Published on

Careers

25 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Detty Risetya

cover.jpg

Siapa yang tak ingin bekerja dengan gaji tinggi? Hampir semua orang pasti setuju dan bersedia kalau pekerjaannya dibayar dengan upah yang tinggi. Meskipun profesinya sama, terkadang setiap negara memberikan besaran gaji yang berbeda. Di Indonesia sendiri, ada beberapa profesi atau pekerjaan dengan gaji yang lumayan menggiurkan. Ingin tahu apa saja pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia? Simak daftarnya di sini!

Baca juga: Fenomena Pekerja SCBD: Kerja di Kawasan Elite dengan Gaji Selangit?

1. Kepala keuangan (Rp120 juta)


Kepala keuangan mendapatkan gaji kisaran Rp120 juta per bulan. (sumber: pexels)

Kali ini yang mengawali daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia adalah kepala keuangan. Mengingat risiko dan tanggung jawab yang cukup tinggi, kepala keuangan bisa meraup gaji bersih sampai Rp120 juta per bulan. Tugasnya meliputi pengawasan, manajemen risiko, hingga memastikan keuangan perusahaan tetap lancar.

2. Insinyur perangkat lunak senior (Rp80 juta)


Insinyur perangkat lunak senior mendapatkan gaji kisaran Rp80 juta per bulan. (sumber: pexels)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia selanjutnya adalah senior software engineer dengan bayaran fantastis, yaitu Rp20 juta–Rp80 juta per bulan. Bidang teknologi memang membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Maka tak heran, gaji yang ditawarkan juga tak main-main.

3. Insinyur keamanan cyber (Rp2 miliar)


Insinyur keamanan cyber mendapatkan gaji Rp10 juta sampai Rp2 miliar per bulan. (sumber: pexels)

Tak kalah dengan pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia lainnya, seorang cyber security engineer mampu meraih gaji bulanan rata-rata mulai Rp10 juta–Rp2 miliar. Selain menjaga keamanan sistem, cyber security engineer juga harus bisa menemukan celah keamanan dan bagaimana cara mengatasinya.

4. Dokter spesialis dan bedah (Rp50 juta)


Dokter spesialis dan bedah mendapatkan gaji Rp50 juta per bulan. (sumber: pexels)

Di Indonesia, gaji dokter spesialis dan bedah termasuk kategori sangat tinggi. Rata-rata bisa mencapai Rp25 juta–Rp50 juta per bulan. Maklum saja, selain berisiko mengancam nyawa, pekerjaan spesialis dokter bedah juga membutuhkan pengalaman dan keahlian bertahun-tahun.

5. Direktur teknik (Rp130 juta)


Direktur teknik mendapatkan gaji Rp130 juta per bulan. (sumber: pexels)

Tugas seorang engineering director adalah memimpin para teknisi agar tiap proyek berjalan lancar. Selain membutuhkan skill leadership, tentunya direktur teknik juga mahir di bidang industri. Oleh sebab itu, tak salah jika masuk sebagai pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia yang bayarannya bisa mencapai Rp130 juta per bulan.

6. Ahli pertambangan dan perminyakan (Rp15 juta)


Menjalankan profesi ahli pertambahan dan perminyakan per bulan bisa digaji Rp15 juta. (sumber: pexels)

Indonesia rupanya tak kalah dengan negara lain bila membahas sumber daya manusia dan sumber daya alam. Buktinya, ahli pertambahan dan perminyakan dibayar hingga Rp15 juta per bulan.

Baca juga: 18 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

7. C-suite (Rp250 juta)


Level c-suite mendapatkan gaji Rp250 juta per bulan. (sumber: pexels)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya adalah c-suite atau level teratas pemimpin perusahaan. Seorang direktur atau CEO di Indonesia mendapatkan bayaran sampai Rp250 juta per bulan. Bahkan, gajinya akan makin besar bila memimpin perusahaan multinasional.

8. Direktur pemasaran (Rp150 juta)


Direktur pemasaran mendapatkan gaji Rp150 juta per bulan. (sumber: pexels)

Seorang direktur pemasaran memiliki peranan vital untuk menyusun strategi promosi dan meningkatkan kesadaran merek di pasar. Karena itu, gajinya bisa mencapai Rp100 juta–Rp150 juta per bulan dengan pengalaman di atas 5 tahun.

9. Direktur rantai pasokan (Rp103 juta)


Direktur rantai pasokan mendapatkan gaji Rp103 juta per bulan. (sumber: pexels)

Biasanya, industri logistik atau distribusi membutuhkan pengelolaan dan otomasi agar berjalan efektif. Di sinilah peran direktur rantai pasokan agar bisa mendorong penghasilan usaha sekaligus memastikan jadwal rantai pasokan yang lancar. Seorang direktur rantai pasokan dapat diupah hingga Rp103 juta per bulan.

10. Legal chief officer (Rp90 juta)


Legal chief officer bertugas membantu perusahaan di bidang hukum. (sumber: pexels)

Biasanya, kepala hukum atau legal chief officer dipekerjakan oleh perusahaan sebagai penasihat hukum yang memberikan saran-saran tambahan didukung oleh pengacara. Kepala hukum membantu bisnis atau perusahaan di bidang hukum agar operasionalnya makin optimal.

11. Direktur manajemen proyek (Rp140 juta)


Direktur manajemen proyek memastikan proyek konstruksi berjalan lancar. (sumber: pexels)

Sebagai seorang direktur, sudah pasti gajimu akan tinggi, terlebih ketika kamu harus mengelola suatu proyek konstruksi atau proyek sipil yang rumit. Tentunya bayaranmu juga sebanding dengan tanggung jawab yang besar. Per bulan gaji direktur manajemen proyek adalah sekitar Rp140 juta.

12. Kepala pengadaan (Rp100 juta)


Kepala pengadaan bekerja sama dengan tim logistik. (sumber: pexels)

Bersama tim logistik, kepala pengadaan bertugas memastikan aktivitas pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan berjalan lancar. Oleh karena itu, tanggung jawabnya dibayar hingga Rp100 juta per bulan. Dalam aktivitas kesehariannya, kepala pengadaan akan mengawasi transaksi pembelian barang atau pengadaan jasa, serta memenuhi semua persyaratannya.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari pada Tahun 2022

13. Digital marketing strategist (Rp100 juta)


Digital marketing strategist membuat iklan yang efektif dan efisien. (sumber: pexels)

Jabatan digital marketing strategist harus dipegang oleh orang yang mumpuni dan profesional. Hal ini penting agar anggaran iklan lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, posisi yang sering berkaitan dengan media sosial ini diupah hingga Rp100 juta per bulan.

14. Manajer konten (Rp30 juta)


Mengelola pembuatan konten informatif dan menarik adalah tugas manajer konten. (sumber: pexels)

Semua orang mungkin bisa membuat konten. Akan tetapi, hanya manajer konten berpengalaman yang bisa membuat konten viral dan meningkatkan keterlibatan audiens. Saat ini, manajer konten termasuk pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dengan besaran upah hingga Rp30 juta per bulan.

15. Full-stack developer (Rp200 juta)


Full-stack developer membangun website atau aplikasi secara menyeluruh. (sumber: pexels)

Full-stack developer adalah pengembang website secara menyeluruh, meliputi tampilan depan, halaman admin, hingga pembuatan database. Jika pengalamannya masih di bawah 1 tahun, kisaran gajinya sekitar Rp8–Rp15 juta per bulan. Namun, bagi full-stack developer senior dengan kinerja lebih dari 10 tahun, upahnya cukup fantastis, yaitu hingga Rp200 juta per bulan.

16. Kepala manajer personalia (Rp100 juta)


Kepala manajer personalia senior mendapatkan gaji Rp100 juta per bulan. (sumber: pexels)

Selanjutnya, pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia adalah seorang kepala manajer personalia. Dengan bayaran mencapai Rp100 juta per bulan, ia harus dapat merekrut talenta terbaik dan mengelola ratusan hingga ribuan karyawan dengan dinamikanya masing-masing. Namun, kisaran gaji fantastis ini menuntut pengalaman kerja di atas 10 tahun.

17. Country sales manager (Rp175 juta)


Country sales manager mengembangkan ekspansi bisnis di negara lain. (sumber: pexels)

Berbeda dengan sales biasa, country sales manager adalah seseorang yang ahli mengembangkan pasar bisnis di negara target. Berkaitan dengan ekspansi pasar antarnegara, tentunya ia harus pandai berbahasa asing, minimal bahasa Inggris. Selain itu, ia juga harus pandai memimpin tim penjualan sesuai tujuan perusahaan. Tak heran jika country sales manager digaji hingga Rp175 juta.

18. Direktur risiko (Rp150 juta)


Direktur risiko membantu perusahaan meminimalisir risiko yang ada. (sumber: pexels)

Tiap bisnis pasti memiliki risiko, namun dengan didukung direktur risiko yang andal maka perusahaan bisa meminimalisasi risiko yang muncul. Direktur risiko memiliki gaji mencapai Rp150 juta per bulan.

Baca juga: 12 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari

19. Sekretaris direktur (Rp80 juta)


Sekretaris direktur membantu atasannya mengelola jadwal kerja. (sumber: pexels)

Daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berlanjut ke posisi sekretaris direktur. Umumnya, dijabat oleh seorang wanita karena dianggap lebih teliti dan sabar mengelola jadwal atasannya. Per bulan gajinya dapat mencapai Rp80 juta.

20. Ahli konstruksi (Rp15 juta)


Ahli konstruksi dan timnya membangun struktur bangunan. (sumber: pexels)

Hampir dalam tiap bidang, ahli konstruksi dibutuhkan agar struktur bangunan tetap kokoh dan mampu dibangun sesuai desain. Profesi ini memiliki risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Oleh karena itu, gajinya mencapai Rp15 juta per bulan dengan pengalaman kerja di atas 5 tahun.

21. Pilot (Rp40 juta)


Profesi pilot digaji hingga Rp40 juta per bulan. (sumber: pexels)

Siapa yang sewaktu kecil bercita-cita jadi pilot? Bukan rahasia lagi, profesi pilot memang termasuk pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Selain risiko dan tanggung jawab pekerjaan yang besar, pilot juga membutuhkan keahlian khusus. Perusahaan maskapai dapat menggaji pilotnya hingga Rp40 juta per bulan.

22. Ahli IT/information technology (Rp15 juta)


Ahli IT memastikan jaringan dan perangkat IT berfungsi maksimal. (sumber: pexels)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia lainnya yang tak kalah bergengsi adalah ahli IT (information technology). Di era digital saat ini, pekerjaan ahli IT sangat dibutuhkan, bahkan hampir semua perusahaan saat ini perlu perangkat IT. Untuk membangun dan mengelola infrastruktur IT, ahli IT diupah sebesar Rp15 juta per bulan.

23. Vice president data science (Rp150 juta)


Vice President Data Science memimpin tim analis data untuk mengolah informasi. (sumber: pexels)

Biasanya, vice president data science mewakili atasan kepala untuk memimpin tim menganalisis serta mengolah data dan informasi tertentu. Data yang dianalisis akan dilaporkan sebagai bahan strategi meningkatkan omset bisnis dan pengambilan keputusan penting lainnya. Tiap bulan, seorang vice president data science memperoleh gaji Rp150 juta per bulan.

24. Direktur operasi (Rp140 juta)


Direktur operasi bekerja di industri manufaktur. (sumber: pexels)

Direktur operasi biasanya bekerja di bidang industri manufaktur. Tap hari direktur operasi memberikan pengawasan, arahan, hingga memikirkan agar perusahaannya dapat  beroperasi dengan baik. Atas tanggung jawab ini, direktur operasi dibayar kisaran Rp140 juta per bulan.

25. Vice president of government relations (Rp170 juta)


Vice president of government relations bernegosiasi dengan mitra bisnis dari pemerintahan. (sumber: pexels)

Umumnya, orang yang menjabat sebagai vice president of government relations adalah kalangan profesional bisnis sekaligus pengacara. Pasalnya, jabatan ini membutuhkan keahlian komunikasi yang andal dan pengetahuan industri serta hukum agar mampu bernegosiasi dengan relasi pemerintahan. Seperti yang diketahui, profesi yang digaji sampai Rp170 juta per bulan ini pantas masuk daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Baca juga: 8 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari di Startup

Selain profesi-profesi di atas, sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia lainnya. Siapa tahu, kamu juga bisa menjadi tenaga profesional bergaji fantastis selanjutnya! Tunggu apa lagi? Sign up EKRUT sekarang dan raih pekerjaan impian sesuai minatmu!

Sumber:

  • suara.com
  • katadata.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video