Published on

Technology

15 Orang terkaya di dunia 2021 dan bisnis yang dimilikinya

Maria Tri Handayani

orang-terkaya-di-dunia-2020---EKRUT.jpg

Tahukah kamu bahwa CEO Amazon, Jeff Bezos, dua kali lebih kaya dari monarki Inggris? Jeff bahkan menghasilkan 2.219 dolar AS per detik atau lebih dari dua kali lipat penghasilan rata-rata pekerja Amerika Serikat dalam satu minggu. 

Dengan melihat data-data ini, tidak mengejutkan bila nama Jeff Bezos pada akhirnya pernah menduduki posisi puncak orang paling kaya di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Namun, siapa saja sebenarnya yang menjadi orang terkaya di dunia selain Jeff Bezos di tahun 2021 ini? Jika kamu penasaran, simak daftar 15 orang terkaya di dunia 2021 berikut ini. 

Elon Musk jadi orang terkaya di dunia saat ini

Elon Musk jadi orang terkaya di dunia saat ini
Elon Musk menduduki orang terkaya di dunia 2021 - EKRUT

CEO Tesla, Elon Musk baru-baru ini dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia tahun 2021. Selain menduduki jabatan tertinggi di Tesla, Elon Musk juga menjadi CEO di perusahaan lain miliknya seperti SpaceX dan Neuralink.

Ditaksir kekayaan Elon Musk saat ini mencapai 24,1 milyar USD atau jika menggunakan kurs Rupiah (Rp14.000) setara dengan 337,4 triliun rupiah. Jenis bisnis yang Elon Musk geluti sebagian besar berfokus pada teknologi, otomotif, transportasi luar angkasa dan neuroteknologi. 

10 Daftar orang terkaya di dunia 2021

10 Daftar orang terkaya di dunia 2021
Bill Gates secara konsisten masuk dalam orang terkaya di dunia - EKRUT

Selain Elon Musk, terdapat beberapa orang yang digolongkan sebagai orang terkaya dunia tahun 2021. Orang-orang terkaya di bawah ini menjalankan beragam bisnis mulai dari bidang teknologi hingga ritel barang mewah.

Berikut ini merupakan daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2021.

1. Jeff Bezos

orang terkaya di dunia 2020 - EKRUT
Jeff Bezos berhasil mempertahankan posisi orang terkaya di dunia selama tiga tahun berturut-turut - EKRUT

Meskipun kehilangan hampir $38 miliar dalam penyelesaian perceraiannya dengan MacKenzie pada tahun 2019, Bezos tetap mempertahankan posisi teratas orang terkaya di dunia hingga tiga tahun terakhir ini.

Dalam data Bloomberg Billionaires Index pada tanggal 13 Oktober 2021, kekayaan bersih Jeff Bezos diketahui mencapai 202 miliar dolar AS. Dengan total kekayaan bersih tersebut, Jeff Bezos berhasil mencetak rekor baru sebagai orang pertama di dunia yang memiliki kekayaan di atas 200 miliar dolar AS. 

Nilai kekayaan Jeff Bezos yang belakangan terus melambung turut dipengaruhi oleh kenaikan tajam nilai saham Amazon karena perubahan perilaku konsumen yang cenderung semakin banyak berbelanja online di  masa pandemi. 

Sebelum mendirikan Amazon pada tahun 1994 dari garasinya di Seattle, Jeff Bezos sebenarnya memulai karier dengan bekerja di Fitel, sebuah startup bidang telekomunikasi finansial, lalu kemudian pindah ke Banker Trust dan perusahaan investasi DE Shaw & Co. 

Selain mendirikan Amazon, Bezos juga telah berekspansi ke berbagai sektor bisinis lain, seperti mendirikan Blue Origin, perusahaan startup berbasis di luar angkasa pada tahun 2000. Ia juga membeli The Washington Post pada 2013 senilai 250 juta dolar AS. 

Di luar itu, Bezos juga melakukan investasi melalui modal ventura miliknya Bezos Expedition ke beberapa perusahaan seperti Airbnb, BusinessInsider, Twitter, Uber, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Kisah pengusaha sukses di bidang teknologi yang menginspirasi

 

2. Elon Musk 

Elon Musk orang terkaya di dunia
Elon Musk memiliki lebih dari 18% saham di Tesla - EKRUT


Elon Musk baru saja memecahkan rekor baru dengan menjadi orang terkaya di dunia. Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index pada 13 Oktober 2021, Elon Musk memiliki  kekayaan bersih senilai 107 miliar dolar AS. 

Peningkatan kekayaan Musk didorong oleh keuntungan saham Tesla sebesar 12% yang terjadi pada awal September 2021 setelah pemecahan saham Tesla 5-1. Perlu diketahui bahwa saham Tesla telah melonjak sekitar 500% pada tahun 2021 dan perusahaan tersebut saat ini bernilai sekitar 475 miliar dolar US. 

Musk sendiri memiliki lebih dari 18% saham perusahaan tersebut, lebih dari tiga kali lipat dibanding pemegang saham terbesar berikutnya. 

Tidak hanya Tesla, Musk juga dikenal sebagai pendiri dari beberapa perusahan seperti SpaceX, The Boring Company, Hyperloop dan OpenAI. SpaceX sendiri kini bernilai hampir 36 miliar dolar AS, sementara Tesla telah menjadi produsen mobil paling berharga di dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai 342 miliar dolar AS. 

5. Bernard Arnault 

orang terkaya di dunia 2020 - EKRUT
Pandemi membawa dampak pada penurunan penjualan perusahaan Bernard Arnault - EKRUT

Pengusaha Perancis dan orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, menjadi orang terkaya di dunia kelima pada tahun 2021 ini. 

Bernard Arnault adalah ketua dan CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE, produsen barang-barang mewah di dunia, seperti tas Louis Vuitton, sampanye Dom Perignon, jam tangan TAG Heuer dan koper Rimona Luxury. 

Dilansir dalam Bloomberg Billionaires Index pada 13 Oktober 2021, Arnault memiliki kekayaan bersih senilai 91,8 miliar dolar AS. Total kekayaan Bernard Arnault ini menurun dibanding pada awal tahun 2021. 

Pada awal tahun 2021, Arnault sempat menduduki posisi orang kedua terkaya di dunia. Namun, pandemi yang memaksa penutupan kegiatan usaha di sebagian besar negara-negara di dunia turut berdampak pada penjualan perusahaannya. 

LVMH mengalami penurunan penjualan hingga 27% pada paruh pertama di 2021. Penurunan ini membuat Arnault kehilangan lebih dari 26 miliar dolar AS antara bulan Januari dan Maret 2021. Kini Bernard Arnault sendiri memiliki setengah dari saham LVMH dan 97% saham di Christian Dior. 

4. Bill Gates

orang terkaya di dunia 2020 - EKRUT
Sejak umur 30 tahun Bill Gates sudah berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Amerika - EKRUT

Bill Gates, co founder Microsoft, masuk dalam daftar orang terkaya di dunia 2021 selanjutnya. Dalam Bloomberg Billionaires Index pada 13 Oktober 2021 diketahui kekayaan bersih Bill Gates mencapai 127  miliar dolar AS. 

Bill Gates sendiri telah mendirikan Microsoft bersama Paul Allen sejak tahun 1975. Dari kesukesan perusahaan Microsoft yang ia bangun tersebut, pada usia 30 tahun, Bill Gates sudah berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Amerika.

Tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft. Ia juga telah menyumbangkan sebagian besar sahamnya hingga menyisakan 1 persen kepemilikan di Microsoft, dengan nilai sekitar 7 miliar dolar AS. 

Bill Gates dan istrinya Melinda juga membangun yayasan amal bernama Bill and Melinda Gates Foundation yang fokus membantu pemberantasan penyakit dan peningkatan perawan kesehatan di negara-negara miskin dan berkembang. Dari yayasan tersebut, Bill dan istrinya banyak menerima penghargaan. 

Bill and Melinda Gates Foundation sendiri dikabarkan memiliki aset lebih dari 40 miliar dolar AS. Sementara kekayaan pribadi Bill Gates lainnya dikelola melalui Cascade Investment. Dari Cascade, Gates diketahui memiliki saham di jaringan hotel The Four Seasons dan di kelompok Berkshire Hathway milik Warren Buffett. 

lomba blog EKRUT

5. Mark Zuckerberg 

orang terkaya di dunia 2020 - EKRUT
Mark Zuckerberg berhasil masuk daftar centibillionaire di dunia - EKRUT

Co-founder dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg merupakan orang terkaya di dunia 2021 selanjutnya. Berdasarkan data Bloomberg Billiionaires Index kekayaan bersih Mark Zuckerberg mencapai 104 miliar dolar AS pada 13 Oktober 2021. 

Jumlah kekayaan ini membawa Mark Zuckerberg menjadi centibillionaire termuda saat ini. Centibillionaire sendiri adalah sebutan untuk orang dengan kekayaan setidaknya mencapai 100 miliar dolar AS. 

Meningkatnya nilai kekayaan Mark saat ini turut dipengaruhi oleh kenaikan saham Facebook setelah peluncuran Instagram Reels, fitur Instagram yang menyerupai TikTok pada Agustus 2021 lalu. 

Sebelumnya Mark Zuckerberg mendirikan Facebook dari kamar asramanya di Harvard pada tahun 2004 dengan tiga temannya. Kini Facebook telah berkembang menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan 2,5 miliar pengguna aktif setiap bulannya. 

Mark Zuckerberg sendiri memiliki sekitar 14% saham di Facebook setelah perusahaan tersebut go public pada Mei 2012 yang lalu.

Baca juga: 5 Pengusaha muda Indonesia dalam Forbes 30 under 30 Asia

6. Zhong Shan Shan

Zhong Shan Shan orang terkaya di dunia 2021
Zhong Shan Shan orang terkaya di dunia peringkat keenam - EKRUT

Zhong Shan Shan menduduki peringkat keenam sebagai orang terkaya di dunia dengan bisnisnya yaitu pendiri minuman terbesar di China. Kekayaan bersih Zhong Shan Shan saat ini mencapai $ 94,8 miliar. Selain bergerak pada bidang minuman, Zhong Shan Shan juga merupakan pemimpin perusahaan Wantai yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi.

7. Warren Buffet

Warren Buffet memperoleh kekayaannya dari investasi saham - EKRUT
Warren Buffet memperoleh kekayaannya dari investasi saham - EKRUT


Warren Buffet dikenal sebagai investor handal yang telah mulai terjun ke dunia investasi sejak berumur 11 tahun. Saat ini ia menjalankan Berkshire Hathaway dimana menaungi beragam perusahaan seperti Dairy Queen, hingga asuransi Geico. Diketahui kekayaan bersih yang dimiliki Warren Buffet saat ini mencapai $ 92,4 miliar.

8. Larry Page

Larry Page pendiri Google - EKRUT
Larry Page pendiri Google - EKRUT

Orang terkaya berikutnya merupakan salah satu pendiri dari Google, Larry Page. Total kekayaan bersih yang ia miliki mencapai $ 91,6. Selainkan menjalankan bisnis dalam bidang teknologi, Larry Page juga berinvestasi pada perusahaan yang bergerak dalam eksplorasi luar angkasa, Planetary Resources.

9. Sergey Brin

Sergey Brin salah satu pendiri perusahaan Alphabet - EKRUT
Sergey Brin salah satu pendiri perusahaan Alphabet - EKRUT

Bersama dengan Larry Page, Sergey Brin merupakan salah satu pendiri dari perusahaan Alphabet dengan produknya Google. Diperkirakan kekayaan bersih dari Sergey Brin mencapai $ 88,8 miliar. Saat ini Sergey Brin menjadi salah satu dari 10 orang terkaya di dunia.

10. Larry Ellison

Larry Ellison pendiri Oracle - EKRUT
Larry Ellison pendiri Oracle - EKRUT

Larry Ellison menduduki jajaran terakhir 10 orang terkaya di dunia tahun 2021 dengan total kekayaan bersih $ 86,6 miliar. Sebagian besar pendapatan yang didapatkan berasal dari perusahaan perangkat lunak Oracle yang didirikan tahun 1977. Selain menjadi dewan penasehat dari perusahaan Oracle, Larry Ellison juga menjadi dewan direksi Tesla milik Elon Musk.

 5 Orang terkaya di Indonesia

Anthoni Salim salah satu orang terkaya di Indonesia. - EKRUT
Anthoni Salim salah satu orang terkaya di Indonesia. - EKRUT

Selain 10 orang terkaya di dunia di atas, Indonesia juga memiliki daftar orang-orang terkaya dengan jaringan bisnis yang tersebar di penjuru Indonesia dan dunia. Beberapa orang terkaya di Indonesia mendapatkan kekayaannya dari sektor jasa keuangan, developer, hingga ritel. Berikut ini daftar 5 orang terkaya di Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui.

1. R. Budi & Michael Hartono

Dua Hartono bersaudara ditaksir memiliki kekayaan bersih mencapai 547,08 triliun berkat kepemilikan saham di salah satu bank swasta yaitu BCA. Selain itu, dua Hartono bersaudara memiliki jaringan bisnis lain seperti elektronik, sawit, dan tembakau.

2. Keluarga Widjaja

Salah satu orang terkaya di Indonesia yang berasal dari keluarga Widjaja adalah Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pemilik perusahaan Sinarmas Group. Kekayaan bersih yang dimiliki keluarga Widjaja ini ditaksir mencapai Rp 167.79 triliun. Bisnis yang bergerak di bawah naungan Sinarmas Group meliputi agribisnis, developer, hingga jasa perbankan.

3. Prajogo Pangestu

Salah satu perusahaan sektor sumber daya alam Barito Pacific yang didirikan oleh Prajogo Pangestu berhasil menempatkannya sebagai orang terkaya di Indonesia nomor tiga. Kekayaan bersih yang dimiliki ditaksir mencapai Rp 84,6 triliun.

4. Anthoni Salim

Pendiri perusahaan Salim Group yang terkenal sebagai produsen makanan dan minuman kemasan, Anthoni Salim merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki diperkirakan mencapai 83,19 triliun.

5. Sri Prakash Lohia

Pendiri perusahaan global Indorama, Sri Prakash Lohia menduduki peringkat lima sebagai orang terkaya di Indonesia. Harta kekayaan yang dimilikinya ditaksir mencapai Rp 78,96 triliun. Perusahaan Indorama berfokus pada produksi polietilen hingga serat poliester.

orang terkaya di dunia 2020
Last update: 6 April 2021

Itu dia 10 orang terkaya di dunia dan 5 orang terkaya di Indonesia di tahun 2021. Melihat jumlah kekayaan yang dimiliki mereka tentu membuat banyak orang ingin mencapai kesuksesan yang sama. 

Namun, ingatlah bahwa untuk mencapai kesuksesan seperti tokoh-tokoh orang terkaya di dunia tadi bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instan. Perlu usaha, kerja keras dan ketekunan untuk mencapainya.

Jadi jika kamu ingin menjadi orang terkaya di dunia suatu saat nanti, jangan pernah menyerah bila menemukan kegagalan ya. Teruslah bekerja keras dan berusaha mencapai kesukesan  yang kamu inginkan. 

Sumber:

  • Bloomberg.com
  • Businessinsider.in
  • theladders.com
  • cnn.com

Tags

Share