Published on

Careers

7 Manfaat payroll bagi karyawan dan HRD perusahaan

Ningtyas Dewanasari Kinasih

7_Manfaat_payroll_bagi_karyawan_dan_HRD_perusahaan.jpg

Setiap perusahaan wajib memberikan gaji kepada seluruh karyawannya tanpa terkecuali. Selain upah pokok, perusahaan juga harus menyertakan komponen lain yang berkaitan dengan proses penerimaan gaji atau biasa disebut payroll. Tidak heran jika payroll adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh karyawan yang biasanya diterima setiap bulan atau minggu. 

Payroll adalah proses penggajian karyawan yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan juga memiliki standar masing-masing dalam proses penghitungan payroll.  Sebagai karyawan kamu juga harus mengetahui hal tersebut untuk menghindari selisih paham dengan perusahaan.

Itulah sebabnya, kamu harus mengetahui faktor yang mempengaruhi gaji yang akan diterima. Selain itu, perhatikan juga manfaat payroll bagi karyawan dan HRD perusahaan, pada artikel ini.

Apa itu payroll?

Apa itu payroll?
Payroll adalah proses pembayaran gaji karyawan oleh perusahaan. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari investopedia.com, payroll adalah proses pembayaran karyawan oleh perusahaan, dimana mencakup pelacakan jam kerja, penghitungan gaji, hingga mendistribusikannya melalui rekening masing-masing karyawan. Biasanya yang mengatur payroll dalam perusahaan adalah departemen HR.

Untuk dapat mengeluarkan payroll, perusahaan harus menghitung berbagai macam komponen seperti gaji pokok, iuran koperasi, bonus, uang lembur, dan lainnya jika ada. Selain itu, perusahaan juga harus menyisihkan gaji karyawan untuk asuransi dan pajak. Setelah melalui proses penghitungan, barulah karyawan akan menerima payroll tersebut.

Banyak perusahaan menggunakan solusi software untuk membantu mereka mengelola payroll. Solusi lain yang digunakan oleh perusahaan berskala besar atau sedang adalah dengan memakai jasa pihak ketiga yang menyediakan layanan payroll.

Baca juga: Cara menghitung dan contoh slip gaji karyawan

Apa saja yang memengaruhi gaji karyawan?

Apa saja yang mempengaruhi gaji karyawan?
Salah satu data yang akan masuk dalam penghitungan payroll adalah bonus. (Sumber: Pexels)

Salah satu proses yang dilakukan dalam payroll adalah penghitungan jumlah gaji yang akan diterima oleh karyawan. Nah, jumlah gaji karyawan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Kehadiran

Presensi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah gaji yang akan kamu dapatkan. Dari data kehadiran, perusahaan dapat menilai kedisiplinanmu dalam bekerja. Beberapa perusahaan memberikan reward bagi karyawan yang memiliki data kehadiran baik, seperti bonus yang diberikan saat penghitungan payroll.

Sedangkan bagi karyawan yang kurang disiplin atau sering absen, biasanya tidak akan mendapatkan bonus. Selain itu, karyawan yang melanggar jumlah absensi yang diperbolehkan, justru akan mendapatkan sanksi seperti Surat Peringatan dari perusahaan.

2. Uang lembur

Uang lembur
Komponen lain yang terdapat  dalam payroll adalah upah lembur. (Sumber: Pexels)

Faktor lainnya dalam penghitungan payroll adalah uang lembur. Besaran upah lembur ini tergantung dari perusahaan tempat kamu bekerja. Akan tetapi, pemerintah telah mengatur aturan mengenai upah lembur dalam Pasal 78 UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Sehingga kamu juga bisa menghitung sendiri jumlah upah lembur yang seharusnya kamu terima. Jumlah uang lembur yang kamu dapatkan akan diakumulasikan dengan pendapatan lainnya.

3. Bonus

Hal lain yang dapat mempengaruhi payroll adalah jumlah bonus. Bonus ini didapatkan oleh karyawan jika bisa memenuhi atau melebihi target yang ditentukan, sehingga turut membawa keuntungan untuk perusahaan. Profesi yang berkaitan dengan penjualan, biasanya mendapatkan jumlah bonus yang besar apabila dapat melampaui target. Besaran bonus yang diterima oleh karyawan, akan di kalkulasi sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Baca juga: Pahami perbedaan insentif dan bonus bagi karyawan

4. Denda atau potongan hutang

Denda atau potongan hutang
Hal lain yang dapat mempengaruhi payroll adalah hutang karyawan pada perusahaan. (Sumber: Pexels)

Memiliki denda atau potongan hutang pada kantor juga akan mempengaruhi jumlah gaji yang akan kamu terima. Beberapa kantor memiliki koperasi yang digunakan untuk simpan pinjam karyawan. Jika kamu melakukan pinjaman, biasanya otomatis akan langsung terpotong dari pendapatanmu.

7 Manfaat payroll bagi karyawan dan HRD perusahaan

Manfaat payroll
Kelebihan dari payroll adalah dapat membuat laporan sesuai kebutuhan. (Sumber: Pexels)

Payroll adalah sistem yang sangat efektif dan efisien jika digunakan oleh perusahaan. Juga memberikan detail pemasukan dan potongan gaji kepada karyawan. Dengan menggunakan payroll, maka dapat meminimalisir kesalahan penghitungan karena data akan dikalkulasi secara otomatis. Berikut ini beberapa manfaat payroll yang bisa kamu ketahui:

1. Menghemat waktu

Menghemat waktu
Manfaat utama dari payroll adalah dapat menghemat waktu. (Sumber: Pexels)

Manfaat yang paling besar dari penerapan payroll adalah dapat menghemat waktu. Bayangkan jika kamu adalah karyawan HRD yang harus mengurus slip gaji ratusan karyawan setiap bulannya secara manual. Selain tidak efisien, kemungkinan untuk terjadi kesalahan sangatlah besar.

Sistem payroll yang menggunakan software, akan memasukkan dan menghitung data secara otomatis. Dengan begitu kamu bisa menghemat banyak waktu. Karyawan hanya tinggal menunggu masuknya payroll tersebut dalam email dan gaji dalam rekening.

2. Mengetahui laporan gaji bulanan

Salah satu kegunaan payroll adalah kamu bisa mengetahui secara detail pendapatan yang diterima. Baik itu gaji pokok, uang lembur, bonus, dan berbagai potongan yang wajib kamu bayarkan. Setiap bulannya kamu akan mendapatkan laporan tersebut, sehingga kamu bisa langsung menanyakan ke departemen terkait  jika ada data yang tidak sesuai.

3. Menyimpan data dengan aman dan otomatis

Menyimpan data dengan aman dan otomatis
Manfaat lain dari payroll adalah dapat menyimpan data dengan lebih aman.  (Sumber: Pexels)

Manfaat lain dari payroll adalah tersimpannya data dengan aman. Dengan menggunakan sistem payroll, data setiap karyawan akan lebih aman dan akan terkirim secara otomatis. Walaupun begitu, kamu masih tetap harus berkonsultasi dengan departemen IT untuk pemilihan software payroll terbaik. 

4. Self service

Kelebihan dari penggunaan sistem payroll adalah kamu bisa dengan mudah melihat kalender karyawan. Sistem tersebut akan membaca data cuti, absensi, lembur, dan lainnya, sehingga dengan mudah kamu bisa mengetahui posisi dari karyawan tersebut. Dengan begitu, penghitungan payroll pun akan lebih mudah dilakukan. Jika sudah menggunakan perangkat yang tepat, maka team IT akan mengatur kebutuhan payroll dengan efektif.

5. Pembuatan laporan sesuai kebutuhan

Fungsi selanjutnya dari penggunaan payroll adalah dapat membuat laporan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Detail payroll yang diterima oleh karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, payroll dari setiap perusahaan pastinya juga berbeda-beda.

6. Membuat formulir pajak

Salah satu manfaat dari payroll adalah kamu bisa melakukan pelaporan pajak. Dari payroll yang dikirim setiap bulannya tertera potongan pajak penghasilan. Setelah setahun, kamu akan mendapatkan Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan yang kamu gunakan untuk mengisi formulir SPT tahunan

7. Menghitung jumlah gaji dan potongan

Menghitung jumlah gaji dan potongan
Manfaat penting selanjutnya dari payroll adalah untuk mengurus pajak tahunan. (Sumber: Pexels)

Dengan payroll, kamu juga bisa menghitung jumlah pendapatan serta potongannya. Misalnya, jumlah pendapatan terdiri dari, gaji pokok, bonus-bonus, dan uang lembur. Sedangkan untuk potongan, bisa terdiri dari pajak penghasilan, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, dan hutang jika ada.

Jika terjadi kesalahan atau data tidak sesuai, kamu bisa langsung mengurusnya ke bagian HRD dengan segera. Payroll yang berisikan jumlah pendapatan juga bisa menjadi referensi untuk melakukan negosiasi gaji, terutama jika kamu sedang mencari pekerjaan yang lebih baik. Jika ingin mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, yuk daftarkan diri kamu di EKRUT untuk mendapatkan karier yang lebih baik.

Baca juga: 10 tips negosiasi gaji yang perlu kamu pertimbangkan

Itulah dia ulasan mengenai payroll beserta faktor yang dapat mempengaruhi penghitungannya. Payroll adalah hal yang sangat krusial, tidak hanya untuk karyawan namun juga perusahaan. Hal itu karena payroll banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan penting.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • business2community.com
  • investopedia.com
  • jdih.kemnaker.go.id

Tags

Share