Published on

Technology

Kenapa sih harus ubah pengaturan DNS?

Maria Yuniar

adventure-2345835__340.jpg

Domain name server (DNS) merupakan sebuah protokol standar dalam transaksi data Internet. Fungsinya, untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP numerikal. Jika kamu menggunakan Internet, maka pasti kamu memakai DNS. Sebaiknya, kamu pun mengubah pengaturan DNS. Memang, apa sebesar apa sih peran DNS, sampai kita harus mengubah pengaturannya? 

 

Peran DNS dalam konektivitas

Pada prinsipnya, setiap perangkat yang terhubung ke Internet harus berkomunikasi dengan menggunakan alamat Internet Protocol (IP). Nama domain dibuat dengan konsep agar kita bisa mengakses sebuah server atau perangkat yang terhubung ke Internet, tanpa harus mencari tahu alamat IP-nya.

Sebab, nama domain pasti lebih mudah diingat, karena menggunakan susunan huruf yang bisa dibaca, bukan angka. Nah, sebuah server DNS yang baik, harus mampu menangani permintaan web semua pengguna, tanpa mempengaruhi kinerja download dan upload pengguna. Selain itu, DNS juga mesti memberikan keamanan bagi penggunanya terhadap pencurian informasi.

Jadi idealnya, kamu harus mencari server DNS yang menawarkan kecepatan dan keamanan. Setelah mendapatkannya, kamu bisa dengan mudah menambahkannya ke pengaturan router DNS, setiap kali ingin mengakses Internet di perangkatmu.


 
Ubah DNS demi privasi

Sebagian besar pengguna Internet memutuskan mengubah pengaturan server DNS antara lain karena alasan privasi, kecepatan, keamanan, dan keandalan. Dalam hal privasi, mengubah pengaturan server DNS tidak benar-benar menghentikan ISP ketika melihat situs yang kita kunjungi, meskipun mungkin ada pembatasan. Untuk benar-benar menyembunyikan penjelajahan, kita memerlukan virtual private network (VPN) atau sistem DNS terenkripsi. 

Banyak penyedia DNS secara otomatis memblokir situs phishing dan malware. Perusahaan penyedia layanan jaringan Internet Cloudflare pun berjanji untuk menghapus semua log-nya setiap 24 jam untuk melindungi privasi konsumen. Meski demikian, tetap ada risiko pelacakan aktivitas pengguna oleh penyedia DNS alternatif. 

 

Atur DNS demi kecepatan akses Internet

Kecepatan dan keandalan juga dapat ditingkatkan dengan mengalihkan server DNS. Namun, hal ini sangat tergantung pada seberapa baik ISP kamu mencari server DNS dan seberapa dekat mereka dengan lokasimu saat ini. Kamu dapat dengan mudah melakukan peralihan dan melihat adanya perbedaan dan peningkatan kecepatan setelah mengubah DNS. Coba luangkan waktumu untuk membuat daftar hitam maupun rekomendasi situs untuk seluruh jaringan wifi dan membatasi iklan online, dengan beralih ke penyedia DNS lain.

Ketika tersambung ke jaringan wifi publik, kamu akan akan merasakan manfaat dari pengalihan DNS. Sebab, belum tentu wifi publik dapat memberikanmu akses Internet yang cepat dan aman. 

Sumber:
gizmodo.com
insightmac.com
fazar.net
makeuseof.com
lifewire.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read

    Video