Published on

Careers

6 Cara networking yang efektif untuk perkembangan karier

Elisha Nathania

6_Cara_networking_yang_efektif_untuk_perkembangan_karier.jpg

Kamu mungkin sudah sering mendengar berbagai tips karier yang sukses yang salah satunya adalah membangun networking seluas-luasnya. Namun, tidak sedikit dari kamu yang mungkin merasa kesulitan untuk membangun networking itu sendiri. Ada berbagai alasan seperti malu untuk memulai percakapan, tidak tahu mau membicarakan apa dan sebagainya.

Padahal, networking yang efektif memang akan sangat membantu karier kamu. Seperti mendapatkan tawaran pekerjaan baru, proyek sampingan dan juga menambah skills yang terkait dengan pekerjaan. Berikut beberapa tips agar kamu bisa membangun networking yang efektif.

Pentingnya networking untuk perkembangan karier

Pentingnya networking untuk perkembangan karier
Networking bisa mengevaluasi kualifikasi kamu. (Sumber: Shutterstock)

Networking bukan hanya sekadar bertukar informasi seputarlowongan pekerjaan. Lebih dari itu, networking dengan orang yang tepat dapat menjadi sebuah wadah untuk mengembangkan karier. Jika kamu masih enggan menjalin networking, beberapa manfaat networking ini bisa membangkitkan semangat kamu.

1. Mengevaluasi kualifikasi kamu

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa kemampuan yang kamu miliki sudah cukup baik dan layak mendapatkan jabatan serta gaji yang kamu impikan. Tapi, pernahkah kamu mengevaluasi ulang kemampuan kamu dengan mereka yang memiliki posisi setara? Nah, melalui networking, kamu bisa terhubung dengan orang-orang yang bekerja di bidangmu dan memiliki jabatan yang serupa. Lalu, kamu bisa mengetahui dan mengevaluasi skill apa yang mereka miliki sedangkan kamu belum.

2. Mengembangkan kreativitas

Sadarkah kamu, bahwa ide-ide baru seringkali bisa kamu dapatkan dari faktor eksternal seperti lingkungan pergaulan? Nah, dengan membangun networking, kamu bisa mendapatkan insight baru yang relevan dan bisa kamu implementasikan di pekerjaanmu.

Baca juga: Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif 

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Networking bisa kamu kembangkan di berbagai kesempatan seperti ketika menghadiri seminar atau konferensi. Ketika kamu terbiasa berbicara dengan orang-orang yang memiliki kemampuan sekaligus mendapatkan berbagai pengalaman dan sertifikasi dari networking, maka kepercayaan dirimu akan semakin meningkat. Kepercayaan diri yang tinggi ini juga tentunya akan bermanfaat ketika melakukan interview kerja.

4. Meningkatkan status

Dari satu kenalan, jika kamu terus aktif, maka kamu akan mulai kenal pada banyak orang. Bukan tidak mungkin, kamu juga akan berkenalan dengan tokoh-tokoh penting di bidangmu dan kamu berkesempatan untuk bekerjasama dengan mereka. 

Skills yang dibutuhkan untuk networking

Skills yang dibutuhkan untuk networking
Pastikan kamu memiliki skills networking berikut ini. (Sumber: Shutterstock)

Untuk membangun networking yang efektif, kamu perlu memiliki beberapa kemampuan berikut ini.

  • Komunikasi
    Untuk bertukar informasi dan berbincang dengan orang lain, kamu membutuhkan kemampuan komunikasi. Komunikasi dalam networking meliputi berbicara, bersimpati dan memahami apa yang dibicarakan orang tersebut. Dengan kemampuan komunikasi, kamu juga bisa memberikan balasan yang tepat saat berbicara.
  • Public speaking
    Dengan kemampuan public speaking, kamu bisa semakin percaya diri untuk berbicara. Pasalnya, dalam networking, kamu bisa saja berbicara dalam sebuah kelompok bukan hanya empat mata.
  • Komunikasi non-verbal
    Penting untuk kamu memahami komunikasi non-verbal yaitu bahasa tubuh. Salah satu contoh yang umum dalam bahasa tubuh adalah melipat tangan saat berbicara yang berarti defensif atau tidak tertarik pada sebuah topik. Jangan sampai, kamu melakukan hal ini saat sedang melakukan networking, ya!
  • Empati
    Kemampuan inijuga dibutuhkan saat networking. Kamu akan menjadi rekan yang disukai jika bisa lebih mengerti dan berempati terhadap emosi lawan bicaramu.
  • Humor
    Kemampuan terakhir ini tidak boleh terlewatkan. Sedikit humor di waktu yang tepat akan mencairkan suasana dan membuat kamu lebih disukai. Dibandingkan, jika kamu terus menerus berbicara serius saat sesi networking tiba.

6 Cara networking yang efektif

6 Cara networking yang efektif
Teruslah mencoba sampai kamu memiliki networking yang kuat. (Sumber: Shutterstock)

Ternyata, membangun networking sangat menguntungkan untuk kariermu, kan? Supaya networking berjalan lebih mulus dan efektif, kamu juga bisa menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Melatih kemampuan komunikasi

Seperti yang sudah kamu pahami di atas, kemampuan komunikasi merupakan komponen utama yang dibutuhkan dalam networking. Kamu bisa melatihnya mulai dari mempertahankan kontak mata saat berbicara, menggunakan bahasa yang simpel dan menyampaikan opini yang sesuai. Jika tidak bisa belajar sendirian, berlatihlah komunikasi dengan teman dekatmu, ya!

2. Temukan passion kamu

Membangun networking akan lebih menyenangkan jika sesuai dengan passion kamu. Jika kamu hobi menulis, ikutilah acara-acara terkait. Atau, kamu tertarik dengan industri startup, ada banyak sekali komunitas startup saat ini yang bisa kamu ikuti. Usahakan ikut pertemuan secara rutin dan aktif di komunitasnya, ya!

3. Menghadiri berbagai acara

Kamu tidak akan pernah merasakan keuntungan membangun networking jika tidak mencobanya. Jika merasa tidak cocok dengan satu event atau komunitas, jangan menyerah. Coba hadiri event menarik lainnya dan kamu pelan-pelan akan menemukan networking yang nyaman.

4. Melakukan follow-up setelah pertemuan

Setelah bertukar kontak, akun media sosial atau kartu nama, jangan langsung menghilang. Ketika acara selesai, hubungi mereka yang kamu temui dan kira-kira cocok dengan kamu. Jangan sampai networking yang ingin kamu jalin selesai seiring selesainya acara.

5. Menawarkan bantuan

Ketika kamu mengobrol saat sesi networking, kamu mungkin sedikit banyak sudah memahami apa yang sedang dikerjakan oleh lawan bicaramu. Nah, jangan ragu untuk menawarkan bantuan atau memberikan ide atau saran sesuai pengalamanmu. Mereka pasti merasa senang sudah menjalin hubungan dengan kamu.

6. Menjaga citra diri

Saat ini, media sosial menjadi salah satu sumber utama ketika kita ingin mengenal orang lain lebih jauh. Jadi, pastikan kamu membangun citra yang baik di media sosialmu, ya. Jangan sampai mereka melihatmu menyebarkan hoax, ujaran kebencian dan sebagainya.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan baru, selain melalui networking, kamu juga bisa mendaftar di EKRUT secara gratis.  

sign up EKRUT
Jadi, sudah siapkah kamu menjalin networking sebanyak-banyaknya? Jangan lupa terapkan tips di atas, ya. Semoga berhasil!

Sumber:

  • inc.com
  • Forbes 
  • Indeed

Tags

Share