Media

Pekerja IT peroleh kenaikan gaji tertinggi
By Widyanto Gunadi - 22 June 2018
195 Views

Pindah kerja sepertinya menjadi pilihan banyak orang, ketika tidak lagi betah di kantor saat ini, sekaligus mendapatkan gaji lebih tinggi. Nah, di tahun 2018, pindah kerja mungkin bisa menjadi langkah tepat untuk karir Anda. Sebab, kantor konsultan sumber daya manusia (SDM) asal London, Robert Walters Plc. mengungkapkan, ada tren kenaikan gaji 20 persen hingga 35 persen tahun ini, untuk karyawan yang pindah kerja.

 

Kenaikan gaji sektor IT yang tertinggi

Direktur Robert Walters Indonesia, Rob Bryson melakukan survei terhadap 2.000 pekerja. Komposisi perusahaan klien yang disurvei adalah 60 persen perusahaan multinasional atau multinational company (MNC) dan 40 persen perusahaan lokal Indonesia. 

Sektor pertama yang masuk survei gaji 2018 adalah finansial dan akuntansi. Di sektor ini, para karyawan yang memilih pindah kerja, mampu memperoleh kenaikan gaji hingga 30 persen. Selanjutnya, sektor SDM juga masuk survei. Bagi para karyawan di sektor SDM, kepindahan mereka dalam bekerja, berdampak pada kenaikan gaji sebesar 12 persen. 

 

 

Sektor ketiga yang disurvei adalah profesi di bidang hukum. Dalam survei gaji, para karyawan di bidang hukum yang pindah kerja, mendapat kenaikan upah hingga 30 persen. Sektor kedua tertinggi dalam survei ini adalah sales dan marketing. Para pekerja di bidang sales dan marketing yang memutuskan pindah kerja, memperoleh kenaikan upah hingga 35 persen. Sementara itu, kenaikan gaji tertinggi dipegang oleh sektor IT. Berdasarkan survei gaji 2018 ini, karyawan IT yang pindah kerja mendapat kenaikan gaji hingga 40 persen! 

 

Indonesia tertinggi kedua di ASEAN 

Accounting and finance manager Robert Walters, Karina Saridewi menjelaskan, angka rata-rata kenaikan gaji di Indonesia termasuk yang kedua tertinggi di ASEAN. Dengan angka kenaikan rata-rata hingga 35 persen, Indonesia menyamai posisi Malaysia. Vietnam berada di posisi pertama untuk persentase pertumbuhan gaji tertinggi per tahun.

 

 

Berdasarkan survei yang dilakukan Robert Walters ini, karyawan di Indonesia yang mendapatkan pekerjaan baru, menerima kenaikan gaji sepuluh hingga 30 persen. Tren ini diperkirakan terus berlangsung pada 2018. Lapangan pekerjaan di sektor teknologi finansial atau financial technology (fintech) diprediksi akan tumbuh pesat. Apakah Anda tertarik untuk mencari peluang kerja di sektor fintech? Anda bisa bergabung dengan talent marketplace di EKRUT. Profil Anda berpotensi dilirik banyak perusahaan, termasuk startup fintech yang menawarkan banyak posisi pekerjaan menarik!

 

Kenaikan 10% untuk karyawan bertahan

Angka kenaikan gaji setinggi 35 persen bagi karyawan yang memilih pindah kerja, memang tampak menggiurkan. Namun, bagi Anda yang masih bertahan di tempat kerja sekarang, tak perlu khawatir. Anda yang bertahan kerja di satu perusahaan, tetap mendapat kenaikan gaji sebesar sepuluh persen. 

Semoga Anda jadi lebih termotivasi untuk meningkatkan performa kerja ya. Atau malah, mencari pekerjaan yang lebih baik untuk masa depan Anda.

 

Rekomendasi bacaan:
Liburan telah usai, saatnya bekerja lagi
Jangan pernah taruh password di Trello!
Trik jitu agar cepat dipanggil interview kerja

 

Sumber:
cnbcindonesia.com
kontan.co.id
robertwalters.co.id 

Tags:

  • EKRUT
  • IT
  • startup
  • pindah kerja
  • kerja
  • gaji
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang