Media

7 tunjangan kerja unik yang menarik karyawan selain gaji
By Tsalis Annisa - 19 February 2019
5 min read 1044 Views
Fasilitas pendukung kebugaran seperti camilan sehat dapat menjadi tunjangan kerja yang menarik - EKRUT
Fasilitas pendukung kebugaran seperti camilan sehat dapat menjadi tunjangan kerja yang menarik - EKRUT

Tunjangan kerja tentu sesuatu yang paling dinanti-nanti oleh karyawan. Hal ini membuat mereka lebih giat dan tulus bekerja untuk perusahaan. Namun kadang, tunjangan yang “itu-itu” saja tidak lagi membuat karyawan bersemangat.

Agar karyawan lebih bersemangat, berikut ini adalah beberapa contoh tunjangan kerja yang menarik selain gaji tambahan.

1. Fasilitas pendukung kebugaran

Kesehatan tentu mahal harganya. Membantu menjaga karyawan tetap bugar dapat membuat mereka lebih bersemangat. Tak hanya itu, hal ini pun secara tidak langsung akan meminimalisasi waktu izin atau sakit sehingga produksi dapat berjalan efisien.

Selain asuransi kesehatan umum, kartu keanggotan gym gratis hingga tiket ragam kegiatan sehat (seperti lomba lari atau lainnya), bisa jadi hal yang menggiurkan. Kamu pun bisa menyediakan camilan sehat gratis di kantor setiap harinya.

Bila ingin lebih dari itu, pemeriksaan gratis secara berkala dari kantor hingga hadiah alat kesehatan bagi karyawan teladan juga bisa jadi ide menarik.

2. Tunjangan berupa pengakuan kinerja

Ketika karyawan merasa kerja kerasnya diakui, maka ia akan bekerja lebih baik lagi di masa depan. Hal ini tentu saling menguntungkan, bagimu maupun bagi karyawan.

Selain bonus tahunan, kamu bisa memajang foto karyawan dengan performa terbaik setiap bulannya. Tak hanya itu, mengadakan acara makan bersama setiap bulan, atau setiap 3 bulan bersama atasan juga bisa menjadi sarana untuk lebih menghargai karyawan.

Ide lain seperti memberi hadiah setiap hari ulang tahun karyawan ataupun sambutan khusus bagi karyawan baru ataupun yang akan resign juga bisa jadi hal menarik.

3. Fasilitas ramah akan keluarga

Saat perusahaan juga peduli pada keluarga karyawan, tentu mereka akan merasa dihargai. Hal ini dapat diwujudkan lewat pemberian cuti hamil, dan melahirkan bagi ibu, hingga cuti perawatan anak pada saat anak baru lahir pada ayah.

Masih seputar anak, fasilitas penitipan anak di kantor bisa jadi daya tarik tersendiri bagi para orangtua tanpa pengasuh. Kamu pun bisa mengadakan acara family-gathering setiap tahun sebagai sarana mengenal keluarga karyawan.

tunjangan kerja - EKRUT
Tunjangan kerja unik dan menarik juga dapat berupa cuti dan jam kerja fleksibel - EKRUT

4. Fasilitas cuti

Seperti kata pepatah, waktu lebih berharga daripada uang. Maka dari itu, penghargaan tambahan cuti bisa jadi sesuatu yang amat memikat. Misal, karyawan boleh libur di hari ulang tahunnya.

Tak hanya itu, lebih singkatnya waktu kerja di beberapa kondisi tertentu juga bisa menjadi penawaran yang menarik. Misal, karyawan bisa pulang lebih cepat saat bulan Ramadhan atau saat acara keagamaan lainnya.

Baca juga: Jika alami 8 tanda ini, artinya kamu butuh cuti secepatnya!

5. Fasilitas penghematan waktu

Selain di kantor, karyawan perlu menghabiskan banyak waktu untuk ragam urusan lain. Bila kamu membantu mereka menghemat waktu untuk urusan tersebut, tentu karyawan akan senang.

Maka dari itu, tunjangan ini dapat berupa fasilitas parkir gratis, cuci mobil gratis, diskon pembersihan rumah, layanan konsultasi pajak ataupun birokrasi lainnya.

6. Fasilitas penghilang stres

Stres dalam waktu lama dapat mengurangi efektivitas kerja hingga berdampak buruk pada kesehatan karyawan. Maka dari itu, tentu menyenangkan bila tersedia fasilitas penghilang stres di kantor.

Fasilitas ini dapat meliputi, kelas yoga, tempat pijat di kantor, ruang tidur, bunga di meja kerja, lukisan-lukisan unik di area kerja, ruang rekreasi atau bermain game, bahkan tersedianya kursus manajemen stres.

7. Investasi pengembangan Ilmu

Memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas tentu dapat menjadi nilai tambah bagi karyawan, baik dari segi bisnis ataupun penghargaan diri pribadi. Maka dari itu, memberikan investasi berupa ilmu adalah sesuatu yang berharga dan memberikan efek jangka panjang.

Perpustakaan gratis, program beasiswa maupun perguruan tinggi, kelas-kelas dan pelatihan gratis di kantor bisa menjadi pilihan saran. Tak hanya itu, mengembangkan kemampuan dengan masa percobaan di berbagai divisi lain juga bisa menjadi penawaran menarik bagi karyawan.

Tak terbatas hanya dengan beberapa tunjangan unik di atas, waktu kerja dan pakaian bebas saat ke kantor, diskon pulsa, bahkan insentif transport juga bisa tunjangan kerja unik yang menarik bagi karyawan.

Jadi, mana tunjangan kerja unik yang paling menarik di atas?

Selamat berkreasi!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • gaji
  • produktivitas
  • manajemen
  • tunjangan kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang