Published on

Expert's Corner

Pentingnya mockup untuk desain produk beserta 4 contohnya

Natasya Primatyassari

mockup_adalah.jpg

Mockup sering digunakan oleh desainer untuk memastikan bagaimana desain akhir akan terlihat sebelum diproduksi secara massal atau diluncurkan kepada publik. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mockup memegang peranan penting dalam proses desain dan pengembangan produk. 

Apa itu mockup?

Apa itu mockup?
Mockup adalah gambaran ukuran penuh dari sebuah desain atau perangkat - Unsplash

Dikutip dari design.tutsplus.com, mockup adalah gambaran ukuran penuh dari desain atau perangkat, yang digunakan untuk keperluan presentasi produk atau tujuan yang lain. Mockup dibuat untuk mendemonstrasikan skema warna, tata letak konten, jenis huruf, ikon, visual navigasi, gambar, dan keseluruhan desain produk.

Kenapa mockup sangat penting?

Kenapa mockup sangat penting?
Mockup memegang peranan penting dalam proses desain dan pengembangan produk - Unsplash

Membuat mockup secara akurat itu penting karena hal tersebut akan membantu menunjukkan kepada klien mengenai produk akhir yang mereka dapatkan. Tidak sekedar menyempurnakan pekerjaan seorang desainer, mockup juga dapat menghemat sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dalam hal waktu, uang, dan tenaga. 

Dengan gambaran visual yang didapatkan dari mockup, desainer dapat leluasa mengeksplorasi dan mencoba kombinasi baru hingga mendapatkan desain yang ideal. Proses mendesain juga menjadi lebih efektif dan efisien yang akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas kerja.

Manfaat dan fungsi mockup

Manfaat dan fungsi mockup
Mockup harus riil mendekati aslinya karena berfungsi sebagai representasi visual - Pexels

Menurut designwebkit.com, mockup berfungsi sebagai representasi visual untuk mendeskripsikan tampilan akhir sebuah produk. Bagi desainer web, mockup dapat memberikan gambaran statis mengenai tampilan halaman situs web ketika semua bagiannya berfungsi. Bagi desainer grafis, mockup juga dapat dipakai untuk mempresentasikan tata letak akhir desain branding maupun desain kemasan untuk produk. 

Selain fungsi tersebut, mockup juga memiliki beberapa manfaat antara lain untuk mempermudah proses revisi, mendapat perspektif secara riil, dan meyakinkan klien atau para pemangku kepentingan yang terlibat.

Baca juga: Mengenal design thinking: 4 Elemen, tahapan, dan contoh implementasinya

Apa saja anatomi mockup?

Apa saja anatomi mockup?
Mockup yang dibuat harus identik sesuai dengan anatominya - Unsplash

Secara sederhana, anatomi mockup harus identik dengan susunan halaman yang diwakilinya. Oleh karena itu, selama proses membuat mockup, kamu perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut seperti dikutip dari uxpin.com.

1. Layout atau tata letak

Tata letak menunjukkan bagaimana format konten ditampilkan. Kamu juga harus mempertimbangkan ukuran setiap konten dan berapa banyak gambar atau teks yang ingin dimuat.

2. Warna

Warna memegang peranan yang penting karena dapat menciptakan nuansa dan efek yang berbeda. Warna juga dapat mempengaruhi pengalaman dan perilaku konsumen. Saat membuat mockup, kamu dapat menentukan palet atau skema warna yang sesuai dengan desain yang akan digunakan. 

3. Kontras

Elemen kontras masih erat kaitannya dengan warna. Kamu harus bijak memilih warna yang kontras agar teks dapat terbaca dan elemen terlihat menonjol. Kamu juga dapat menggunakan beberapa tools, seperti Color Contrast Analyser, untuk menguji keterbacaan teks.

4. Tipografi

Mockup memungkinkan desainer untuk mengeksplorasi tipografi yang terdiri dari ukuran, jenis huruf, gaya, spasi, dan paragraf. Penyesuaian tipografi ini bertujuan agar mempermudah konsumen membaca teks dan mendapatkan pesan yang terkandung di dalamnya secara jelas. 

Baca juga: Mengenal pentingnya tipografi dan aturannya dalam desain grafis

5. Spacing atau jarak

Jarak atau ruang kosong menjadi salah satu elemen yang memperkuat sebuah desain. Mengatur jarak secara tepat akan meningkatkan pemahaman dan keterbacaan pengguna. Jarak juga berperan sebagai alat yang ampuh dalam hierarki visual. Semakin banyak ruang kosong yang diletakkan di sekitar elemen akan semakin banyak menarik perhatian pengguna. 

6. Navigasi

Salah satu fitur dasar yang menentukan pengalaman pengguna pada aplikasi atau situs web adalah visual navigasi seperti tombol panah, garis atas bawah, maupun penunjuk kanan kiri. Setelah menyelesaikan semua elemen di atas, langkah terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah penyesuaian navigasi agar desain dapat menampilkan bagian-bagian tersebut dengan baik dan memudahkan aksesibilitas pengguna.

Contoh desain mockup

Contoh desain mockup
Saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan desainer membuat mockup - Unsplash

Mockup dapat diproduksi melalui pengodean, perangkat lunak desain grafis, maupun aplikasi daring yang mudah digunakan seperti Placeit. Jika kamu menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa memilih berbagai templat gambar yang disediakan, unggah desain yang kamu punya, sesuaikan desain dengan format ukuran, kemudian kamu tinggal mengunduh kembali mockup yang sudah disesuaikan. Berikut beberapa contoh mockup yang dapat dijadikan sebagai referensi.

1. Mockup stationery

Mockup stationery
Mockup stationery erat kaitannya dengan branding perusahaan - Freepik

Mockup stationery seperti ini sangat membantu bagi desainer maupun perusahaan yang sedang menentukan brand identity. Sebelum dicetak secara massal, kamu dapat membuat mockup terlebih dahulu untuk memastikan kesesuaian desain dengan elemen-elemen yang lainnya.

2. Mockup fashion

Mockup fashion
Templat kaos adalah mockup fashion yang populer digunakan - Freepik

Templat kaos yang senada antara orang tua dan anak seperti ini merupakan pilihan yang tepat ketika kamu ingin menunjukkan visualisasi desain pada pakaian dengan ukuran berbeda. Kamu juga bisa memilih alternatif mockup lain, misalnya, lengkap dengan model yang mengenakan kaos tersebut agar konsumen mendapat gambaran yang lebih spesifik.

3. Mockup billboard

Mockup billboard
Dengan membuat mockup, kamu bisa memperkirakan gambaran riil sebuah billboard - Freepik

Mendesain billboard yang akan diletakkan di tempat umum seperti jalan raya, gedung bertingkat, maupun stasiun kereta api, harus menggunakan visual yang menarik. Karena ukurannya yang cukup besar, mockup billboard seperti ini dapat membantumu mendapatkan gambaran secara riil mengenai skala desain yang harus digunakan.

4. Mockup phone case

Mockup phone case
Pelindung telepon genggam juga menjadi salah satu mockup yang sering digunakan - Freepik

Mockup telepon genggam yang diambil secara flatlay seperti ini hanyalah salah satu dari berbagai template yang disediakan oleh Placeit. Kamu dapat menampilkan sisi belakang pelindung telepon genggam dengan desain karyamu sendiri.

Baca juga: Desain produk: Pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan 3 jenisnya

Nah, itu tadi penjelasan mengenai mockup yang mempunyai peranan penting dalam proses desain. Mengembangkan sebuah produk atau desain memang hal yang harus terus dilakukan untuk menjalankan bisnis. Namun, proses tersebut terkadang dilakukan secara tergesa-gesa dan mengakibatkan produk tidak dapat diterima oleh pasar. Jika ingin tahu lebih lanjut kiat-kiat untuk menghindari kegagalan produk, simak video selengkapnya di bawah ini, ya. Selamat menonton!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • design.tutsplus.com
  • inspirationfeed.com
  • 99designs.com 
  • designwebkit.com
  • keenethics.com 
  • uxpin.com

Tags

Share