Published on

Expert's Corner

Psikolog Adalah: Peran dan Tanggung Jawab, 4 Jenisnya, dan Perbedaannya dengan Psikiater

Sartika Nuralifah

H1_Psikolog_Adalah_Definisi__Peran_dan_Tanggung_Jawab__Serta_Perbedaannya_dengan_Psikiater.jpg

Secara umum, psikolog adalah ahli psikologi yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai pencegahan, diagnosis, dan penanganan terkait masalah-masalah kesehatan mental. Setelah itu, biasanya psikolog akan menganalisis penyebab dan memberikan solusi terhadap permasalahan psikologis yang dialami seseorang.

Baca juga: 6 Prinsip psikologi yang membantu bidang marketing

Apa itu psikolog?


Psikolog adalah seseorang yang menangani permasalahan kesehatan mental. Sumber: Pexels

Psikolog adalah profesi yang memiliki tugas untuk menangani kasus-kasus kejiwaan, mendiagnosis gejala psikologis setiap pasien serta melakukan psikoterapi untuk penanganannya. Dalam menyelesaikan masalah-masalah psikologis dan memperbaiki perilaku dari tiap pasien, psikolog biasanya bekerja sama dengan dokter serta psikiater. Kerjasama akan dilakukan jika pasien butuh pengobatan sekaligus psikoterapi dan konseling dari psikolog.

Baca juga: 7 Tips tes psikologi kerja ini bantu kamu lolos seleksi

Peran dan tanggung jawab psikolog


Salah satu peran dan tanggung jawab psikolog adalah mewawancara pasien. Sumber: Pexels

Peran serta tanggung jawab dari seorang psikolog adalah sebagai berikut.

1. Melakukan wawancara dan psikotes

Psikolog biasanya akan memeriksa serta menilai kemampuan intelektual dan kesehatan mental pasien melalui wawancara psikologis dan psikotes. Setelah itu, tugas psikolog adalah mengevaluasi tingkat intelektual, kelebihan dan kekurangan kognitif, bakat, serta bagaimana kepribadian dan karakter pasien.

2. Psikolog adalah seseorang yang memiliki peran untuk melakukan psikoterapi atau konseling

Setelah membuat sebuah diagnosis, langkah selanjutnya dari seorang psikolog adalah menangani permasalahan yang ada dalam diri pasien dengan psikoterapi, masalah yang ditangani biasanya berupa gangguan mental, trauma, fobia.

3. Membuat program terapi atau pelatihan psikolog

Peran dan tanggung jawab dari seorang psikolog adalah membuat program terapi atau pelatihan psikolog. Hal tersebut bisa dilakukan oleh pasien atau klien di rumah, kantor, sekolah dan tempat-tempat lainnya.

4. Hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan terapi hipnotis dan termasuk salah satu tindakan yang dilakukan oleh seorang psikolog. Khususnya untuk psikolog yang sudah mengambil pelatihan tambahan dalam bidang hipnotis psikolog.

Baca juga: Growth Mindset atau Fixed Mindset untuk Kesuksesan Karier?

4 Jenis spesialisasi psikolog


Jenis spesialisasi psikolog sangat beragam, salah satunya adalah psikologi klinis. Sumber: Pexels

1. Psikolog klinis

Psikolog klinis merupakan psikolog yang memeriksa, mendiagnosis dan merawat setiap pasien yang menderita masalah-masalah kesehatan mental serta tekanan psikologis dengan melakukan konseling dan psikoterapi. Keahlian spesifik dalam kesehatan mental dewasa dan anak-anak dan spesialisasi dalam bidang pengobatan terhadap penyalahgunaan obat-obatan klinis biasanya dimiliki psikolog klinis. Psikolog klinis biasanya bekerja di rumah sakit atau klinik kesehatan mental. Tapi beberapa membuka tempat praktek sendiri.

2. Psikolog pendidikan

Psikolog pendidikan mempelajari bagaimana seseorang belajar, bakat dan kemampuan belajar seseorang. Biasanya, seorang psikolog pendidikan adalah orang yang ikut serta membuat instruksi dan strategi untuk mengajar.

3. Psikolog sosial

Psikolog sosial adalah seseorang yang mempelajari perilaku suatu kelompok masyarakat. Biasanya tugas psikolog adalah meneliti bagaimana sikap, cara komunikasi, hubungan interpersonal suatu kelompok masyarakat.

4. Psikolog industri dan organisasi

Psikolog industri dan organisasi biasanya fokus terhadap perilaku di tempat kerja serta membantu proses penyaringan karyawan yang sesuai dengan posisi tertentu, serta meningkatkan produktivitas karyawan dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Tugas dari seorang psikolog industri dan organisasi adalah membuat program pelatihan bagi karyawan perusahaan agar pengetahuan dan kemampuan meningkat.

Baca juga: Ampuh, ini 8 trik agar kamu disukai HRD saat interview

Perbedaan psikolog dan psikiater


Perbedaan psikiater dan psikolog adalah psikiater bisa meresepkan obat sedangkan psikolog tidak. Sumber: Pexels

Perbedaan psikiater dan psikolog dapat kita lihat dari beberapa aspek. Perbedaan psikiater dan psikolog adalah psikiater merupakan seorang dokter medis yang telah mengikuti setidaknya 11 tahun pelatihan. Sementara psikolog setidaknya menjalani 6 tahun pelatihan di universitas dan pengalaman di bawah pengawasan.

Selain itu, psikiater dapat menyediakan berbagai macam perawatan, termasuk obat, perawatan medis, dan memeriksa kesehatan fisik dan efek pengobatan. Sedangkan psikolog adalah seseorang yang fokus menyediakan perawatan psikologis.

Psikiater cenderung memperlakukan pasien yang memerlukan pertimbangan medis, psikologis dan sosial seperti pasien penderita depresi dan gangguan bipolar. Untuk psikolog biasanya cenderung melihat orang dengan kondisi yang dapat dibantu secara efektif dengan perawatan psikologis.

Demikianlah informasi mengenai definisi, peran dan tanggung jawab, serta perbedaannya dengan psikiater. Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • tirto.id
  • gramedia.com
  • alodokter.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read
    H1.JPG

    Careers

    Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

    Careers

    Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    20 September 2022
    6 min read

    Video