Published on

jobs

Business Development Manager: Ruang lingkup, Peran dan Tugas

Nur Lella Junaedi

peran-dan-tugas-business-development-manager-EKRUT.jpg

Sama seperti namanya, fungsi utama dari Business Development Manager adalah untuk membantu perusahaan mengembangkan bisnis dengan meningkatkan posisi perusahaan di pasar. Karena fungsinya tersebut, banyak startup yang mencari peran seorang Business Development Manager demi menunjang perkembangan bisnis perusahaannya.

Nah, bila kamu ingin mempertimbangkan karier di posisi tersebut, ada baiknya kamu simak ulasan terkait peran dan tugas Business Development Manager langsung dari Hilmawan Kusumajaya selaku Business Development Manager dari Bibit.id berikut ini. 

Ruang lingkup Business Development Bibit.id 

 peran dan tugas Business Development Manager EKRUT 
Ruang lingkup kerja Business Development Manager banyak berhubungan dengan tim produk, marketing dan c-level - ERUT

Saat bekerja sehari-hari sebagai Business Development Manager, Hilmawan mengaku bahwa pekerjaannya banyak terlibat dengan jajaran tim produk, marketing, serta jajaran C- Level management. Posisi C-level adalah mereka yang memegang kendali dalam pengambilan keputusan perusahaan. 

Biasanya C-level terdiri dari jabatan Chief Executive Officer (CEO), Chief Operating Officer (COO), Chief Technology Officer (CTO) dan lain-lain.

Jajaran C-level inilah yang menurut Hilmawan akan banyak memberikan arahan dan masukan terhadap apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Arahan dan masukan tersebut yang kemudian harus ia kolaborasikan bersama dengan tim produk dan marketing.

Baca juga: 5 Cara membuat marketing plan untuk startup yang efektif

Peran dan tugas Business Development Manager di Bibit.id

peran dan tugas Business Development Manager EKRUT T
ugas penting dari Business Development Manager adalah membangun relasi dengan channel atau partner baru - EKRUT

Pada umumnya peran dan tugas seorang Business Development adalah memastikan bagaimana perusahaan dapat berkembang secara terus menerus baik dari segi bisnis, produk, relasi,konsumen hingga kerja sama. Peran dan tugas Hilmawan di Bibit.id pun tidak jauh dari hal-hal tersebut. 

Sebagai seorang Business Development Manager di perusahaan yang berfokus pada investasi Reksa Dana, peran dan tugas Hilmawan sehari-hari meliputi beberapa hal seperti:

  • Turut membantu dalam mengembangkan aplikasi dan fitur Bibit.id  bersama dengan tim produk, developer dan UI
  • Menjalin kerja sama dengan Manajer Investasi dan mitra  potensial lainnya
  • Menjalin kerja sama dengan Bank Kustodian (Perbankan yang berfungsi untuk mengamankan aset perusahaan atau perorangan), OJK dan regulasi terkait yang berhubungan langsung dengan bisnis investasi
  • Membuat analisis data yang bersifat informatif untuk perkembangan bisnis perusahaan bersama dengan tim data
  • Mengembangkan, melaksanakan dan memonitor kampanye pemasaran baik online dan offline bersama dengan tim marketing
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan partner dan calon partner terkait rencana bisnis ke depan
  • Mengembangkan, melaksanakan dan memonitor proses Know Your Customer (KYC) bersama tim compliance
  • Bekerja dengan C-level untuk mengembangkan layanan lainnya bagi pengguna Bibit.id

3 Hambatan yang dialami sebagai Business Development Manager di Bibit.id

peran dan tugas Business Development Manager EKRUT
 
Komunikasi menjadi salah satu hambatan sebagai Business Development Manager - EKRUT

Sebelum menjalani peran sebagai Business Development Manager di Bibit.id, lulusan UGM ini juga pernah bekerja di posisi yang sama selama kurang lebih 2 tahun di Stockbit yang kini merupakan perusahaan induk dari Bibit.id. Meski sudah memiliki pengalaman, ia mengakui bahwa terkadang masih menemui hambatan dalam melakukan peran dan tanggung jawabnya sebagai Business Development Manager.

Salah satu hambatan yang kerap ia temui tidak jauh bersumber dari kurangnya komunikasi, baik dengan tim ataupun partner. Untuk mengatasi hambatan tersebut, Hilmawan  selalu berusaha untuk menjalin komunikasi yang lancar dengan rekan kerja dan partner.

Skill yang dibutuhkan oleh Business Development Manager 

peran dan tugas Business Development Manager EKRUT 
Mampu melakukan riset produk jadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk posisi Business Development Manager - EKRUT

Melihat peran dan tugas Business Development Manager Bibit.id di atas, bisa disimpulkan bahwa pada umumnya latar belakang yang dibutuhkan untuk mencapai posisi ini berasal dari pengalaman sebagai marketing, sales, produk, account manager dan sebagainya.

Meski begitu, bila kamu memiliki kemampuan yang bagus dalam hal  time management, communication skill, critical thinking, hingga riset produk, kamu mungkin bisa melamar untuk posisi tersebut. Melalui pengalaman yang kamu miliki nanti, kamu pun dapat mengembangkan karier sebagai Head of Business Development dengan pengalaman 3 hingga 5 tahun.

Kualifikasi Business Development Manager

peran dan tugas business development manager EKRUT 
Kebanyakan seorang Business Development Manager berasal dari pendidikan ekonomi, bisnis dan pemasaran - EKRUT

Adapun persyaratan yang dibutuhkan oleh seseorang sebelum mengemban peran dan tugas Business Development Manager yaitu: 

  • Umumnya latar belakang dari profesi ini berasal dari pendidikan bisnis, ekonomi, keuangan dan marketing.
  • Memiliki pengalaman banyak yang berhubungan dengan kegiatan penjualan dan pemasaran atau bidang terkait lainnya.
  • Memiliki skills yang menunjang untuk menjadi Business Development Manager sebagaimana telah diuraikan diatas.

Baca juga: 5 Pertanyaan interview kerja Business Development Manager

Jenjang karier Business Development Manager 

Jenjang karier Business Development Manager  - EKRUT
 Level senior dari posisi Business Development Manager yakni menjadi VP Business Development atau Direktur Business Development - EKRUT

Perjalanan karier untuk menjadi Business Development Manager memang tidak mudah diraih. Untuk sampai ke titik ini kamu bisa memulai karier sebagai Customer Service, Sales atau Marketing. Baru setelah memiliki pengalaman yang banyak, kamu bisa menjadi Business Development Representative. Dari Business Development Representative baru kemudian jenjang karier selanjutnya adalah Business Development Manager. 

Untuk di level seniornya sendiri ada beberapa jabatan yang bisa kamu peroleh di antaranya yakni menjadi Vice President Business Development atau menjadi Direktur Business Development. Dengan mengetahui beberapa kualifikasi di atas, sekarang kamu sudah tahu gambaran jelas terkait peran dan tugas Business Development Manager, kan? 

Proyeksi karier Business Development Manager 2021

Proyeksi karier Business Development Manager 2021
Proyeksi karier Business Development adalah kemampuan inovasi dan adaptasi (Foto: EKRUT)

Dikutip dari Forbes, saat ini, banyak bisnis mencari cara untuk pulih dari kerugian finansial yang diderita pada tahun lalu dan berhasil bertransisi ke "The Next Normal" - istilah yang mengacu pada era pasca-pandemi yang muncul yang diciptakan oleh McKinsey. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan: Bagaimana organisasi dapat menyusun strategi untuk pertumbuhan dan mempersiapkan tim Business Development mereka untuk lebih memahami dan menyelaraskan dengan tujuan mereka. 

Oleh karena itu proyeksi karier tahun 2021 bagi Manajer Business Development adalah masih menjadi poin krusial untuk mempertahankan perusahaan. Kandidat yang banyak dicari adalah kandidat dengan kemampuan inovasi dan adaptasi di masa new normal. 

Posisi Business Development Manager harus memahami perubahan situasi, sehingga perusahaan akan lebih siap dalam dalam mengartikulasikan masalah untuk rencana masa depan dan mempersiapkan rencana bisnis dengan tetap berpikiran maju.

Contoh template lowongan pekerjaan Business Development Manager

Contoh template lowongan pekerjaan Business Development Manager
Kebanyakan seorang  Manager Business Development adalah berasal dari pendidikan ekonomi, bisnis dan pemasaran - EKRUT

Lowongan Manager Business Development adalah berkaitan dengan kebutuhan peningkatan dan pertumbuhan bisnis, dengan membangun dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan, pemasok, dan mitra lainnya. 

Biasanya cakupan pengembangan bisnis tergantung pada besar kecilnya jangkauan perusahaan. Semakin besar perusahaan maka akan semakin kompleks tanggung jawab dan persyaratannya. Bagian-bagian penting dalam lowongan pekerjaan Business Development adalah: 

1. Deskripsi mengenai Business Development Manager

Deskripsi utama pekerjaan sebagai manajer Business Development adalah seseorang yang mampu mengidentifikasi peluang bisnis baru untuk menghasilkan pendapatan, meningkatkan profitabilitas, dan membantu bisnis tumbuh. Pekerjaannya melibatkan perencanaan dan pemosisian strategis yang cermat di pasar yang sesuai, atau meningkatkan operasi bisnis, posisi, atau reputasi dalam beberapa cara.

Kamu mungkin memiliki peran tunggal dalam organisasi atau memimpin tim staf. Pekerjaan Kamu akan sering menjangkau seluruh area bisnis. Cakupan Business Development adalah pada hampir semua aspek bisnis, tetapi kamu dapat memilih untuk mengkhususkan diri pada sektor tertentu, seperti:

  • Konstruksi
  • Pendidikan
  • Keuangan
  • Kesehatan
  • IT
  • Manufaktur
  • Telekomunikasi

Atau, kamu bisa bekerja di banyak bisnis yang berbeda, tetapi dengan fokus khusus pada:

  • B2B (Business to Business)
  • B2C (Business to Consumer).

2) Tanggung jawab Business Development Manager

Adapun tanggung jawab utama Manajer Business Development adalah: 

  • Menghubungi klien potensial untuk menjalin hubungan baik dan mengatur pertemuan.
  • Merencanakan dan mengawasi inisiatif pemasaran baru.
  • Meneliti organisasi dan individu untuk menemukan peluang baru.
  • Meningkatkan nilai pelanggan saat ini sambil menarik pelanggan baru.
  • Menemukan dan mengembangkan pasar baru dan meningkatkan penjualan.
  • Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri.
  • Mengembangkan laporan dan proposal untuk klien.
  • Mengembangkan tujuan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis dan memastikan tujuan tersebut terpenuhi.
  • Melatih personel dan membantu anggota tim mengembangkan keterampilan mereka. 

3) Persyaratan Business Development Manager

Selanjutnya, persyaratan yang biasanya tercantum dalam lowongan kerja Manager Business Development adalah:

  • Gelar sarjana dalam bisnis, pemasaran, atau bidang terkait.
  • Pengalaman dalam penjualan, pemasaran atau bidang terkait.
  • Keterampilan komunikasi yang kuat dan kefasihan TI.
  • Kemampuan untuk mengelola proyek yang kompleks dan multitasking.
  • Keterampilan organisasi yang sangat baik.
  • Kemampuan untuk berkembang dengan panduan minimal, proaktif, dan menangani ketidakpastian.
  • Mahir dalam Word, Excel, Outlook, dan PowerPoint.
  • Nyaman menggunakan komputer untuk berbagai tugas.

Dengan mengetahui beberapa kualifikasi di atas, sekarang kamu sudah tahu gambaran jelas terkait peran dan tugas Business Development Manager, kan? Nah, jika sudah yakin mengembangkan karier di bidang tersebut, kamu pun bisa mendaftarkan diri ke talent marketplace EKRUT karena ada banyak peluang yang tersedia untuk posisi Business Development Manager tersebut. 

Bila kamu ingin memulai karier di posisi ini, pelajarilah segala skill dan pengetahuan yang dibutuhkan. Kamu juga bisa belajar dari berbagai referensi bisnis yang tersedia untuk menambah pengetahuanmu terkait strategi bisnis perusahaan.

Nah, jika sudah yakin mengembangkan karier di bidang tersebut, kamu pun bisa mendaftarkan diri ke talent marketplace EKRUT karena ada banyak peluang yang tersedia untuk posisi Business Development Manager tersebut. 

Yuk, simak video ini agar bisa lancar menjawab pertanyaan sulit saat interview untuk posisi Business Development Manager!

peran dan tugas business development manager EKRUT 
Last update 26 Mei 2021

Sumber

  • betterteam.com
  • prospects.ac.uk
  • forbes.com
  • connects.world

Tags

Share