Media

7 Tips pengembangan karir untuk kesuksesan di masa depan
By Tsalis Annisa - 16 May 2019
5 min read 356 Views

Pengembangan karir adalah proses yang membentuk identitas kerja seseorang. Semua kegiatan yang kamu lakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas diri dan membangun masa depan termasuk ke dalam proses pengembangan karir.

Seseorang bisa memulai proses pengembangan karirnya sejak dini, tapi ada juga yang baru menemukannya ketika mulai bekerja. Tidak jadi masalah kapan proses pengembangan karir dimulai, sebab yang terpenting adalah bagaimana cara mempertahankannya demi kesuksesan di masa depan.

Berikut adalah tips pengembangan karir yang bermanfaat untuk menunjang kesuksesanmu.

1. Menentukan mimpi besarmu

Mimpi besarmu adalah apa yang ingin kamu capai dalam hidup. Tentukan suatu tujuan besar yang mencakup karir dan kehidupanmu. Jangan takut untuk bermimpi besar karena inilah yang akan menjadi motivasimu.

Tujuan utamamu bisa berubah seiring waktu. Kamu tidak perlu cemas, sebab kebanyakan orang pun mengalami proses ini dalam hidup mereka. Tetaplah fokus pada apa yang kamu kejar saat ini agar hasilnya optimal.

2. Menguraikan mimpi besar menjadi beberapa target yang lebih kecil

Target tahunan biasanya lebih sulit dicapai karena kamu harus mengejar banyak hal dalam waktu bersamaan. Jadi, cobalah menguraikan tujuan besarmu menjadi beberapa target lebih kecil yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu lebih singkat.

Misalnya, jika kamu berencana mengusung sebuah produk baru, uraikan tujuan besar tersebut ke dalam langkah-langkah yang lebih sederhana. Awali dengan melakukan riset terhadap calon konsumen, lanjutkan dengan merancang produk, dan seterusnya.

3. Mengembangkan jaringan

Orang-orang yang kamu kenal, terutama yang bekerja dalam bidangmu saat ini, berperan besar dalam pengembangan karirmu. Mereka dapat memberikan pengetahuan yang kamu butuhkan mengenai jalur karirmu dan tantangan yang akan kamu hadapi.

Perluas jaringanmu saat ini dengan menghadiri konferensi yang mempertemukanmu dengan banyak orang baru. Tunjukkan pula kemampuan yang kamu miliki. Semakin banyak yang menyadari potensi pada dirimu, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan kesempatan bekerja di tempat baru.

4. Mengevaluasi diri

Evaluasi diri merupakan aspek yang penting dalam pengembangan karir. Selain membantumu meningkatkan skill, kamu juga akan semakin memahami keunggulan dan kekuranganmu serta peran yang kamu miliki dalam perusahaan tersebut.

Feedback dari orang lain juga sama pentingnya untuk mengetahui seberapa efektif kamu dalam bekerja. Cobalah meminta masukan dari rekan kerja atau Supervisor di tempatmu bekerja. Tanyakan juga momen apa yang membuat kamu bekerja lebih efektif dari biasanya.

5. Mempelajari perusahaan lebih dalam

Pengembangan karirmu dimulai di perusahaan tempatmu bekerja. Di sinilah kamu menentukan jalur karirmu; apakah kamu akan meneruskan karir pada bidang tersebut atau justru beralih ke bidang lain.

Karenanya, kamu perlu mempelajari seluk-beluk perusahaan tempatmu bekerja guna memahami peluang karir di masa depan. Bertanyalah kepada manajer atau rekan yang lebih dulu bekerja di perusahaan tersebut mengenai prospek karir atau hal sejenisnya yang ingin kamu ketahui.

6. Meningkatkan skill

Skill yang kamu miliki akan membuka gerbang menuju begitu banyak peluang baru. Jadi, tingkatkan skill yang telah kamu miliki saat ini dan pelajarilah skill lain yang bermanfaat untuk pengembangan karirmu.

Selain meningkatkan hardskill, kamu juga perlu mengembangkan kemampuan interpersonal terhadap rekan kerja dan atasan. Jadilah seorang pendengar ramah, mudah bergaul, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam berbagai situasi.

Baca juga: Perbedaan hard skill dan soft skill, ini yang perlu kamu ketahui

7. Membangun reputasi yang baik

Reputasi kerjamu menunjukkan karaktermu dalam dunia profesional. Seseorang dengan reputasi yang baik memiliki karakter kooperatif, bisa diandalkan, dan mampu bekerja secara efektif dalam situasi penuh tekanan sekalipun.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun reputasi yang baik. Kamu bisa mengawalinya dengan menjaga penampilan dan pembawaan selalu profesional, menghadiri konferensi, menulis artikel, menjadi pembicara seminar, dan sebagainya.

Proses pengembangan karir membutuhkan waktu yang panjang. Selama menjalani proses ini, pastikan hari-hari yang kamu lewati selalu diisi dengan kegiatan yang berkontribusi terhadap pengembangan karirmu.

Jangan pernah berhenti belajar, meningkatkan skill, dan mengevaluasi diri. Ketiga aspek inilah yang membantumu mengembangkan karir guna meraih kesuksesan di masa depan.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • tips
  • pengembangan karir
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang