Published on

startup

Induk perusahaan OYO dapat suntikan dana dari anak usaha Softbank

Nur Lella Junaedi

induk_perusahaan_OYO_dapat_pendanaan_EKRUT.jpg

Induk perusahaan OYO yakni Oravel Stays, kabarnya baru saja mendapatkan dana sebesar USD 807 juta dari dua investor untuk pendanaan seri F. 

Dua investor tersebut yakni RA Hospitality dan anak perusahaan Softbank yakni SVF India Holding.

RA Hospitality diperkirakan menyuntikkan dana sekitar USD 300 juta, sementaraSVF India Holding memberikan dana sekitar USD 507 juta. 

Perlu diketahui bahwa, jumlah ini hanyalah sebagian dari putaran pendanaan  yang sedang berjalan untuk memperoleh pendanaan sekitar USD 1.5 miliar. 

Baca juga: Gojek dikabarkan terima pendanaan USD 1.2 miliar

Rencananya dana ini akan digunakan untuk mencapai strategi bisnis di tahun 2020, di samping memperkuat keberadaan OYO Hotel and Homes melalui upaya investasi dalam tata kelola perusahaan dan pelatihan, pertumbuhan agresif dan berkelanjutan dalam hal keunggulan operasional. 

Atas pendanaan ini, kini SVF India Holding memegang kendali atas 50,6 persen saham OYO. Sedangkan RA Hospitality yang didirikan oleh CEO OYO, Ritesh Agarwal ,memiliki saham sebesar 25.87 persen.

Sebelumnya pada Oktober tahun lalu, OYO sempat mengabarkan bahwa mereka memang sedang mengumpulkan pendanaan dengan jumlah yang sama USD 1.5 miliar untuk seri F. 

Pendanaan tersebut akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis OYO di Amerika dan Eropa. 

Proses pendanaan ini, membayang-bayangi OYO di tengah keadaan bisnisnya yang tidak stabil. Sebagaimana kita ketahui bahwa OYO telah melakukan PHK terhadap karyawannya di berbagai negara. 

induk perusahaan OYO dapat pendanaan EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

  • TechinAsia 
  • DealStreetAsia
 

Tags

Share