Published on

Technology

Nilai transaksi Bitcoin telah lampaui PayPal, benarkah?

Maria Yuniar

bitcoin-EKRUT.jpg

Cryptocurrency atau biasa disebut kripto ternyata sudah mengalahkan kapasitas transaksi dari setiap sistem pembayaran tradisional di dunia. Kondisi ini cukup kontroversial.

Sejak 2013, Bitcoin telah mengungguli jaringan pengiriman uang terbesar dunia, yaitu Western Union, dengan nilai transaksi harian rata-rata mencapai US$ 257 juta. 

Saat ini, transaksi mata uang digital seperti Bitcoin mengalahkan volume pertukaran dolar dari berbagai perusahaan pembayaran. Beberapa di atnaranya adalah American Express, MasterCard, dan Visa.

Transaksi kripto Bitcoin sentuh US$ 1,3 triliun

Jumlah transaksi Bitcoin mencapai telah menembus angka US$ 1,3 triliun per tahun. Seorang analis di New York menjelaskan, dibandingkan dengan jaringan berteknologi canggih seperti PayPal, MasterCard, dan Visa, transaksi Bitcoin lebih unggul. Ada 104 juta transaksi yang tercatat pada Bitcoin on-chain pada 2017. Sebagai perbandingan, Visa memproses lebih dari seratus miliar transaksi.

Sementara itu, PayPal memproses lebih dari tujuh miliar transaksi sepanjang tahun lalu. Meski demikian, secara kolektif, nilai transaksi lebih dari US$ 1 triliun. Angka ini masih lebih tinggi dari transaksi PayPal yang berkisar US$ 500 miliar-600 miliar.

Baca juga: Investor berangsur-angsur tinggalkan Bitcoin, kenapa?

Transaksi kripto kerek harga Bitcoin

Karena pasar kripto menetapkan harga tertinggi baru di akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018, harga Bitcoin pun bergerak ke atas. Meskipun pasar telah menunjukkan penurunan tahun ini, jumlah pengguna aktif kripto tetap meningkat drastis, dibandingkan 2017. Mengapa ini bisa terjadi? Kondisi ini disebut sebagai efek jaringan, sebagai bagian integral komunitas.

Efek jaringan adalah sebuah peningkatan yang dilihat dalam nilai suatu sistem, termasuk pertumbuhan jumlah pengguna aktif. Nilai Bitcoin yang meledak tahun lalu jelas merupakan contoh utama dari efek jaringan. Selain itu, fakta bahwa Bitcoin Network telah memproses lebih banyak nilai daripada PayPal, memperlihatkan adanya efek jaringan.

Baca juga: Kenali 3 tipe trader ini di pasar cryptocurrency

Meski demikian, kita harus ingat. Sistem cryptocurrency yang dengan karakter desentralisasi, tentunya berbeda dari transaksi terpusat milik PayPal, Visa, dan MasterCard. Bagaimana pendapatmu? Apakah transaksi Bitcoin memang telah begitu tingginya?

bitcoin EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

 

Tags

Share