatkan keterampilanmu bekerja dalam tim dan karir pribadi. Banyak perusahaan multinasional di Indonesia menyediakan fasilitas dan jaminan kerja yang bagus untuk mengembangkan karirmu.

Supaya CV profesional sesuai bidang kerjamu menarik perhatian perusahaan multinasional, simak video menarik ini!

Rekomendasi video: 

daftar EKRUT

Sumber: 

Tags

Share