Media

5 Fakta tentang pensiun dini dan contoh surat pengajuannya
By Tsalis Annisa - 15 April 2019
5 min read 46 Views

Bagi beberapa orang, keinginan pensiun dini menjadi tujuan utama mengapa mereka bekerja keras di masa muda. Jika kamu salah satunya, cobalah untuk mempertimbangkan matang-matang sebelum kamu mengambil keputusan.

Pasalnya, dalam mewujudkan keinginan pensiun dini tidak bisa sembarangan dan perlu kehati-hatian serta kedisiplinan dalam menyiapkannya. Nah, oleh karena itu kamu perlu mengetahui 5 fakta pesiun dini dan bagaimana contoh surat pengajuannya terlebih dahulu di sini.

5 Hal tentang pensiun dini yang perlu kamu tahu

Banyak hal mengenai pensiun dini yang mungkin tidak diketahui oleh orang-orang sampai mereka mengalaminya. Di bawah ini beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui tentang apa yang terjadi saat pensiun dini.

1. Akan datang banyak kritikan

Mengambil pilihan untuk pensiun dini pasti akan menimbulkan banyak kritikan yang datang padamu. Sebab, keputusan ini seringkali disalahpahami dan tidak dapat dimengerti oleh sebagian besar orang.

Bahkan mungkin usiamu bagi kebanyakan orang dianggap sebagai usia produktif yang seharusnya masih melanjutkan pekerjaan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi hal satu ini.

Jangan mudah terpengaruh dengan pandangan dan opini orang-orang. Jika menurutmu pensiun dini adalah keputusan terbaik, maka berpeganglah pada prinsip tersebut.

2. Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk pensiun dini

Poin ini memiliki maksud bahwa tidak ada waktu pasti yang mengatakan pada usia berapa pensiun dini baik diajukan. Semuanya tergantung keinginan dan persiapanmu sebelumnya.

Namun sesungguhnya, jika kamu menyiapkan pensiun dini dengan mengumpulkan harta sebanyak mungkin, hal tersebut mungkin akan menyebabkan kamu merasa tidak pernah siap untuk pensiun dini.

Baca juga: 6 Tips sukses merancang rencana karir untuk masa depanmu

3. Pikirkan kembali keinginanmu untuk pensiun di waktu muda

Kamu perlu memikirkan matang-matang keinginan dan rencanamu setelah melakukan pensiun dini. Memang, bersantai di rumah atau tempat berlibur setiap hari terdengar sangat menyenangkan. Sayangnya, apakah kamu yakin hal tersebut akan bertahan dan tidak berubah menjadi membosankan?

Sebaiknya, pikirkan baik-baik apa saja yang dapat kamu lakukan setelah pensiun. Jika rencanamu hanya sebatas bermalas-malasan menikmati masa pensiun, sebaiknya pikirkan lagi agar kebosanan tidak melanda ketika masa pensiun. Kegiatan-kegiatan seperti menjadi mentor, guru, atau enterpreneur mungkin dapat membantumu melewati kebosanan masa pensiun.

4. Sebelum memutuskan pensiun dini, mulailah berinvestasi besar-besaran

Jika tujuanmu adalah ingin pensiun di usia muda, maka kamu perlu melakukan investasi sedini mungkin. Memang, usia kepala 3 atau 4 memungkinkanmu memiliki pendapatan lebih tinggi untuk berinvestasi. Namun, jika menunggu pada usia tersebut, kamu sudah terlambat.

Saran terbaik untuk pensiun dini adalah berinvestasi besar-besaran bahkan sejak usia 20-an. Jangka waktu yang kamu miliki akan lebih panjang dan dapat meningkatkan bonus yang lebih besar dengan prosesnya yang panjang.

Meskipun sebenarnya setelah pensiun, bukan berarti pendapatanmu akan tertutup sepenuhnya. Pasti akan masih ada pendapatan uang yang masuk ke dalam pundi-pundi kantongmu meski kamu telah pensiun. Bisa jadi dari usaha yang kamu jalankan selepas pensiun.

Namun, untuk lebih amannya, menyiapkan investasi dan tabungan sebelum mengambil risiko pensiun dini dan memulai usaha sendiri dapat menjadi langkah terbaik.

5. Kesempatan pensiun dini bukan untuk semua orang

Jika kamu tidak merencanakan keuangan jangka panjang dan menyiapkan mental dengan baik, pasti akan muncul penyesalan dari melakukan pensiun lebih cepat. Jika kamu tidak menyiapkannya dengan baik, kamu mungkin akan kehilangan banyak hal.

Mulai dari pendapatan, masalah kesehatan, hingga penurunan kondisi mental. Bahkan, tidak jarang juga muncul masalah yang agak menguras emosi seperti kehilangan minat interaksi sosial, kebosanan, hilang jati diri, dan yang paling parah kehilangan tujuan hidup.

Baca juga: Ini 4 tips investasi emas yang cocok untuk karyawan

pensiun dini - EKRUT
Sebutkan pencapaianmu selama kerja di surat pengajuan pensiun dini milikmu - EKRUT

Contoh surat pengajuan pensiun dini

Jika sudah membaca kelima hal mengenai pensiun dini yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya dan tetap membuatmu tak gentar. Maka, berikut adalah tips dan contoh dalam membuat surat pengajuan pensiun dini yang baik.

Ketika kamu telah membicarakan keinginan untuk pensiun dini dengan bosmu, surat yang akan kamu ajukan ini akan bersifat pemberitahuan formal. Surat ini dapat kamu buat secara tertulis ataupun melalui email. Namun, pastikan tatabahasanya sudah benar, tidak ada salah ketik, dan sudah sempurna.

Lalu, untuk isinya kamu dapat membaca urutannya di bawah ini:

  • Berikan tanggal. Pada awal surat, tulis dengan spesifik dan jelas tanggal berapa kamu akan melakukan pensiun. Hal ini akan membantu rekan kerjamu untuk menyesuaikan kebutuhan pekerjaan mereka secepatnya.
  • Sebutkan pencapaian selama bekerja. Kamu dapat kembali meninjau apa saja nilai-nilai yang berhasil kamu berikan untuk perusahaan selama tahun bekerja. Atau, setidaknya kamu bisa menyebutkan lama kamu bekerja di perusahaan tersebut untuk mengingatkan atasan kontribusi yang telah kamu berikan.
  • Utarakan terima kasih. Surat pengajuan pensiun merupakan media yang tepat untuk mengucapkan rasa terima kasih untuk atasan dan rekan kerjamu. Namun, jangan sebutkan hal-hal tidak menyenangkan yang kamu rasakan selama bekerja untuk menjaga profesionalitasmu.
  • Tawarkan kemungkinan bekerja sama di masa depan. Tidak menutup kemungkinan jika di masa depan kamu mungkin ditawari untuk menjadi freelancer atau pekerja paruh waktu di perusahaan yang akan kamu tinggalkan.
  • Masukkan informasi kontak. Hal ini penting untuk membiarkan atasan dan rekan kerja tahu informasi kontakmu. Tentunya, dengan pensiun, tidak berarti kamu melepas koneksi yang kamu punya, kan?

Bagaimana? Sekarang sudah tahu, kan, isi surat pengajuan pensiun dini yang tepat? Kalau begitu, apa kamu sudah yakin siap untuk mengirimkannya?

Ingat, jangan gegabah dalam mengambil keputusan pensiun dini, ya. Sebelum mengirim surat pengajuan itu, coba pikirkan kembali tentang 5 hal yang disebutkan di atas.

Kalau sudah yakin, selamat menikmati masa pensiun dini, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: pensiun dini, karier, rencana karier, resign

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang