Published on

Careers

Bisa Jadi Penentu Masa Depan, Simak Tujuan, Manfaat Pohon Karier, dan Contohnya Di Sini!

Detty Risetya

cover2.png

Bingung menentukan pilihan karier atau jurusan kuliah? Sebagian orang pasti pernah bimbang ketika harus memutuskan di antara sekian banyak pilihan. Apalagi, saat lulus SMA/ SMK, dimana keputusannya akan sangat menentukan masa depan. Jangan sampai sudah menempuh kuliah bertahun-tahun, ternyata malah merasa kurang cocok atau tidak suka dengan jurusan yang diambil.

Nah, inilah fungsi dari pohon karier atau career tree. Umumnya, pohon karier digunakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) atau lembaga khusus untuk mengidentifikasi bakat dan minat siswa. Sebagai gambaran, di dalam pohon karier terdapat beberapa cabang yang mencantumkan bermacam-macam karier jika menempuh bidang studi tertentu.

Dengan begitu, siswa jadi lebih mudah memahami spesifik apa jurusan yang disukai dan kemungkinan besar profesi yang dijalani di masa depan. Di bawah ini akan kita bahas pengertian, manfaat, serta contoh pohon karier agar lebih memahaminya. Simak terus berikut ini, ya!

Apa itu pohon karier?


Pohon karier untuk memahami minat profesi - AeroLeads

Memahami apa itu pohon karier atau career tree sangat mudah. Pasalnya, bentuknya memang berupa gambar atau alat peraga yang menampilkan pohon dengan cabang-cabang berisi bermacam-macam karier atau profesi. Jadi, pohon karier adalah suatu media atau alat yang menggambarkan apa saja karier yang bisa dijalani oleh para siswa jika mempelajari jurusan atau studi tertentu. Dari sini, siswa diharapkan lebih mudah memahami bakat dan minat yang sesungguhnya sebelum mengambil suatu jurusan studi.

Mendapatkan pohon karier saat ini juga tidak sulit, karena banyak dijual secara online di marketplace atau toko online lainnya. Bahkan, siswa bisa membuat sendiri dengan menggambar pohon dan bercabang sesuai jenis-jenis karier atau profesi yang berkaitan.

Baca juga: 8 Tips pengembangan karier untuk kesuksesan di masa depan

Tujuan pohon karier


Pohon karier untuk memahami minat profesi - International Data Center Day

Terlepas dari apapun bidangnya, pohon karier memiliki tujuan utama agar memudahkan seseorang memahami apa saja minatnya, lalu bisa mengambil keputusan yang tepat untuk karier di masa depan. Siswa bisa menentukan sendiri karier yang diminati dengan melihat pohon karier “Kelompok Peminatan” jurusan IPA, IPS, atau Bahasa.

Katakanlah, jika siswa memilih IPS, maka jenis-jenis karier yang bisa ditekuni seperti Advokat, Politikus, Ahli Tata Negara, dan lainnya. Pun begitu dengan yang memilih IPA. Ia bisa menekuni profesi seperti Ahli Fisika, Ahli Kimia, Ahli Biologi, dll. Sementara, yang memilih jurusan Bahasa, dapat menekuni profesi, seperti Seniman, Ahli Bahasa, Arkeolog, dan masih banyak lagi.

Tujuan pohon karier dapat berjalan maksimal jika siswa telah memahami minat dan karier yang diinginkan. Mereka bisa berpikir dan mengambil keputusan yang tepat di masa depan.

Fungsi pohon karier


Pohon karier adalah pemetaan minat dan profesi - Unsplash

Terdapat beberapa fungsi pohon karier yang perlu dipahami. Adapun, di antaranya adalah:

1. Fungsi persiapan

Pohon karier mempersiapkan siswa atau individu untuk menempuh studi lebih lanjut ke perguruan tinggi. Mereka dibekali informasi yang jelas, sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat.

2. Fungsi pencegahan

Siswa dibantu dengan fungsi pohon karier yang memudahkan memahami apa saja yang berkaitan dengan karier atau profesi tertentu. Sehingga, bisa berfungsi untuk pencegahan siswa salah mengambil keputusan ketika memilih karier.

3. Fungsi penempatan

Fungsi pohon karier selanjutnya adalah untuk menempatkan siswa atau individu pada bidang studi maupun profesi yang sesuai. Apakah ingin masuk ke jurusan IPA, IPS, atau Bahasa? Dengan pohon karier, siswa dapat memilih penempatan yang tepat dan bijak.

4. Fungsi penyesuaian

Tak bisa dipungkiri, selama perjalanan menempuh pendidikan, siswa juga menemui kendala dalam beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Maka itu, pohon karier berfungsi untuk memberi gambaran kondisi dan situasi di tempat kerja nantinya.

5. Fungsi pengembangan

Dalam fungsi ini, pohon karier sebagai pengembangan kepribadian dan minat siswa. Terutama, dalam hal fokus atau mengarah ke minat kerja secara spesifik yang diinginkan.

Contoh pohon karier


Pohon karier membantu meraih kesuksesan - Unsplash

Untuk memahami lebih jelas mengenai pohon karier, mari kita simak contoh-contoh pohon karier berikut ini:

1. Contoh pohon karier Teknik Komputer Jaringan (TKJ)


Pohon karier Teknik Komputer Jaringan (TKJ) (Sumber: Google)

2. Contoh pohon karier Keperawatan


Pohon karier Keperawatan (Sumber: Google)

3. Contoh pohon karier Jasa Boga


Pohon karier Jasa Boga (Sumber: Google)

4. Contoh pohon karier Pariwisata


Pohon karier Pariwisata (Sumber: Google)

5. Contoh pohon karier Perhotelan


Pohon karier Perhotelan (Sumber: Google)

6. Contoh pohon karier Pekerjaan Sosial


Pohon karier Pekerjaan Sosial (Sumber: Google)

Baca juga: 8 Cara meningkatkan jenjang karier yang efektif

Berbekal informasi tentang pohon karier di atas, mudah-mudahan kamu bisa lebih mudah menentukan masa depan dan karier apa yang ingin dijalani. Ingin bisa bergabung dengan perusahaan ternama? Atau, meningkatkan jenjang karier yang lebih cemerlang? Yuk, daftar di EKRUT sekarang!

Sumber:

  • jawapos
  • jojonomic
  • bimbingankonseling

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    zoom-fatigue-EKRUT.jpg

    Careers

    Hati-Hati Terkena Zoom Fatigue, Berikut 10 Cara untuk Mengatasinya

    Lita Lia

    07 July 2022
    6 min read
    contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja beserta Cara Membuatnya

    Anisa Sekarningrum

    07 July 2022
    7 min read
    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read

    Video