Published on

Technology

Near Field Communication (NFC): Pengertian, Fungsi, dan Keamanannya

Algonz D.B. Raharja

H1_NFC.jpg

Apakah kamu pernah menggunakan fitur NFC pada ponselmu? Atau jangan-jangan kamu tidak tahu apa itu fitur NFC? Wah sayang sekali, padahal kamu perlu tahu bahwa sedikit banyak fitur NFC pada ponsel pintar itu amat berguna, lho! Mau tahu lebih lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu NFC?


NFC merupakan metode transfer data nirkabel jarak dekat (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Techradar, NFC atau Near Field Communication adalah metode transfer data nirkabel yang memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa memerlukan koneksi internet. NFC dapat mendeteksi data dengan mudah dan cepat serta bekerja secara otomatis.

Situs GSMArena menjelaskan bahwa NFC adalah teknologi komunikasi nirkabel berbasis frekuensi tinggi jarak pendek yang memungkinkan pertukaran data antar perangkat dalam jarak sekitar 10 sentimeter. NFC juga merupakan peningkatan dari standar kartu berbasis radio frequency identification (RFID).

Secara fisik, NFC merupakan penggabungan antarmuka kartu pintar (smartcard) dan reader ke dalam satu perangkat. Kelebihan ini memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi konten dengan cepat lewat perangkat digital hingga membayar tagihan secara nirkabel menggunakan ponsel. Pengguna ponsel dan smartcard bisa menggunakan ponsel mereka untuk isi ulang atau transaksi kartu debit atau e-money berbasis nirsentuh.

Jika dibandingkan sistem teknologi bluetooth, NFC berada di tingkat lanjut karena pengaturannya lebih singkat dan tidak memerlukan konfigurasi manual untuk identifikasi perangkat.

Baca juga: Ini Alasan Peritel Kembangkan Mobile Payment

Apa saja kegunaan NFC?


NFC dapat digunakan untuk transfer data dan juga transaksi akses transportasi umum (Sumber: Pexels)

Nah, seperti yang telah disinggung di atas, NFC secara umum berguna untuk memaksimalkan pertukaran data dari kartu dan ponsel dengan cepat. Berikut ini adalah kegunaan umum NFC yang dirangkum dari situs AndroidAuthority.

1. Transfer data

Transfer data dari ponsel dengan perangkat berfitur NFC dimulai pada tahun 2011 ketika Android mengeluarkan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich dengan dukungan Google yang memperkenalkan Android Beam. Fitur ini memungkinkan pengguna ponsel untuk melakukan transfer data atau konten dari perangkat ke perangkat lain berfitur NFC.

Penggunaan NFC selanjutnya dapat dilakukan hanya dengan menempelkan atau menyentuh bagian belakang dari perangkat ponsel dan perangkat berfitur NFC lainnya untuk menerima perintah transfer.

2. Pembayaran seluler


NFC dapat digunakan untuk pembayaran berbasis telepon seluler (Sumber: Pexels)

NFC juga dapat digunakan untuk proses pembayaran berbasis seluler seperti Samsung Pay, Apple Pay, Google Pay, dan sebagainya. Secara umum proses ini menggunakan chip NFC sebagai basis pembayaran nirsentuh.

Sebagai dukungan terhadap teknologi NFC dalam ponsel, saat ini kartu debit dan juga kartu e-money sudah memiliki tag NFC bawaan yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi. Pengguna hanya perlu mendekatkan ponsel atau perangkat dengan kartu untuk dapat membaca kartu dan melakukan autentikasi.

Baca juga: Pilihan Cara Pembayaran di Zaman Digital, Sudah Coba Semua?

3. Akses transportasi

Salah satu kegunaan utama dari NFC yang diterapkan untuk kepentingan umum adalah memudahkan akses pengguna terhadap transportasi umum. Kita mengenalnya dalam penerapan teknologi kartu berbasis NFC dengan sensor kontrol otomatis saat masuk dalam peron angkutan umum seperti busway, Kereta Rel Listrik (KRL), Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail/Rapid Transit (LRT).

Beberapa perangkat ponsel dengan NFC bahkan kini tak perlu lagi membawa kartu e-money untuk bertransaksi dalam transportasi. Pengguna hanya perlu melakukan pembayaran yang kompatibel seperti Google Pay dan sejenisnya. Dengan cara itu, penumpang transportasi umum tidak perlu lagi kesulitan mencari uang kecil atau mencari kembalian saat membayar tiket transportasi umum.

4. Gaming

Selain digunakan dalam kehidupan sehari-hari, NFC juga diterapkan dalam teknologi gaming. Bagi kamu yang menyukai permainan video game, kamu perlu tahu bahwa NFC kini telah diterapkan untuk menghubungkan mainan fisik dengan video game seperti action figure dengan beberapa perangkat gaming seperti Nintendo Switch atau 3DS.

5. Otomatisasi hunian


NFC juga dapat diterapkan dalam smart living ata hunian cerdas berbasis teknologi (Sumber: Pexels)

Beberapa orang tentunya akrab dengan penggunaan kartu untuk mengakses kamar hotel atau apartemen dengan mudah. Nah, teknologi kartu smart access ini umumnya berbasis RFID atau NFC. Dengan pengembangan tertentu, kartu dengan NFC kini telah dapat diterapkan dalam smart home atau hunian cerdas berbasis teknologi.

Beberapa teknologi hunian seperti HomeKit Apple atau Home Assistant telah menggunakan NFC sebagai basis konfigurasi. Beberapa hotel berbasis pods atau kabin juga belakangan telah menggunakan akses serupa untuk mengatur suhu kamar, lampu, hingga menyalakan musik sesuai keinginan penghuni.

Baca juga: Blockchain Masuki Industri Aplikasi Informasi

Bagaimana cara kerja NFC?


NFC bekerja dengan mendekatkan chip pada dua perangkat berfitur NFC untuk mengaktifkan fitur tersebut (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui apa saja kegunaan NFC, kini kita perlu mengetahui bagaimana cara kerja teknologi NFC ini. Secara umum, NFC memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada bluetooth karena jangkauannya lebih pendek. NFC lebih cocok untuk area ramai dalam menghubungkan sinyal dengan transmisi perangkat fisik.

Secara teknis, NFC diterapkan dengan basis teknologi identifikasi frekuensi radio menggunakan chip NFC sebagai tautan nirkabel. Pengaktifan chip ini lantas dilakukan oleh chip NFC lainnya dari kedua perangkat berbeda. Setelah itu, sejumlah kecil data di antara kedua perangkat dapat ditransfer saat ditempelkan atau didekatkan satu sama lain.

Berbeda dengan Bluetooth, NFC tidak memerlukan kode pemasangan dan juga lebih menghemat daya karena penggunaan chip berjalan dalam daya rendah.

Baca juga: Tren Penggunaan e-Wallet di Indonesia, Mana yang Unggul?

Apakah NFC aman?


Secara umum NFC lebih aman daripada teknologi bluetooth karena memerlukan akses lebih dekat (Sumber: Pexels)

Dikarenakan penggunaan NFC harus didekatkan antar perangkat, maka potensi pencurian data di ruang terbuka hampir sulit dilakukan kecuali ada potensi beberapa sentimeter saat proses skimming dilakukan. Hal ini membuat pengguna NFC lebih aman daripada bertukar data dengan basis bluetooth.

Seperti pada penggunaan Android Pay misalnya, nomor kartu debit atau kredit pengguna tidak pernah dikirimkan, tapi sebaliknya proses transaksi dilakukan dengan nomor rekening virtual untuk mewakili akun. Pengguna ponsel juga bisa menghapus data atau mengunci ponsel dari jarak jauh dengan Android Device Manager agar mudah mengamankan data virtual.

Meski secara fisik aman, namun pengguna NFC juga perlu melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dari penyadapan kartu seperti menggunakan pelindung untuk menutupi kartu. Langkah ini memungkinkan proses pembelokkan frekuensi radio untuk menarik perhatian chip NFC pada kartu debit atau kredit milik pengguna.

Baca juga: WhatsApp Payment Resmi Diluncurkan, Begini Cara Pakainya

Itulah tadi sekilas ulasan tentang Near Field Communication atau NFC yang perlu kamu ketahui untuk mempermudah fleksibilitas dalam hidup sehari-hari. Kamu kini tak perlu lagi mengisi ulang kartu e-money dengan mendatangi minimarket atau ATM, kamu bisa menggunakan aplikasi mobile banking dan fitur NFC yang tersedia di ponselmu untuk mengisi ulangnya. Tentu kamu tidak ingin repot, bukan?

Nah, sedangkan bagi kamu yang belum terlalu akrab dengan fitur NFC karena masih sibuk mencari pekerjaan, maka EKRUT bisa menjadi jalan keluar bagimu. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi tentang kesempatan kerja yang sesuai dengan kualifikasimu.

Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaik yang kamu punya lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT secara langsung.

sign up EKRUT

Sumber:

  • techradar.com
  • gsmarena.com
  • androidauthority.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read

    Video