Published on

Careers

Mudah, ini 9 cara mempraktikan mindfulness di tempat kerja

Tsalis Annisa

mindfulness-EKRUT.jpg

Mindfulness artinya mampu memusatkan perhatian dan menunjukkan kehadiran kamu pada suatu momen. Mempraktikkan mindfulness dalam bekerja amat penting agar kamu bisa lebih fokus, bekerja dengan lebih efektif, serta mendapatkan keseimbangan dalam hidup.

Tekanan kerja dan jam kerja yang panjang adalah faktor yang paling sering menyebabkan stres, tapi mindfulness disinyalir dapat memberikan efek positif bagi kondisi mental dan fisik. Memang tidak mudah untuk mempraktikkannya, tapi kamu bisa mencobanya dengan menerapkan 8 cara berikut ini.

1. Body Scan

mindfulness - EKRUT
Metode body scan dapat diterapkan sebelum dan sesudah tidur - EKRUT

Body scan merupakan praktik meditasi yang bertujuan untuk meningkatkan fokus pada momen yang kamu inginkan. Metode ini dapat dilakukan pada malam hari sebelum tidur atau pada saat kamu bangun tidur.

Body scan biasanya dilakukan dengan bantuan fasilitator, tapi kamu pun bisa mencobanya sendiri di rumah. Caranya, berbaringlah terlentang dengan kaki sedikit melebar dan telapak tangan menghadap ke atas.

Kemudian, bernapaslah dengan fokus, dan rasakan iramanya. Fasilitator kemudian akan menanyakan apa yang kamu rasakan, mulai dari ujung kaki hingga kepala. Begitu selesai, fasilitator akan membawa kamu untuk sadar kembali dan membuka mata.

2. Mengamati lingkungan sekitar

mindfulness - EKRUT
Mengamati lingkungan sekitar dapat meningkatkan fokus kamu - EKRUT

Metode ini dilakukan dengan cara memusatkan perhatian secara penuh pada sebuah objek. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan fokus terhadap pekerjaan ataupun hal lainnya.

Ambillah sebuah objek dari lingkungan sekitarmu. Kamu bisa menggunakan buku tulis, pensil, tanaman, dan sebagainya. Pasang waktu hitung mundur selama lima menit. Selama waktu yang ditentukan, fokuskan perhatianmu terhadap objek itu dan amati ciri-cirinya.

3. Makan secara perlahan

mindfulness - EKRUT
Kamu juga bisa mempraktifkan mindfulness saat makan siang - EKRUT

Mindfulness juga dapat dipraktikkan saat kamu menikmati makan siang. Makanlah secara perlahan sambil mengamati tekstur dan mencium bau makanan. Fokuslah saat mengunyah dan kenali tekstur yang kamu rasakan. Lakukan semuanya secara saksama dan jangan terburu-buru.

4. Mempertajam kelima indera

mindfulness - EKRUT
Pertajam indera kamu dengan memerhatikan hal-hal di sekitar - EKRUT

Salah satu cara mengembalikan ‘keberadaan’ kamu dalam bekerja adalah dengan mempertajam kelima indera. Metode ini amat sederhana dan tidak membutuhkan peralatan khusus.

Caranya, cukup dengan memerhatikan berbagai hal yang kamu lihat, dengar, cium, raba, dan rasakan. Lakukan ini saat jam kerja atau kapan pun yang kamu sukai.

Baca juga: Ketahui 8 cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

5. Melakukan pekerjaan satu demi satu

mindfulness - EKRUT
Mengerjakan tugas satu per satu membantumu menilai efektifitas bekerja - EKRUT

Melakukan pekerjaan multitasking justru dapat menurunkan produktivitas. Jadi, cobalah untuk fokus pada satu jenis pekerjaan dalam sekali waktu.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengatur waktu hitung mundur selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Cara ini juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa efektif kamu dalam bekerja.

6. Menuliskan hal-hal yang kamu syukuri

mindfulness - EKRUT
Menulis jurnal dapat membantumu mencapai mindfulness - EKRUT

Menulis jurnal di tengah kesibukan memang memakan waktu, tapi kamu dapat mempersingkatnya dengan hanya menuliskan hal-hal yang kamu syukuri.

Gunakanlah buku harian, buku tulis, kertas, atau aplikasi jurnal online. Tuliskan tiga hal yang kamu syukuri dan mengapa kamu menyukainya.

7. Melakukan teknik pernapasan

mindfulness - EKRUT
Luangkanlah waktumu beberapa saat untuk duduk tenang dan melakukan teknik pernapasan - EKRUT

Teknik pernapasan adalah salah satu cara paling jitu menghalau stres dari pekerjaan. Luangkan 10 menit waktumu untuk duduk dengan tenang dan melakukan teknik pernapasan. Tarik napasmu selama beberapa detik, lalu embuskan lewat hidung secara perlahan.

8. Beristirahat sejenak

mindfulness - EKRUT
Beristirahat dapat membantumu menerapkan mindfulness - EKRUT

Cobalah berikan waktu selama 10-15 menit bagi tubuhmu untuk beristirahat. Istirahat sejenak tidak hanya dapat membuat kamu lebih rileks, tapi juga memberikan kesempatan agar kamu dapat mempraktikkan mindfulness.

Kamu bisa menghabiskan waktu istirahatmu dengan berjalan kaki, pergi ke toilet, atau mengonsumsi camilan sehat.

Baca juga: Growth mindset vs fixed mindset, mana yang baik untuk kesuksesan kariermu?

9. Adopsilah pola pikir growth mindset 

mindfulness - EKRUT
Menerapkan growth mindset adalah cara lain melatih mindfulness - EKRUT

Bukalah diri pada kemungkinan baru di tempat kerja dan gunakan umpan balik apa pun sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar hal baru yang akan bermanfaat bagi kamu di kemudian hari. Ambil tanggung jawab baru untuk menantang diri sendiri dan ketahui bahwa pada akhirnya kamu dapat berkembang, beradaptasi dan mengembangkan keterampilan baru.

Ingatlah bahwa mindfulness adalah tentang mengadposi pola pikir growth mindset. Esensi dari mindfulness di tempat kerja adalah percaya bahwa kamu dapat tumbuh dan berkembang dengan pengalaman, menghadapi tantangan, menikmati waktu dan menemukan hal baru tentang dirimu dan orang lain.

Mempraktikkan mindfulness adalah hal yang sederhana, tapi perlu dibiasakan dengan menjadikannya kegiatan sehari-hari. Kuncinya adalah dengan memberikan waktu sejenak bagi tubuh untuk rehat dan kembali menyegarkan diri. Lakukanlah berbagai hal yang kamu sukai agar waktu istirahat yang singkat terasa bermakna.

mindfulness - EKRUT
Last update: 31 Mei 2020 

Sumber:

Tags

Share