Published on

Careers

Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai UX Manager

Nur Rosita Dewi

panduan-kerja-ux-manager-EKRUT.jpg

Berhasil menjadi manajer adalah pencapaian yang luar biasa dalam karier seseorang. Meski menyenangkan dan menantang, semakin banyak juga beban dan tanggung jawab yang harus kamu pikul. 

Supaya bisa memberikan yang terbaik, inilah panduan kerja 100 hari pertama sebagai UX Manager yang bisa menjadi panduan kamu.

1. Temukan mentor yang baik

Seorang mentor adalah orang yang bisa memberikan wawasan dan rekomendasi yang baik. Temukanlah orang yang bisa kamu mintai saran dan dengan senang hati memberikan bimbingan dan dukungan. Memiliki orang terpercaya sangat penting untuk kelancaran 100 hari pertama sebagai UX Manager.

Ketika kamu mencari seorang mentor, carilah seseorang dengan minat yang sama dan dapat menginspirasi kamu untuk terus maju. Bertemanlah dengan orang-orang yang mendorong kamu untuk keluar dari zona nyaman. Sebagai hasilnya, kamu akan mendapatkan dorongan dan insight yang baik untuk karier kamu.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

2. Pekerjakan orang yang tepat

Sebagai UX Designer, kemampuan untuk menyelesaikan masalah sangatlah penting. Sebagai seorang UX Manager, kesuksesanmu bergantung pada bisa tidaknya kamu dan anggota tim dalam mencapai tujuan. 

Artinya, peran kamu sebagai manajer tidak ke arah eksekusi langsung, melainkan bagaimana membuat setiap anggota tim dapat memberikan karya terbaiknya.

Dengan demikian, kamu harus mempekerjakan orang yang tepat. Untuk mewujudkannya, kamu harus berperan aktif dalam membangun tim. Jangan sampai ada yang mengerjakan tugas di luar bidang keahliannya. Cobalah mengisi kekosongan dengan pelatihan atau rekrut anggota baru.

Buatlah definisi karyawan ideal versimu sendiri, karena kamulah yang tahu siapa orang yang tepat. Saat merekrut karyawan, kamu juga harus terjun langsung dalam proses tersebut.

3. Bangun kepercayaan

Sebagai seorang manajer, kamu harus bisa membangun kepercayaan dalam tim. Kepercayaan adalah hal yang sangat penting, baik dalam lingkup bisnis maupun hubungan pribadi.

Jangan hanya membangun kepercayaan dalam tim kamu saja, tapi juga dengan tim lainnya. Semakin tinggi kepercayaan anggota tim terhadap kamu, semakin baik juga kinerja mereka. 

Kepercayaan tersebut harus dibangun dan dibuat, tidak bisa didapatkan begitu saja. Untuk membangunnya, kamu harus memberikan pujian terhadap anggota tim kamu. Buat mereka percaya bahwa karya yang mereka hasilkan begitu berharga untuk kemajuan tim.

Lalu, kamu juga harus bisa melindungi setiap anggota tim kamu. Jangan sampai kesalahan mereka diketahui oleh orang lain.

4. Bertanya dan melatih

Kunci menjadi UX Manager yang baik adalah jangan menjadi pemimpin yang otoriter. Jangan menganggap dirimu sebagai bos dari anggota yang lain. Tempatkan diri sebagai pemimpin dan teman mereka.

Biarkan mereka melakukan kesalahan dan belajar dari pengalaman tersebut. Biarkan mereka mengemukakan pendapatnya dan izinkan mereka bicara jika saran dari kamu kurang tepat.

Fokuslah terhadap anggota tim. Beri mereka dorongan untuk memberikan hasil kerja yang terbaik. Dengan demikian, 100 hari pertama sebagai UX Manager pasti akan terasa mudah karena mereka percaya terhadap kamu.

Rekomendasi bacaan: 

​​​​​​​Sumber: 

  • uxmatters.com
  • adobe.com
     

Tags

Share