Published on

Careers

Paklaring : Pengertian, 4 Fungsi surat paklaring, syarat pembuatan, dan contoh suratnya

Natasya Primatyassari

Paklaring_adalah.jpg

Setelah mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan, setiap karyawan berhak untuk mendapat surat paklaring atau surat keterangan pengalaman kerja dari kantor yang bersangkutan. Paklaring tidak bisa dianggap remeh karena memiliki banyak kegunaan. Simak artikel selengkapnya untuk mengetahui isi, fungsi, syarat pembuatan serta contoh surat tersebut.

Apa itu surat paklaring?

Apa itu surat paklaring?
Setiap karyawan berhak mendapatkan surat paklaring - Unsplash

Paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi tertentu dan jangka waktu tertentu. Surat ini diberikan ketika seorang karyawan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Istilah paklaring sebenarnya berasal dari kata benda serapan bahasa Belanda yaitu verklaring yang artinya pernyataan atau penerangan. Istilah ini kemudian kerap digunakan dalam lingkup ketenagakerjaan untuk menjelaskan surat keterangan pengalaman kerja.

4 Fungsi surat paklaring

4 Fungsi surat paklaring
Salah satu fungsi paklaring untuk mengajukan pinjaman bank dan kartu kredit - Freepik

Paklaring tidak hanya berfungsi sebagai surat bukti pengalaman kerja. Surat ini memiliki berbagai kegunaan penting seperti diuraikan di bawah ini. 

1. Pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Setiap karyawan yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan sudah mengalokasikan sebagian kecil gajinya untuk dana Jaminan Hari Tua (JHT). Dana ini dapat diambil kembali sepenuhnya setelah karyawan berusia 56 tahun atau memasuki masa pensiun. Sebelum itu, kamu bisa mencairkan sekitar 10% dari dana yang sudah terkumpul.

Untuk mendapatkan seluruh atau sebagian dana Jaminan Hari Tua (JHT), salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan yaitu surat paklaring. Selain melegalisasi salinan paklaring, kamu juga harus menunjukkan surat aslinya ketika ingin mengklaim jaminan tersebut di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

2. Melamar pekerjaan di perusahaan selanjutnya

Umumnya, surat paklaring ini digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau dokumen ketika mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru. Beberapa perusahaan besar dan startup terkadang juga menjadikan surat ini sebagai syarat bagi karyawan yang akan melamar.
Melalui surat paklaring, perusahaan baru tempat karyawan melamar dapat menilai kualitas dan kapasitas seseorang. Hal tersebut dapat dilihat dari prestasi dan kontribusi calon karyawan di perusahaan sebelumnya yang sudah dijelaskan melalui isi surat.

3. Pengajuan pinjaman bank

Salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman dana seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah berstatus karyawan. Selain slip gaji, paklaring juga diperlukan sebagai dokumen pendukung. Dengan melampirkan surat ini, pihak bank dapat mengetahui kemampuan finansialmu dan menimbang apakah kamu termasuk calon debitur yang dinilai mampu untuk membayar cicilan.

4. Pengajuan kartu kredit

Serupa dengan mengajukan pinjaman bank, pengajuan kartu kredit juga membutuhkan surat keterangan pengalaman kerja. Dalam hal ini, paklaring berfungsi sebagai bukti bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup untuk membayar tagihan per bulan.

Perbedaan surat paklaring, surat keterangan kerja, dan surat rekomendasi kerja

Perbedaan surat paklaring, surat keterangan kerja, dan surat rekomendasi kerja
Surat paklaring berbeda dengan surat keterangan kerja maupun surat rekomendasi kerja - Freepik

Mayoritas orang belum mengetahui bahwa surat paklaring, surat keterangan kerja, dan surat rekomendasi kerja merupakan tiga dokumen yang berbeda dan dipakai dengan tujuan yang berbeda juga. Berikut penjelasan lengkapnya.

Surat Paklaring Surat Keterangan Kerja Surat Rekomendasi Kerja
Surat pernyataan yang menjelaskan seorang karyawan pernah bekerja dengan isi yang memuat posisi atau jabatan dan masa waktu bekerja. Surat pernyataan yang menerangkan bahwa seorang karyawan masih bekerja di suatu perusahaan.                                      Surat pernyataan yang dibuat seorang pimpinan atau pejabat tertentu yang memuat keterangan seseorang berdasarkan kondisi di lapangan atau fakta-fakta yang terjadi.
Surat ini diterbitkan saat karyawan sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini diterbitkan saat karyawan masih bekerja di perusahaan tersebut.

Surat ini biasanya diminta saat proses seleksi sebelum calon karyawan bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: 4 Contoh surat rekomendasi kerja dan cara menyiapkannya

Syarat membuat surat paklaring 

Syarat membuat surat paklaring
Sebelum mengundurkan diri, kamu harus menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaan - Pexels

Sebelum menerbitkan paklaring, bagian HRD terlebih dahulu akan memeriksa status dan kinerjamu ke departemen yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kamu telah memenuhi syarat untuk mendapatkan surat paklaring. Syarat yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut.

  1. Pengunduran diri dari perusahaan dilakukan secara baik-baik dan tidak terjadi perselisihan dengan karyawan lain. Pengunduran diri bukan karena dipecat atau melakukan wanprestasi. Pengunduran diri yang disebabkan PHK atas keputusan perusahaan juga berhak memperoleh paklaring. 
  2. Telah menyelesaikan masa kerja minimal satu tahun atau sesuai kontrak yang disepakati di awal.
  3. Telah menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaan dan melakukan serah terima pekerjaan ke perusahaan. 

Baca juga: 6 Cara resign yang baik dan profesional

Contoh surat paklaring

Contoh surat paklaring
Paklaring menjelaskan jenjang karier seorang karyawan - Pexels

Surat paklaring yang baik setidaknya memuat elemen penting seperti menggunakan kop surat, disertai bukti pengesahan, berisi pernyataan positif, dan menjelaskan informasi mendasar mengenai karyawan termasuk jenjang kariernya. Agar kamu semakin memahami, berikut contoh surat paklaring dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

1. Contoh surat paklaring Bahasa Indonesia

Contoh surat paklaring Bahasa Indonesia

2.Contoh surat paklaring Bahasa Inggris

Contoh surat paklaring Bahasa Inggris

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya

Nah, sekarang kamu sudah mengerti, kan, bahwa paklaring itu termasuk salah satu surat penting yang harus dimiliki setelah mengundurkan diri. Setelah mengetahui penjelasan di atas, ada baiknya kamu juga menilik tips resign secara profesional melalui video di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • lifepal.co.id
  • cermati.com
  • akseleran.co.id 
  • rumah.com

Tags

Share