Published on

jobs

Ini kelebihan dan kekurangan React Native, sudah tahu?

Nur Rosita Dewi

react-native-adalah-EKRUT.jpg

React Native telah banyak diadopsi oleh ratusan bisnis di seluruh dunia, seperti Facebook, Uber, Microsoft, serta di berbagai industri lainnya. Namun, sebelum kamu memutuskan menggunakan React Native, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Apa itu React Native?

react native adalah - EKRUT
Aplikasi seperti Facebook dan Instagram menggunakan React Native dalam proses pengembangannya - EKRUT

React Native adalah kerangka kerja aplikasi seluler berbasis JavaScript yang memungkinkan kamu membangun aplikasi seluler yang dirender secara asli untuk iOS dan Android. Dengan menggunakan React Native, kamu bisa membuat aplikasi untuk berbagai platform dengan menggunakan basis kode yang sama. Menarik, bukan?

Cukup membuat kode sekali dan aplikasi React Native pun akan tersedia untuk platform iOS serta Android sehingga sangat membantu menghemat waktu pengembangan.

React Native pertama kali dirilis oleh Facebook sebagai proyek sumber terbuka pada tahun 2015. Hanya dalam beberapa tahun, React Native menjadi salah satu solusi teratas untuk pengembangan seluler.

Pengembangan React Native digunakan untuk memberdayakan beberapa aplikasi seluler terkemuka dunia, seperti Instagram, Facebook, dan Skype.

Baca juga: 4 Sertifikasi JavaScript untuk skill yang lebih teruji

Kelebihan dan kekurangan React Native

react native adalah - EKRUT
Menggunakan React Native dapat  membantu aplikasi kam mempertahankan kinerjanya tanpa mengorbankan kemampuan - EKRUT

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan React Native yang perlu kamu pahami sebelum menggunakannya. 

Kelebihan React Native

React Native jauh lebih menonjol dibandingkan aplikasi lintas platform lain seperti Cordova dan Ionic. Penyebabnya karena React Native benar-benar merender hanya dengan menggunakan API rendering standar platform host.

React Native benar-benar menerjemahkan markup menjadi elemen UI asli yang nyata serta memanfaatkan cara rendering tampilan yang ada pada platform apa pun yang kamu gunakan. Selain itu, React bekerja secara terpisah dari utas UI utama sehingga aplikasi kamu dapat mempertahankan kinerja tinggi tanpa mengorbankan kemampuan.

Kekurangan React Native

Metode penulisan aplikasi seluler yang menggunakan kombinasi JavaScript, HTML, dan CSS biasanya dirender menggunakan tampilan web. Meskipun pendekatan ini berhasil, tetap ada kekurangannya, yaitu terutama seputar kinerja.

Selain itu, mereka biasanya tidak memiliki akses ke kumpulan elemen UI asli platform host. Jika framework ini mencoba meniru elemen UI asli, hasilnya biasanya "terasa" sedikit; merekayasa balik semua detail halus dari hal-hal seperti animasi membutuhkan banyak upaya, dan dapat dengan cepat menjadi usang.

Baca juga: Apa teknologi yang digunakan website dan apps Alodokter?

Itulah sekilas tentang pengertian React Native serta kelebihan dan kekurangannya. Jika perusahaan kamu ingin mengembangkan aplikasi seluler lebih dari satu platform, tak ada salahnya mencoba React Native.

sign up EKRUT
Last update: 25 March 2021

Sumber: 

Tags

Share