Published on

Careers

10 Tips berpikir kreatif untuk menunjang perkembangan karier

Nur Lella Junaedi

berpikir-kreatif-adalah-EKRUT.jpg

Kemampuan berpikir kreatif saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh seniman saja. Lebih dari itu, kemampuan ini juga diharapkan ada pada berbagai macam profesi. Sebuah riset, menunjukkan bahwa ada sekitar 10 profesi yang memerlukan keterampilan kreatif. 

Apa saja profesi tersebut dan bagaimana cara mengembangkan cara berpikir kreatif ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut lewat ulasan berikut!

Baca juga: Mengaplikasikan mind mapping dalam kehidupan sehari-hari

Apa itu berpikir kreatif?

Apa itu berpikir kreatif?
Berpikir kreatif merupakan keterampilan yang banyak dibutuhkan oleh berbagai profesi - EKRUT

Berpikir kreatif adalah keterampilan untuk melihat masalah dari berbagai perspektif baru dengan sudut pandang yang berbeda. Dalam bahasa asing cara berpikir seperti ini disebut juga sebagai creative thinking. Dengan cara berpikir kreatif, kamu akan menemukan cara baru dalam melakukan pekerjaan sehari-hari termasuk dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah. 

Caramu dalam melihat masalah akan mengarahkan kamu pada perspektif yang lebih segar dan bukan dari pendekatan yang ortodoks. Biasanya dengan cara seperti ini, karyawan akan menjadi lebih produktif dari sebelumnya. Seperti diungkapkan di awal, bahwa kini skill kreativitas ini tidak hanya harus dimiliki oleh seniman saja melainkan juga beberapa profesi lain. 

Riset terbaru pada tahun 2019 yang dilakukan oleh The Creative Group mengungkapkan bahwa ada sekitar 10 profesi teratas yang mengharuskan memiliki skill berpikir kreatif yaitu: 

  • User experience 
  • User reasearch 
  • Visual design 
  • Digital marketing 
  • Web dan mobile development
  • Creative development 
  • Social media atau marketing strategic 
  • Art director 
  • User interface dan interaction design

Beberapa contoh lainnya penerapan berpikir kreatif dalam pekerjaan sehari-hari seperti ketika membuat kemasan produk, membuat logo, atau menyalin materi iklan jadi lebih menarik. Pekerjaan di bidang scientist juga memerlukan creative thinking ketika merancang sebuah robot dengan membuat jalur perakitan yang lebih efisien atau dengan menulis program komputer baru yang lebih inovatif. 

Baca juga: Kreatif dan inovatif, seperti ini perbedaanya

Pentingnya kemampuan berpikir kreatif dalam dunia kerja

Pentingnya kemampuan berpikir kreatif dalam dunia kerja
Bahkan di bidang sains, matematika, engineering dan teknologi pun selalu dibutuhkan kreativitas untuk mendobrak persepsi lama dan mendapat hal-hal baru yang lebih bermanfaat. (Sumber: Shutterstock)

Dari kesepuluh profesi yang disebutkan di atas, kreativitas berperan penting karena proses kreatif dibutuhkan agar ide yang baru dan segar terus bermunculan. Apabila kamu bekerja sebagai seorang digital marketer dan kamu stuck untuk memulai campaign yang itu-itu saja. Tentu menambah platform media sosial yang digunakan atau memperbaharui strategi marketing yang lebih sesuai dengan tren pasar akan menjadi proses kreatif yang menyenangkan. 

Bahkan di bidang sains, matematika, engineering dan teknologi pun selalu dibutuhkan kreativitas untuk mendobrak persepsi lama dan mendapat hal-hal baru yang lebih bermanfaat. Kalau para ilmuwan NASA tidak kreatif untuk membuktikan bahwa black hole itu benar-benar ada pada tahun 2019, tentu sampai sekarang hal itu akan tetap menjadi misteri dan perdebatan. Contoh lain adalah bagaimana suatu pabrik mobil bisa memiliki assembly line yang lebih efektif sehingga biaya produksi bisa ditekan dan profit semakin naik. Kreativitas dibutuhkan di semua bidang pekerjaan. 

Baca juga: Kreatif dan inovatif, seperti ini perbedaanya!

5 Jenis berpikir kreatif

berpikir kreatif adalah EKRUT 
Menulis kreatif jadi salah satu bentuk berpikir kreatif - EKRUT

Berpikir kreatif dapat diekspresikan dalam berbagai cara dan bentuk. Beberapa jenis cara berpikir kreatif adalah

1. Penulisan kreatif 

Penulisan kreatif akan sangat dibutuhkan dalam beberapa profesi seperti Jurnalis, Copywriter atau Content Writer.  Pasalnya praktik menulis kreatif ini akan membuat tulisan jadi lebih mudah dipahami, menarik dan mampu mempengaruhi pembaca. Saat kamu bisa mempengaruhi pembaca itu artinya kamu sudah melakukan penulisan kreatif karena mampu mempersuasi pembaca secara tidak langsung. Meski begitu, praktik ini juga diperlukan dalam proses membuat laporan hingga presentasi.

2. Analisis

Solusi yang tercipta dari pemikiran kreatif akan berasal dari proses analisis yang cermat dan tepat. Kreativitas dalam pemikiran analitis akan membantu kamu untuk mengekstrak dan mengumpulkan data-data yang diperlukan. 

3. Problem solving 

Bentuk lainnya dari berpikir kreatif adalah terlihat ketika kamu sedang menyelesaikan masalah. Banyak dari pengusaha menginginkan karyawan berpikir kreatif agar dapat menyelesaikan masalah pekerjaan dengan cara yang lebih inovatif. Oleh karena itu, sebaiknya bila ada masalah pertimbangkan untuk mencari beberapa solusi sebelum meminta pendapat kepada atasanmu. 

4. Komunikasi 

Berpikir kreatif juga ditunjang dengan komunikasi yang efektif saat menyampaikan solusi kepada orang lain. Sebelum menyampaikan solusimu tersebut biasanya orang kreatif akan memahami masalah dengan sepenuhnya lewat skill active listening yang mereka miliki. Dengan begitu akan muncul solusi unik yang tepat. 

5. Pikiran terbuka

Berpikir kreatif artinya kamu mengesampingkan bias yang ada dibenakmu dan melihat segala sesuatu dengan cara yang lebih baru. Kamu belajar segala sesuatu dengan pikiran yang lebih terbuka sehingga akan merangsang kreativitas. 

Baca juga: 9 Cara meningkatkan kemampuan problem solving

Benefit memiliki kemampuan berpikir kreatif

Benefit dari memiliki kemampuan berpikir kreatif
Perusahaan akan selalu mencari pekerja yang kreatif karena dengan strategi-strategi yang kreatif juga perusahaan bisa lebih berkembang.(Sumber: Shutterstock)

Perusahaan akan selalu mencari pekerja yang kreatif karena dengan strategi-strategi yang kreatif juga perusahaan bisa lebih berkembang. Maka dari itu saat kamu merancang CV atau cover letter dalam mencari pekerjaan baru, pastikan kamu mencantumkan dan memberi contoh seberapa kreatifnya kamu dalam pekerjaan sebelumnya. Berfikirlah secara kreatif bagaimana kamu mempunyai kreatifitas yang didapat sejak  lahir dan terus mengasahnya sampai kamu bekerja secara profesional. 

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

10 Tips mengembangkan keterampilan berpikir kreatif 

10 Tips mengembangkan keterampilan berpikir kreatif
Ide kreatif yang berbeda dari kebiasaan yang lama dapat terwujud bila kamu juga mencoba yang belum kamu coba sebelumnya.(Sumber: Shutterstock)

Pola pikir creative thinking ini memang tidak muncul begitu saja. Ada berbagai upaya yang bisa kamu lakukan agar kreativitas kamu lebih terasah, terutama dalam menyelesaikan masalah pekerjaan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Berkomitmen

Hal yang pertama kali harus kamu teguhkan adalah diri kau sendiri. Berpikir kreatif akan berat kalau kamu belum bisa berkomitmen untuk melaksanakannya. Pastikan bahwa kamu butuh berpikir kreatif dan mau berusaha untuk berpikir kreatif.

2. Menambah sumber Inspirasi

Inspirasi merupakan ide dari kreativitas sendiri. Umumnya inspirasi tidak datang begitu saja, namun kerap muncul ketika kamu melakukan rutinitas yang baik setiap harinya. Contoh ritual yang baik yang bisa kamu tambah untuk mendapatkan inspirasi bisa didapatkan dari aktivitas membaca buku, majalah, berita, mendengarkan musik hingga bermeditasi selama beberapa menit. 

3. Mencoba hal baru

Ide kreatif yang berbeda dari kebiasaan yang lama dapat terwujud bila kamu juga mencoba yang belum kamu coba sebelumnya. Kamu bisa mencoba jenis makanan-makanan baru, menonton genre film yang tidak biasa kamu tonton, travelling ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi bahkan bisa mengobrol dengan orang yang belum kamu kenal di dunia maya. 

4. Bergaul dengan orang kreatif 

Selain dari buku, berita dan sebagainya kamu pun bisa mendapatkan banyak inspirasi dengan bergaul bersama orang-orang kreatif. Sebab, kamu bisa melihat perspektif baru dan cara mereka dalam menemukan sebuah solusi dari permasalahan. 

5. Produktif berkreasi

Cara pertama untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan mencoba berkreasi setiap harinya dengan membuat sesuatu setiap hari. Contohnya seperti menulis, menggambar mind mapping, mengembangkan konsep bisnis hingga mengumpulkan ratusan ide lainnya. Dengan membuat berbagai macam kreasi setiap harinya, hal ini akan merangsang otak bekerja lebih maksimal dalam menemukan ide-ide yang kreatif.

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

6. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu hal yang sulit diraih bagi banyak orang Indonesia, entah karena budaya mengapresiasi yang kurang atau sistem pendidikan yang belum terfokus pada hal ini, Namun dengan lima hal yang telah dijalani di atas kamu juga harus percaya bahwa kamu bisa kreatif dan bisa berkreasi dengan baik. Idemu tidak akan serta-merta langsung cemerlang namun kamu harus selalu percaya bahwa kamu berproses menjadi lebih kreatif setiap harinya.  

7. Mengapresiasi kemampuan

Seseorang cenderung berpikir bahwa bakat yang membuat mereka beruntung atau bisa berpikir secara kreatif. Padahal bakat bisa diasah dan kamu tidak perlu memikirkan itu. Sebaiknya lakukan apa yang ingin kamu lakukan. Jangan terpengaruh dengan bakat yang menurut persepsi orang lain sudah ada dalam diri seseorang. 

8. Mencatat jurnal kreativitas

Seseorang yang terbiasa mengasah kreativitasnya, mereka dengan sendirinya akan menemukan banyak ide. Ide itu tentu akan hilang atau dilupakan begitu saja bila kamu tidak pandai menyimpannya. Maka dari itu, catatlah dan buat daftar dari ide-ide yang kamu miliki lalu prioritaskan ide mana yang terbaik dan bisa dikerjakan dalam waktu dekat. 

9. Eksplorasi kreativitas sebelumnya

Dengan mencatat dan memiliki record akan kreativitas kamu, melihat kembali dan memikirkan langkah kreatif lain yang bisa dilakukan atau mungkin kamu lewatkan adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif

10. Terus mencoba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses kreatif tidak akan terjadi dalam semalam namun kamu harus terus berusaha dan berkreasi. Ada satu teknik yang bernama snowball effect. Teknik ini berguna bahawa dengan satu ide kreatif yang kamu fikirkan, maka akan ada id-ide berikutnya, ide-ide berikutnya tersebut akan terus bergulir menjadi ide yang lebih baik dan lebih cemerlang lagi, yang kamu harus lakukan hanya jangan berhenti mencooba. 

Baca juga: Meningkatkan produktivitas kerja pada 2020 dengan deretan tools ini

Itulah beberapa upaya dalam mengembangkan cara berpikir kreatif yang bisa kamu lakukan. Tak hanya dalam pekerjaan, dalam kehidupan sehari-hari pun skill ini sangat penting untuk kamu miliki demi menunjang kualitas hidup yang lebih baik dan efisien.

berpikir kreatif adalah EKRUT
Last update: 5 September 2021

Sumber: 

  • thebalancecareers
  • verywellmind
  • inc
  • topuniversities

Tags

Share