Published on

startup

OYO rambah bisnis minuman kopi

Nur Lella Junaedi

OYO-rambah-bisnis-minuman-Kopi-EKRUT.jpg

Startup jaringan hotel OYO menghadirkan bisnis baru dengan meluncurkan Kopi Cinta yang hadir di 30 gerai jaringan hotel OYO. 

Eko Bramantyo selaku Country Head Emerging Business OYO Indonesia mengatakan, bila tingkat okupansi hotel menurun sebanyak 60 persen selama pandemi, karena itulah OYO harus melihat peluang lain untuk menghasilkan pemasukan bisnis. 

Dengan adanya Kopi Cinta ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman pengunjung yang menginap di hotel OYO serta menjadi sumber penghasilan bagi mitra. 

Kopi Cinta ini sendiri diracik di dalam mesin kopi kapsul otomatis untuk menjaga kualitas kopi yang disediakan. Perusahaan juga bekerja sama dengan Primo Coffee untuk memberikan pelatihan barista, suplai bahan baku, alat dan standar operasional.

Baca juga: Induk perusahaan OYO dapat suntikan dana dari anak usaha Softbank

Tak hanya sampai di sana, Kopi Cinta juga telah bekerja sama dengan mitra pengiriman makanan seperti Grabfood dan GoFood agar minuman kopi lebih mudah didapatkan pelanggan lewat layanan pesan antar. 

Walaupun masih terbilang baru Kopi Cinta sudah berani menghadirkan banyak varian menu kopi dan teh di dalam aplikasi GoFood, seperti Es Kopi Cinta Sejati, Es Malam Minggu Moka, Es Kopi Cinta Monyet, Es Teh Tarik ulur, Es Thai Tea dan sebagainya. 

Harganya pun bervariasi mulai dari harga di bawah kisaran Rp 10 ribu untuk menu Es Teh Cinta Palsu hingga harga yang paling mahal di kisaran Rp 26 ribu untuk menu Cinta Lokasi.

Ke depannya OYO ingin agar gerai kopi ini semakin bertambah dan memberi kesempatan bagi mitra yang tertarik untuk membuka gerai Kopi Cinta. 

Nantinya mitra yang tertarik cukup menyediakan modal sebanyak Rp 3 juta yang akan dipakai untuk pengadaan mesin dan starter pack tanpa perlu karyawan tambahan atau ruangan.  

Baca juga: Kembali PHK karyawan, ada apakah dengan OYO? 

Sebagai informasi, bahwa tak hanya OYO yang melakukan strategi menjual kopi di mitra hotelnya. Sebelumnya pada November 2019 lalu, hal serupa sempat dilakukan oleh Airy dan Foree Coffee dengan rencana membuka sekitar seribu gerai kopi di jaringan hotel Airy. 

Namun sayangnya, pada Mei kemarin perusahaan Airy harus menutup bisnisnya karena penurunan bisnis yang signifikan akibat pandemi. 

OYO rambah bisnis minuman Kopi EKRUT

Sumber: 

  • katadata.co.id
  • antaranews.com

Tags

Share