Published on

Careers

Panduan kerja: 100 hari pertama menjadi manager baru

Nur Rosita Dewi

panduan-kerja-manager-baru-EKRUT.jpg

Menjadi seorang Manager mungkin adalah impianmu, agar 100 hari pertama kamu sebagai Manager baru dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan kamu persiapkan dengan baik. 

Nah, di bawah ini adalah panduan kerja khusus untuk kamu Manager baru. 

Pelajari apa yang baik untuk perusahaan kamu bekerja

Langkah pertama panduan kerja 100 hari pertama menjadi Manager baru yang wajib kamu lakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin soal perusahaan tempat kamu bekerja. 

Kamu harus mengetahui mana yang nantinya akan berguna dan mana yang tidak. Sebab, kamu tidak bisa menerapkan ide baru tanpa mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

Berpikirlah. Luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana setiap tim dalam perusahaan melakukan pekerjaannya. Kamu juga harus berkomunikasi dengan tim lainnya untuk mengetahui peran dan tugas mereka masing-masing. Ini akan membantu memperlancar pekerjaan kamu ke depannya.

Isi hari-hari pertama kerjamu untuk bertemu dengan senior-senior dalam perusahaan. Diskusikan apa yang ingin kamu ketahui lebih banyak dengan mereka supaya tidak ada salah pengertian di masa depan. 

Setelah itu, baru kamu bisa membuat target yang harus dicapai untuk bulan depan, tiga bulan ke depan, dan rencana jangka panjang perusahaan.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Ketahui kualitas seorang pemimpin yang baik

Menjadi seorang Manager, secara otomatis berarti kamu telah menjadi pemimpin bagi anggota tim kamu. Di dunia kerja sekarang, seorang Manager tidak lagi dituntut untuk mengetahui segalanya. 

Namun, lebih kepada hal tanggung jawab serta keahlian dalam mengatur tim. Supaya kamu dapat menjalaninya dengan baik, kamu harus memiliki beberapa soft skill penting.

Soft skill yang wajib kamu miliki sebagai seorang pemimpin adalah mampu menentukan tujuan yang jelas dan cara mencapainya, mampu mendelegasikan tugas ke orang yang tepat, mampu membangun kepercayaan dalam tim. 

Selain itu, kamu juga perlu mampu memberikan kebebasan pada karyawan supaya mereka bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Tak hanya itu, kamu pun harus bisa menjaga jarak dan batasan dengan anggota tim kamu. Jangan sampai membuat mereka tidak nyaman karena kamu terlalu “terbuka” pada mereka. Posisikan diri kamu sebagai seorang pemimpin yang adil dan jujur. Dengan begini, rasa hormat pun akan mudah kamu dapatkan.

Pelajari cara berkomunikasi dengan tim

Ada banyak tipe dalam berkomunikasi, mulai dari yang personal hingga profesional. Seorang Manager harus mengetahui mana yang patut dibagikan dan dibicarakan kepada anggota tim. Ingat, tidak semua hal bisa dibagikan dalam forum.

Kamu juga harus mengetahui seni dalam menyampaikan sesuatu supaya tidak terjadi kesalahpahaman. 

Nada bicara yang salah bisa membuat anggota tim salah menangkap maksud pembicaraan kamu. Oleh karena itu, pelajarilah cara yang baik dalam menyampaikan sebuah informasi.

Baca juga: 6 Hal yang perlu dihindari sebagai seorang Manager

Sebagai seorang Manager baru, kamu wajib belajar banyak hal supaya bisa menjadi pemimpin yang baik. Semoga  panduan kerja 100 hari pertama menjadi manager baru di atas bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • kununu.com
  • managers.org.uk
  • businessinsider.com

Tags

Share