Published on

Technology

12 Cara merawat laptop untuk mendapatkan performa yang maksimal

Elisha Nathania

rawat_laptop.jpg

Laptop memang perangkat elektronik yang sangat berguna, untuk melakukan banyak pekerjaan kantor. Hampir semua pekerjaan kantor saat ini membutuhkan peran komputer jinjing. Oleh sebab itu, laptop Anda haruslah dirawat dengan baik supaya tak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk merawat laptop.

Baca juga: Ingin coba silaturahmi anti-mainstream saat Lebaran nanti?

Pentingnya melakukan perawatan laptop secara berkala

Pentingnya melakukan perawatan laptop secara berkala
Laptop biasanya digunakan lebih lama daripada handphone (sumber: Shutterstock)

Sebagai pekerja, laptop merupakan benda yang tidak bisa lepas dari kegiatanmu sehari-hari. Biasanya, kepemilikan laptop akan lebih berjangka panjang dibandingkan dengan handphone yang setiap tahun mengeluarkan seri barunya. Sehingga, penting untuk kamu menjaga laptop agar performanya tetap maksimal seiring berjalannya waktu.

Selain itu, merawat laptop dengan tepat akan membuat kamu juga lebih irit biaya karena maintenance yang sedikit dan tentunya tidak harus membelinya untuk beberapa tahun ke depan. Tanpa kamu sadari, banyak bagian-bagian kecil dari laptop yang kurang dibersihkan dan diperbaharui secara berkala dan akhirnya menurunkan kinerjanya. Sebaiknya, mulai sekarang, kamu memerhatikan setiap detail cara merawat laptop agar tidak frustasi ketika performanya mulai melambat.  

Baca juga: Yuk, hitung dan bayar zakat Anda secara online!

12 Cara merawat laptop untuk mendapatkan performa yang maksimal

12 Cara merawat laptop untuk mendapatkan performa yang maksimal
Jauhkan benda cair dari laptopmu (sumber: Shutterstock)

Terkadang, ada kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari dapat menurunkan performa laptop kamu setelah digunakan dalam jangka panjang. Yuk, pelajari 12 cara merawat laptop berikut ini.

1. Jauhkan dari benda cair

Laptop yang ketumpahan air tentunya menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Nah, cara merawat laptop pertama yang bisa kamu praktikan adalah menjauhkan benda cair dari laptop. Jika terpaksa ada, gunakan tutup yang rapat. Cairan air pada laptop akan merusak komponen mikroelektronika internal pada laptop atau mengakibatkan kerusakan elektrik. Hubungan arus pendek listrik dapat menghilangkan data dan bahkan merusak laptop secara permanen. Jadi, jauhkan minumanmu dari laptop, ya.

2. Berikan jeda pada pengisian daya baterai

Cara merawat laptop selanjutnya adalah jangan menghubungkan laptop kamu dengan pengisi daya terus menerus. Jika laptop kamu selalu tercolok dengan listrik, maka umur baterai laptop justru akan semakin sedikit. Hal ini dipengaruhi oleh cara kerja baterai lithium-polymer. Semakin tinggi persentase volt yang diberikan kepada baterai lithium-polymer, maka baterai akan semakin “tertekan” untuk bekerja. 

Sebaiknya, kamu cukup mengisi daya laptop sampai 80% saja dan menggunakannya hingga baterai berada di level 40%. Dengan begini, kamu akan membantu baterai laptop bertahan lebih lama.

3. Perbarui antivirus secara berkala

Memperbarui antivirus merupakan cara merawat laptop lainnya agar tetap awet. Antivirus akan sangat berguna dalam mendeteksi berbagai ancaman dan bagaimana cara mengatasi ancaman tersebut. Antivirus dapat menjaga scan engine agar tetap mengetahui dimana file penting disimpan. Dengan begini, sistem scanning antivirus akan menjadi lebih cepat dan mencegah terjadinya kesalahan saat mendeteksi ancaman.

Windows update dari Microsoft dapat secara otomatis mendeteksi kelemahan pada sistem komputer dan menginstalasi solusinya.

Baca juga: Webinar adalah: Tujuan, jenis, dan 7 cara pembuatannya

4. Hindari menaruhnya di atas kasur

Sirkulasi udara pada mesin laptop akan terganggu jika Anda lakukan ini. Sebab, laptop akan kesulitan mengalirkan udara keluar. Pada akhirnya, suhunya pun memanas. Apakah Anda pernah mengalaminya? Nah, oleh karena itu, jangan meletakkan laptop dalam keadaan aktif di atas kasur, ya. Soalnya, kalau nanti mesin terlalu sering dalam keadaan panas, laptop Anda tidak akan berumur panjang.

5. Jangan diangkat dalam keadaan menyala

Laptop dalam kondisi menyala artinya harddisk-nya juga masih bekerja. Jika Anda mengangkat laptop saat dalam keadaan begini, dikhawatirkan piringan harddisk di dalamnya akan tergores. Jika sampai tergores akan terjadi bad sector dengan laptop Anda.

6. Jangan tutup layar saat masih panas

Hindari menutup layar LCD laptop, saat mesin masih panas setelah digunakan dalam waktu lama. Kok begitu, sih? Udara panas dari mesin laptop akan merusak layar. Tutuplah layar laptop Anda setelah mesin mendingin.

Baca juga: Profesi eSport buat milenial, Anda tertarik?

7. Kurangi bermain game berat di laptop

Bermain game di laptop tentunya tak menjadi masalah. Namun, hal ini bisa merusak laptop jika dilakukan dalam waktu terlalu lama dan game-nya pun berat. Hindari bermain game seperti Call of Duty, GTA V, dan PES 2016 di laptop terlalu lama. Mesin laptop bisa mengalami overheat dan merusak baterai di dalamnya.

8. Bersihkan laptop secara rutin

Bersihkan laptop secara rutin. Setidaknya, dua pekan sekali. Jangan sampai ada debu yang menempel. Tahukah Anda, partikel-partikel kecil seperti debu, jika menumpuk, dapat memperlambat performa laptop.

9. Hapus file yang sudah tidak dibutuhkan

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa jumlah file yang terlalu banyak akan membuat kerja laptop menjadi lebih lambat. Jadi, sebaiknya saat kamu memiliki waktu luang, mulai hapus file yang sudah tidak penting lagi. Tips yang dapat kamu terapkan adalah menghapus file dari folder download terlebih dahulu. Pasalnya, file yang kamu unduh dapat sangat beragam dan belum tentu kamu butuhkan lagi.

10. Bersihkan bagian ports

Membersihkan ports mungkin sering terlewatkan dari rutinitas cara merawat laptop. Ports adalah berbagai lubang yang ada pada pinggir laptopmu, entah itu port USB, HDMI, audio, card reader, dan sebagainya. Nah, kamu dapat menggunakan compressed air untuk membersihkannya. Jangan lupa memerhatikan cara penggunaannya. Karena, jika tidak berhati-hati saat menyemprotkannya ke bagian ports, akan menghasilkan lapisan es yang bersifat sementara.

11. Lakukan defrag

Defrag pada laptop adalah sebuah proses untuk menata ulang berbagai data yang sudah terfragmentasi agar lebih mudah dibaca oleh laptop. Penggunaan laptop yang menahun tidak jarang mengakibatkan file tidak terorganisir dan tersimpan di berbagai bagian hard disk. Cara merawat laptop dengan defrag sedikit membutuhkan waktu, sehingga kamu tidak perlu terlalu rutin melakukannya seperti lebih dari satu bulan sekali. Namun, jika laptop kamu sudah memiliki solid-state driver, kamu tidak perlu melakukan defrag.

12. Pilih tas laptop yang sesuai

Cara merawat laptop terakhir adalah memilih tas laptop. Laptop didesain untuk memudahkan mobilisasi saat bekerja. Jika kamu memang tipe pekerja yang selalu membawa laptop kemana pun kamu pergi, pertimbangkan untuk berinvestasi pada tas laptop yang berkualitas baik. Pastikan ukurannya tepat dan memiliki tebal dan bantalan yang pas. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan saat laptop terlepas dari genggaman. Kamu juga dapat mempertimbangkan tas laptop yang memiliki beberapa compartment untuk menyimpan beda pribadi supaya tidak menggores laptop.

Baca juga: Risiko dan cara memilih VPN yang tepat 

Laptop dapat digunakan jangka panjang asalkan kamu tahu cara merawat laptop dengan baik dan benar. Yuk, terapkan mulai sekarang!

sign up EKRUT

Sumber:

  • jalantikus.com
  • nesabamedia.com
  • brilio.net

Tags

Share