Published on

Careers

9 Perubahan di dunia kerja yang mungkin terjadi setelah pandemi

Maria Tri Handayani

perubahan-di-dunia-kerja---EKRUT.jpg

Meski banyak orang mulai menerima dan menyesuaikan diri dalam perubahan yang disebut sebagai new normal pada masa pandemi ini, namun sebagian beranggapan bahwa meski pandemi Covid-19 berakhir tetap akan ada beberapa hal yang berubah. 

Salah satunya adalah beberapa kemungkinan perubahan di dunia kerja dan cara bekerja. Seperti apa? 

1. Perubahan ruang kerja fisik 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Banyak yang memperkirakan tempat kerja fisik akan jauh berbeda setelah pandemi  berakhir - EKRUT

Rob Wilson, pakar HR dan presiden Employco USA mengatakan bahwa lingkungan kerja fisik akan terlihat jauh berbeda saat pandemi ini selesai. 

Meja kerja mungkin akan diletakkan dengan jarak yang lebih jauh dan ada penerapan standar keselamatan baru. Setidaknya ini dilakukan sampai ditemukannya vaksin untuk pandemi ini. 

Tempat kerja akan membuat perubahan pada aturan penggunaan area seperti lift, kamar mandi dan ruang istirahat misalnya dengan menempatkan lebih banyak hand sanitizer di area umum. 

Akan ada pula lebih banyak kebijakan kerja remote untuk mengurangi interaksi personal di ruangan yang sama, begitu pula perubahan dalam penggunaan ruang-ruang komunal. 

2. Fleksibilitas kerja 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Beberapa perusahaan akan mempertimbangkan terus menerapkan sistem kerja work from home - EKRUT

Perubahan di dunia kerja lain yang mungkin terjadi setelah pandemi adalah kebutuhan akan kantor fisik dan fleksibilitas kerja.

Tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan yang mempertimbangkan apakah mereka membutuhkan kantor fisik atau tidak setelah pandemi berakhir. Sebab banyak perusahaan kecil dan menengah yang sudah mulai terbiasa dengan alur kerja selama work from home.

Analisa dari Gartner menyebutkan bahwa 74% CFO berniat meningkatkan remote working di perusahaan mereka setelah pandemi 

Tidak hanya itu pakar melihat bahwa selama kebijakan work from home di tengah pandemi banyak profesional dapat menyesuaikan tuntutan kehidupan kerja dan rumah tangga sehingga  perusahaan mungkin akan sulit untuk menolak penerapan fleksibilitas waktu kerja. 

Baca juga: 21 Kekurangan dan kelebihan jam kerja fleksibel

3. TI di garis depan 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Tenaga IT akan menjadi sangat penting setelah pandemi berakhir - EKRUT

Dengan adanya pergeseran operasional di tempat kerja yang menjadi lebih virtual, maka peran departemen TI menjadi lebih penting dari sebelum pandemi. Sebab pekerjaan jarak jauh membawa tantangan baru terutama dalam hal keamanan dan teknologi pendukung. 

Perusahaan akan membutuhkan staf IT yang andal untuk mendukung operasional dan infrastruktur perusahaan. Tidak menutup kemungkinan tenaga TI akan ditugaskan untuk membuat tools baru yang dapat memudahkan proses kerja karyawan remote dalam perusahaan. 

4. Tempat kerja lebih adil bagi pekerja perempuan 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Pemberlakuan work from home membuat pekerja wanita dapat menyeimbangkan kebutuhannya - EKRUT

Dengan banyaknya perusahaan yang mulai mempertimbangkan fleksibilitas kerja setelah pandemi seperti dengan memberlakukan remote working, memungkinkan para pekerja perempuan untuk tetap bisa bekerja sambil menyeimbangkan kebutuhan rumah dan pekerjaan.

Hal ini secara tidak langsung menciptakan tempat kerja yang lebih adil bagi karyawan perempuan. 

5. Hubungan antar karyawan akan menjadi lebih dekat 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Karyawan akan menyadari pentingnya untuk dapat terhubung dengan rekan kerja - EKRUT

Salah satu perubahan di dunia kerja yang mungkin terjadi setelah pandemi adalah pengaruhnya dalam hubungan pribadi antar karyawan. 

Setelah sekian lama terpisahkan dengan jarak, banyak karyawan yang akan mulai menyadari betapa berharganya kesempatan untuk dapat terhubung dengan rekan kerja. 

Itu sebabnya setelah pandemi berakhir, hubungan antar karyawan pun bisa jadi akan semakin lebih dekat dari sebelumnya. Alih-alih sering berkomunikasi melalui pesan singkat, karyawan akan tergerak untuk langsung menghampiri rekan kerja dan berkomunikasi langsung. 

6. Pengurangan perjalanan bisnis 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Intensitas perjalanan bisnis setelah pandemi bisa jadi dikurangi - EKRUT

Pengurangan dalam intensitas perjalanan bisnis mungkin menjadi perubahan di dunia kerja lain yang akan terjadi pasca pandemi. 

Pasalnya, selama pandemi perusahan melihat bahwa untuk melakukan pekerjaan dan tinjauan bisnis ke luar kota atau negara tetap bisa dilakukan secara lebih efisien melalui platform konferensi video seperti Zoom, skype, google meet dan lain sebagainya. 

Cara ini juga tidak hanya dianggap efisien namun juga hemat dan dapat mengurangi stres karyawan di perjalanan.  

7. Pergeseran benefit perusahaan

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Perusahaan akan mengutamakan kesehatan karyawan - EKRUT

Sebagian ahli percaya bahwa ketika karyawan mulai kembali ke tempat kerja, akan ada perubahan dalam cara perusahaan menangani tunjangan karyawan. 

Perusahaan akan memperluas keterlibatan mereka dalam kehidupan karyawan dengan meningkatkan dukungan kesehatan mental dan memperluas cakupan perawatan kesehatan setelah pandemi. 

Misalnya bila selama ini perusahaan belum memberikan tunjangan kesehatan, maka perusahaan akan mulai menawarkan tambahan tunjangan kesehatan seperti konsultasi dokter atau penggantian biaya perawatan kesehatan. 

Baca juga: Ragam tunjangan unik dan menarik bagi karyawan selain gaji

8. Transformasi digital akan dipercepat

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Perusahaan akan menjalankan transformasi digital untuk efisiensi kerja - EKRUT

Pandemi Covid-19 membuat bisnis di semua sektor menyadari kekuatan digitalisasi dan dampaknya terhadap pengalaman karyawan dan hasil bisnis. Karena itu tidak menutup kemungkinan transformasi digital di dunia kerja akan diterapkan secara cepat. 

Banyak proses akan disederhanakan dengan bantuan teknologi dan tidak menutup kemungkinan peran-peran baru akan diciptakan. Itu sebabnya penting bagi pekerja untuk terus mengasah skill dan menjaga relevansi dengan pasar. 

9. Pengurangan birokrasi dalam perusahaan 

perubahan di dunia kerja - EKRUT
Perubahan di dunia kerja setelah pandemi lainnya adalah dalam perampingan birokrasi - EKRUT

Pandemi Covid -19 menyebabkan banyak perusahaan mau tidak mau mengurangi atau menghilangkan sistem yang tidak perlu untuk merampingkan proses demi mempercepat pendelegasian dan pengambilan keputusan. 

Jika hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan pemberdayaan kerja pada masa-masa sekarang, tidak menutup kemungkinan kebijakan ini akan terus dilanjutkan setelah pandemi berakhir.

Itulah beberapa perubahan di dunia kerja yang mungkin terjadi setelah pandemi Covid-19 berakhir. Selain perubahan dunia kerja di atas, permintaan akan beberapa profesi di pasca pandemi kemungkinan juga akan mengalami perubahan. Seperti apa? Simak penjelasaannya di dalam video berikut. 

Apakah semua perubahan ini  benar-benar akan terjadi? Bisa jadi. Semua akan bergantung kembali pada industri, jenis pekerjaan dan keputusan para pemimpin perusahaan nanti. 

perubahan di dunia kerja - EKRUT

Sumber: 

  • theladders.com
  • cnbc.com
  • Fortune.com
  • peoplemattersglobal.com

Tags

Share