Published on

Careers

Cara Membuat dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Natasya Primatyassari

Cara_dan_contoh_slip_gaji_karyawan.jpg

Perusahaan atau pemberi kerja wajib memberikan slip gaji kepada setiap karyawannya. Selain sebagai bukti telah diberikannya gaji, dokumen tersebut juga dapat digunakan untuk banyak keperluan lain. Slip gaji dapat menjadi persyaratan kebutuhan administrasi seperti pengajuan kredit. Pembuatan slip gaji tidaklah mudah, harus sesuai standar yang didalamnya berisi berbagai macam komponen. Agar tidak ada yang komponen yang terlewat, perhatikan cara membuat dan contoh slip gaji karyawan berikut ini.

Apa itu slip gaji?


Slip gaji merupakan dokumen penting yang diberikan kepada karyawan tiap bulannya - Pexels

Slip gaji merupakan dokumen penting yang dibuat oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada karyawan. Komponen dari slip gaji sendiri terdiri dari jumlah yang dibayarkan (Gross), potongan-potongan, bonus, tunjangan, dan jumlah yang akan diterima (Net). Slip gaji biasanya diterbitkan setiap minggu atau bulan tergantung dari kebijakan perusahaan oleh bagian Human Resources. Dokumen tersebut dapat diberikan dalam bentuk surat atau melalui email.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan gaji tinggi di bidang teknologi

Kenapa perlu memberikan slip gaji karyawan setiap bulan?

kenapa slip gaji penting - EKRUT
Slip gaji dapat digunakan untuk berbagai keperluan - EKRUT

Slip gaji memiliki fungsi penting terutama sebagai dokumen legal yang membuktikan bahwa kamu seorang karyawan. Dokumen ini banyak diperlukan, misalnya untuk pengajuan visa, meminjam di bank, mengajukan kredit, dan lainnya. Payroll juga memberikan data mengenai pajak yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Selain itu, dengan adanya informasi terkait potongan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, maka kamu memiliki akses untuk program pemerintah seperti tunjangan hari tua atau BLT di masa pandemi ini. Jika kamu mendapatkan tawaran pekerjaan lain atau kenaikan jabatan, payroll bisa menjadi pembanding dalam melakukan negosiasi untuk kenaikan gaji.

Baca juga: 7 Tips sebelum nego gaji yang harus kamu perhatikan

Manfaat slip gaji


Slip gaji menjadi persyaratan administrasi wajib untuk pengajuan kredit kepemilikan rumah - Unsplash

Selain sebagai bukti resmi penerimaan gaji yang diberikan oleh perusahaan, slip gaji memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu sebagai berikut seperti dikutip dari greatdayhr.com.

1. Mengetahui rincian gaji

Dalam slip gaji terdapat rincian pemasukan serta beragam potongan yang dibebankan pada karyawan. Rincian berupa gaji pokok, tunjangan, bonus, serta potongan pajak adalah komponen penting yang perlu diketahui oleh karyawan. Dengan menerima slip gaji setiap bulan atau minggunya, karyawan dapat menghitung kembali jumlah uang yang diterima dengan lebih teliti dan mengurangi risiko kesalahan penghitungan gaji. Karyawan pun dapat memahami mengapa pemasukan yang diterima setiap bulan dapat berbeda. Terlebih saat perusahaan memberikan bonus maupun tunjangan pada waktu-waktu tertentu.

2. Memiliki kartu kredit

Slip gaji menjadi salah satu syarat yang wajib dilampirkan saat membuat kartu kredit. Dengan melampirkan slip gaji, bank akan mengetahui seberapa besar limit yang bisa didapatkan oleh nasabah berdasarkan pendapatan per bulan. Slip gaji yang diserahkan akan digunakan untuk memeriksa kesehatan keuangan nasabah dan menjadi pertimbangan dalam permohonan kartu kredit.
Dalam banyak kasus, kehadiran slip gaji dapat mempermudah pengajuan tersebut karena kamu punya bukti autentik yang menyatakan bahwa kamu memiliki penghasilan tetap. Namun, satu hal yang harus diingat, tetap bijak dalam menggunakan kartu kredit, ya!

3. Mengajukan KPR

Selain memilih metode pembayaran tunai, banyak orang menggunakan metode KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah untuk membeli properti. Program ini tersedia di berbagai bank dengan berbagai pilihan cicilan dan bunga. Agar pengajuan KPR disetujui oleh bank, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah melampirkan slip gaji. Dokumen ini diperlukan sebagai jaminan oleh bank dan menjadi penentu besaran cicilan serta bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

4. Mengajukan KTA

Berbekal slip gaji, kamu juga dapat mengajukan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Produk pinjaman tanpa jaminan seperti ini akan sangat membantu ketika nasabah memiliki keperluan mendadak. Proses pencairannya pun tergolong singkat sekitar 3 hari.
Meskipun setiap bank memiliki syarat pengajuannya masing-masing, sebagian besar hanya perlu melampirkan formulir, fotokopi KTP dan kartu keluarga, serta slip gaji untuk membantu proses verifikasi riwayat finansial nasabah yang bersangkutan.

5. Referensi saat melamar kerja

Selain digunakan untuk mengajukan kredit, slip gaji juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan perusahaan dalam hal penentuan gaji pokok serta tunjangan yang selayaknya diberikan kepada karyawan. Beberapa perusahaan bahkan mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat melamar kerja dengan tujuan agar mempermudah proses negosiasi gaji dengan HRD.

Baca juga: Take home pay: Komponen, cara menghitung, dan 3 contohnya

Regulasi mengenai slip gaji


Regulasi mengenai slip gaji sudah diatur dalam PP Nomor 78 Tahun 2015 - Freepik

Dikutip dari hukumonline.com, dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tidak ada ketentuan yang mewajibkan perusahaan memberikan slip gaji kepada karyawannya. Namun, berbeda dengan UU Ketenagakerjaan, PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan mengatur secara jelas bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja pada saat upah dibayarkan.

Sebagai bukti bahwa perusahaan telah membayarkan gaji kepada karyawannya, perusahaan seringkali memberikan slip gaji. Slip gaji ini dibuat untuk memberikan bukti secara tertulis jika suatu saat nanti timbul persepsi yang berbeda dalam hal karyawan yang merasa gajinya belum dibayarkan. Bukti tertulis ini dianggap kuat untuk menjelaskan bahwa hak karyawan atas upah itu telah dibayarkan oleh pengusaha.

Cara membuat slip gaji

menghitung slip gaji - EKRUT
Jangan sampai ada komponen terlewat saat pembuatan slip gaji - EKRUT

Pembuatan slip gaji dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Beberapa perusahaan menggunakan Microsoft Word, walaupun umumnya menggunakan Excel. Terdapat pula template slip gaji secara online yang dapat mempermudah dalam proses pembuatannya. Slip gaji dapat dibuat lebih sederhana apabila perusahaan tergolong kecil dan lebih kompleks untuk perusahaan yang lebih besar. Tentunya komponen slip gaji seperti gros, net, dan potongan tetap harus ada.

Format slip gaji


Slip gaji tidak hanya berisi nominal upah - Pexels

Bukan hanya jumlah upah, slip gaji memiliki beberapa komponen data pendukung yang juga turut dicantumkan. Pada bagian atas slip gaji, dicantumkan logo dan nama perusahaan. Juga identitas karyawan, yang berisikan nama, NIK, jabatan, beserta departemennya. Tidak lupa juga periode slip gaji yang akan diterbitkan. Selanjutnya barulah komponen utama, yaitu nominal gaji pokok, tunjangan, insentif, bonus, dan penghasilan lainnya.

Setelah data penghasilan, maka ada pula potongan seperti PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, pinjaman, dan koperasi. Pada bagian bawah, terdapat jumlah potongan dan upah yang akan diterima. Dokumen tersebut juga akan ditandatangani oleh perwakilan perusahaan yang bertanggung jawab atas diterbitkannya slip gaji.

3 Contoh slip gaji


Jangan sampai ada komponen terlewat saat pembuatan slip gaji - Pexels

Terdapat berbagai macam contoh slip gaji yang dapat dijadikan referensi, baik yang sederhana maupun yang lebih kompleks.

Contoh slip gaji karyawan


Komponen slip gaji karyawan tergantung pada kebijakan perusahaan - EKRUT

Contoh slip gaji karyawan yang biasa diberikan perusahaan setiap bulannya. Umumnya slip gaji dikirim melalui email ke seluruh karyawan supaya lebih efektif.

Baca juga: Catat, ini 5 tips ampuh agar kamu naik gaji!

Contoh slip gaji sederhana


Walau sederhana, slip gaji ini tetap berisi data lengkap - EKRUT

Slip gaji sederhana biasanya digunakan untuk perusahaan lebih kecil, dimana tidak banyak komponen informasi yang dicantumkan.

Contoh slip gaji excel


Perusahaan umumnya menggunakan Excel untuk membuat format slip gaji - EKRUT

Sebagian besar perusahaan menggunakan excel dalam pembuatan slip gaji. Setiap komponen harus diperhatikan pada saat pembuatan agar tidak ada yang terlewat. Pembuatan slip gaji dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Setelah membuatnya dengan Word, Excel, atau template online kamu bisa memiliki format gaji sendiri. Mengingat pentingnya slip gaji bagi karyawan, pembuatannya pun harus berhati-hati jangan sampai ada komponen informasi yang terlewat. Semoga berhasil, ya!

Sumber:

  • cleartax
  • docspile.com
  • sesametime
  • online-pajak.com 
  • greatdayhr.com
  • hukumonline.com 

 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja beserta Cara Membuatnya

    Anisa Sekarningrum

    07 July 2022
    7 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read
    6_Contoh_Surat_Rekomendasi_yang_Profesional_untuk_Berbagai_Keperluan.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Rekomendasi yang Profesional untuk Berbagai Keperluan

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    29 June 2022
    7 min read

    Video