Register

careers

9 Contoh pertanyaan interview Project Manager

Nur Rosita Dewi

10 May 2020

pertanyaan-interview-project-manager-EKRUT.jpg

Sebelum membuat rencana kerja, mengeksekusinya, dan berhasil mencapai target, perusahaan harus terlebih dahulu merekrut Project Manager yang berkualitas. 

Jika kamu sedang mengincar posisi ini, pelajari dahulu beberapa contoh pertanyaan interview Project Manager berikut ini.

1. Tolong jelaskan latar belakang kamu, secara personal dan profesional

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Ceritakan pencapaian sebagai project manager - EKRUT

Sebelum mengajukan pertanyaan, seringkali pewawancara akan meminta kamu untuk memperkenalkan diri, baik dari sisi personal maupun profesional. Sangat penting hukumnya untuk memberikan kesan yang baik sejak awal.

Ceritakan sedikit tentang kamu,seperti latar belakang pendidikan maupun keluarga. Setelah itu, jelaskan mengenai latar belakang pekerjaan yang kamu miliki selama ini. Ceritakan juga sedikit tentang berbagai pencapaian kamu selama bekerja. 

Mengetahui latar belakang kandidat akan membantu pewawancara memprediksi bagaimana kamu akan berperilaku di masa depan saat mengalami masalah. Pewawancara juga bisa menebak apakah kamu sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

2. Apa proyek yang paling menantang? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Tunjukkan kemampuanmu dalam merespon masalah selama menjadi project manager - EKRUT

Jawaban dari pertanyaan interview Project Manager ini harus dijawab secara teoretis dan praktis. Pewawancara akan melihat bagaimana kamu merespon masalah dalam kehidupan nyata yang dapat membantu kamu dalam mengelola proyek. 

Jelaskan juga bagaimana cara kamu memimpin tim dan menangani konflik. Perlihatkan juga kesan bahwa kamu selalu ingin menjadi lebih baik dan tidak sekadar diam dalam kotak yang terbatas.

3. Bagaimana kamu menggambarkan hasil dari proyek terakhirmu? 

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Lakukan evaluasi untuk setiap proyek yang ada - EKRUT

Setiap proyek maupun perusahaan memiliki standar tersendiri dalam mengukur sebuah keberhasilan.

Melalui pertanyaan ini, perekrut dapat menentukan bagaimana kandidat melakukan evaluasi atas kesuksesan dari sebuah proyek, dan apakah kamu dapat mengambil pelajaran untuk proyek di masa depan. 

Jawablah pertanyaan ini dengan menjelaskan bagaimana klien dan atasan senang dengan hasil kerja yang telah kamu lakukan. 

Tambahkan penjelasan bahwa kamu percaya akan selalu ruang untuk belajar dari pengalaman yang ada untuk semakin meningkatkan kinerja. Kamu bisa juga menambahkan bahwa lewat proyek sebelumnya kamu telah belajar mengidentifikasi dan mengatasi masalah, sehingga di masa depan dapat menghindari masalah serupa di dalam sebuah proyek.

4. Apa gaya kepemimpinan kamu?

pertanyaan interview Project Manager - EKRUT
Tugas seorang Project Manager adalah memimpin sebuah tim atau proyek untuk mencapai hasil yang dinginkan - EKRUT

Untuk mengisi posisi Project Manager, tentunya kamu harus memiliki gaya kepemimpinan yang baik. Ada banyak cara dalam memimpin suatu tim, dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentukan jawaban kamu tergantung pada proyek atau latar belakang budaya di perusahaan. Project Manager juga terkadang harus menyesuaikan gaya kepemimpinan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Baca juga: Tips memahami gaya kepemimpinan yang efektif

5. Apa strategi kamu jika bekerja dengan anggota tim yang kinerjanya buruk?

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Mempertahankan tim dalam perfomra terbaik adalah salah satu prioritas project manager - EKRUT

Setiap tim pasti memiliki masalahnya masing-masing dalam mencapai target yang sudah dibuat. Sebagai Project Manager, kamu harus mampu menghidupkan kemampuan setiap anggota tim untuk memberikan hasil kerja terbaiknya.

Apa yang dicari pewawancara dari pertanyaan ini adalah keterampilan kamu dalam komunikasi, diplomasi, membina, serta memotivasi tim.

Kamu bisa menjawab bahwa mempertahankan setiap anggota tim dalam performa terbaiknya adalah salah satu prioritas utama kamu dalam setiap proyek. 

Pertama-tama kamu akan mengidentifikasi apa saja yang dikerjakan oleh masing-masing anggota. Kemudian membuat rencana dan tindak lanjut yang bisa diambil untuk memperbaiki masalah dalam tim.

6. Bagaimana cara kamu memimpin tim dalam mengerjakan tugas yang sama pentingnya?

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Seorang project manager harus bisa menentukan prioritas - EKRUT

Dalam mengerjakan pekerjaan, ada baiknya mengerjakan yang mudah baru yang sulit kemudian supaya tidak memangkas waktu. Namun dalam kenyataannya, terkadang pekerjaan yang ada sama-sama penting dan sama-sama mendesak.

Apa yang dicari dari pertanyaan interview Project Manager ini adalah sikap kamu dalam memecahkan masalah, fleksibilitas kerja, serta personal management style.

Jawablah bahwa kamu dan anggota tim lainnya akan mengidentifikasi tugas mana yang paling penting sehingga proyek bisa berjalan maju. Kamu juga akan membantu tim untuk mengevaluasi mana prioritas yang paling mendesak.

7.Bagaimana caramu menghadapi konflik dalam tim? 

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Tugas project manager memastikan konflik yang ada dapat diselesaikan dengan benar - EKRUT

Suka maupun tidak, konflik seringkali muncul di dalam sebuah tim. Ini menjadi tugas seorang project manager untuk memastikan konflik tersebut dapat terselesaikan dengan cara yang benar. 

Melalui pertanyaan ini, perekut ingin melihat caramu dalam mengatasi hal tersebut. Untuk menjawabnya, kamu bisa menggunakan contoh dari pengalaman serupa yang pernah kamu alami. 

Baca juga: Panduan kerja: 100 hari pertama Project Manager

8. Pendekatan apa yang kamu ambil ketika menemukan halangan di tengah proyek? 

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Seorang project manager harus memiliki kemampuan problem solving yang baik - EKRUT

Melalui pertanyaan interview Project Manager ini sebetulnya perekrut ingin melihat bagaimana akuntabilitas, kreativitas dan keterampilanmu sebagai seorang project manager dalam memecahkan masalah. 

Hal ini dikarenakan meski sudah melakukan perencanaan yang matang, namun tidak menutup kemungkinan timbulnya masalah yang bisa menghambat di tengah jalan.

Kamu bisa memberikan jawaban bahwa kamu dan tim akan dengan sigap mengidentifikasi masalah yang dihadapi, lalu merancang alur kerja yang lebih baik demi membuat proyek kembali ke jalur yang benar. 

9. Apa skill yang menurutmu penting dimiliki oleh seorang project manager? 

pertanyaan interview project manager - EKRUT
Tunjukkan kompetensi yang kamu miliki dengan baik - EKRUT

Meski perekrut mencari kriteria skill tertentu pada diri kandidat, tapi mereka juga terkadang ingin mendengar pendapatmu terkait hal itu dan melihat kompetensi apa yang ingin kamu tawarkan kepada mereka. 

Jawablah dengan menyebut daftar skill yang tidak hanya penting dimiliki oleh seorang project manager tapi juga  skill yang benar-benar kamu miliki. Kamu bahkan dapat menjelaskan Triangle Talent, tiga keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi Project Manager  untuk menunjukan pengetahuanmu di area tersebut. 

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview Project Manager yang wajib kamu ketahui dan pelajari. Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang kamu idam-idamkan ya!

pertanyaan interview project manager - EKRUT

Last update: 10 Mei 2020

Sumber:

Tags

Share