Published on

Careers

7 Pertanyaan interview kerja untuk Content Writer

Tsalis Annisa

pertanyaan-interview-kerja-EKRUT.jpg

Meski ada beberapa pertanyaan umum yang dilontar pada sesi interview. Tetap saja ada beberapa pertanyaan atau bahkan tes yang khusus diberikan.  

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang Content Writer, ada beberapa pertanyaan interview dan tes khusus yang perlu untuk kamu ketahui agar bisa berhasil diterima.  

Yuk, catat beberapa pertanyaan interview kerja untuk Content Writer berikut ini!

1. Apa yang membuat sebuah konten dianggap bagus?

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Salah satu pertanyaan interview kerja untuk content writer yang paling umum adalah mengenai kriteria konten yang bagus - EKRUT

Agar dianggap sebagai kandidat yang meyakinkan, kamu harus tahu bahwa konten yang bagus adalah konten yang mampu memberi informasi dan menarik pembaca. 

Bisa juga dengan menjawab bahwa konten yang bagus adalah konten yang dapat membuat klik tinggi, meningkatkan page views, memiliki banyak unique visitors, dan lain-lain. Hal ini akan membuatmu dianggap tahu tujuan dan tugas utama Content Writer yang tidak hanya harus menulis.

Baca juga: Ini 8 skill yang dibutuhkan untuk menjadi content writer handal

2. Apa yang perlu kamu lakukan sebelum mulai menulis?

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Jelaskan bagaimana kamu biasanya melakukan riset sebelum menulis - EKRUT

Kamu juga dapat dinilai melalui jawabanmu atas pertanyaan ini. Jika jawabanmu adalah, “Hanya langsung menulis saja,” maka ubahlah jawaban tersebut. Pasalnya jawaban ini ternyata bukan jawaban yang diinginkan dari seorang Content Writer.

Sebaiknya, jawablah bahwa kamu terbiasa untuk melakukan riset dahulu sebelum mulai menulis untuk memperluas pandanganmu terhadap hal yang akan kamu bahas nantinya. Dengan demikian, kamu dianggap sebagai Content Writer yang mampu mencari tahu apa mau audiens dengan cara meriset.

3. Apa yang kamu akan lakukan saat meriset target audiens?

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Memahami audiens akan membantumu menulis tipe konten dengan tepat - EKRUT

Meskipun pertanyaan interview kerja yang satu ini lebih sering ditanyakan untuk posisi Content Strategist, tidak jarang pertanyaan ini juga muncul untuk interview Content Writer. Jadi, biar bagaimanapun kamu tetap harus memiliki pengetahuan dasar mengenai cara analisis target audiens.

Kamu dapat menjawabnya dengan mencari tahu apa yang audiens sukai, butuhkan, dan apa preferensi mereka. Kamu juga dapat menjawab dengan memahami sifat-sifat serta informasi dasar audiens juga akan sangat membantu dalam meriset target audiens.

4. Bagaimana caramu menentukan topik atau judul yang akan ditulis?

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Content writer harus tahu cara melakukan riset kata kunci untuk memilih topik artikel yang akan ditulis - EKRUT

Pertanyaan interview kerja untuk content writer ini cukup sulit dan mungkin akan butuh sedikit berpikir. Sebab, mencari dan menentukan topik dan ide baru pasti selalu menjadi sebuah tantangan bagi setiap Content Writer. Namun, kamu dapat menjawab dengan menjelaskan beberapa metode berikut ini.

  • Dengan mengidentifikasi siapa target audiens dan apa yang mereka butuhkan.
  • Dengan meriset kata kunci terkait yang banyak dicari orang.
  • Dengan menganalisis kecenderungan tren pada media sosial.
  • Dengan menganalisis konten kompetitor.
  • Dengan memperhatikan setiap komentar, kritik, dan saran yang diberikan audiens pada artikel atau media sosial kantor. 

Baca juga: Content writer, ini 7 aplikasi menulis terbaik di tahun 2020

5. Apa yang kamu lakukan untuk membuat artikel SEO-friendly?

pertanyaan interview kerja - EKRUT
Selain kemampuan membuat artikel, memiliki pengetahuan SEO juga dapat menjadi nilai tambah bagi seorang Content Writer - EKRUT

Seorang kandidat Content Writer yang baik bukan hanya seseorang yang mampu menulis dengan baik, melainkan mereka juga merupakan kandidat yang dapat menerapkan SEO dengan baik. 

Setidaknya seorang Content Writer harus mengetahui bagaimana cara peletakkan katakunci dan berapa kuantitas yang tepat. 

Seorang Content Writer juga harus mampu mengarahkan artikel agar dapat disisipkan hyperlink untuk artikel lain yang mampu menambah bagus nilai SEO artikel dan website.

Nah, agar pengetahuanmu semakin bertambah, berikut ini adalah tips SEO untuk pemula dari ahlinya yang menarik untuk kamu ketahui.

6. Apa jenis CMS yang familiar kamu gunakan?

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Perusahaan akan mencari content writer yang familiar dengan tools content writing - EKRUT

CMS merupakan singkatan dari Content Management System, yaitu tempat untuk mengelola dan mengunggah tulisan artikel milikmu. Jadi, kamu harus tahu salah satu CMS yang biasa digunakan dan tahu cara mengoperasikannya.

CMS yang umum digunakan dan paling banyak adalah Wordpress. Kamu dapat mencari aman menjawabnya dengan menyebutkan Wordpress karena CMS ini paling mudah dan biasa digunakan oleh orang awam untuk basic blogging. Setidaknya pewawancara tahu kamu sudah punya dasar pengetahuan CMS.

7. Bagaimana cara kamu merencanakan dan menjadwalkan pekerjaan? 

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Membuat kalender konten akan membantu kamu melakukan penjadwalan - EKRUT

Perekrut juga biasanya akan mengajukan pertanyaan interview kerja untuk content writer ini agar memahami bagaimana alur kamu bekerja sebagai content writer, terutama dalam melakukan perencanaan dan penjadwalan konten. Pasalnya, tidak jaran content writer juga harus membuat perencanaan dan penjadwalan sendiri terhadap konten yang akan ditulis. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut cobalah jelaskan beberapa langkah sederhana dalam perencanaan dan penjawalkan konten, seperti:

  • Memahami strategi konten atau marketing goals
  • Membuat kumpulan subjek atau topik
  • Menentukan frekuensi publikasi
  • Menyiapkan kalender konten yang menggambarkan topik dan waktu publikasi untuk setiap topik
  • Menggambarkan alur kerja, mulai dari riset topik, menulis draft artikel, proofreading hingga mempublikasikannya. 

Baca juga: Cara membuat kalender konten media sosial dan contohnya

Selain mempersiapkan dirimu untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, pastikan kamu juga membawa portofolio artikelmu, ya. Hal ini akan membantu pewawancara untuk melihat gaya penulisanmu, dan bagaimana kamu dapat beradaptasi dengan beragam topik. 

Nah, itu dia beberapa jenis pertanyaan interview kerja yang banyak ditanyakan untuk posisi Content Writer. Memang, meski pekerjaan utamanya adalah menulis, tetap ada beberapa kemampuan selain itu yang sebaiknya kamu miliki. 

Semoga berhasil!

 

Rekomendasi video:

 

pertanyaan interview kerja untuk content writer - EKRUT
Last update: 12 September 2020

Sumber:

  • upwork.com
  • naukri.com
  • workable.com

Tags

Share