Published on

Careers

Panduan pendaftaran SIPP online BPJS Ketenagakerjaan 2021

Muhammad Bimo Meifri Saptiawan

Panduan_SIPP_online_BPJS_Ketenagakerjaan_2021_dan_prosedur_pendaftarannya.png

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program pemerintah yang dijalankan oleh badan hukum publik BPJS yang bertujuan melindungi pekerja melalui beragam program. Program BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, hingga Jaminan Pensiun.

Para pekerja diwajibkan mengikuti program-program di atas dengan membayar iuran yang dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja sendiri. Nantinya apabila diperlukan, hasil akumulasi iuran tersebut dapat dicairkan. Apabila kamu berencana untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, jangan lupa untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan.

Dalam prosesnya, perusahaan diwajibkan melaporkan peserta BPJS melalui sistem yang disediakan. Sistem tersebut dikenal dengan SIPP online atau Sistem Pelaporan Peserta (SIPP). SIPP online biasanya diisi oleh bagian personalia atau HRD yang bertugas untuk mengurus kepegawaian. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, artikel ini akan membahas panduan lengkap SIPP online BPJS Ketenagakerjaan 2021, beserta prosedur pendaftarannya.

Syarat Pendaftaran SIPP online BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Pendaftaran SIPP online BPJS Ketenagakerjaan
SIPP Online digunakan perusahaan untuk mempermudah administrasi kepesertaan BPJS - EKRUT

SIPP online atau Sistem Pelaporan Peserta dibuat untuk mempermudah perusahaan dalam administrasi pendataan karyawannya yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain pendataan, ada beberapa hal yang dilakukan perusahaan menggunakan SIPP online, salah satunya adalah perhitungan iuran berdasarkan upah pekerja. Selain itu, SIPP online digunakan untuk melaporkan data upah pegawai dan jumlah pegawai dalam sebuah perusahaan. Data ini juga menjadi acuan pemerintah apabila adanya pembagian subsidi upah yang berkaitan situasi darurat seperti pandemi.

Untuk mendapatkan akses SIPP online, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh perusahaan. Syarat pendaftaran SIPP online adalah perusahaan wajib memiliki Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan identitas pengguna yang akan mengakses SIPP online BPJS Ketenagakerjaan. Data-data tersebut nantinya akan dimasukkan dalam formulir SIPP online BPJS Ketenagakerjaan. Untuk langkah-langkah beserta prosedur pendaftaran SIPP online, akan dijelaskan secara lengkap pada penjelasan selanjutnya.

Prosedur Pendaftaran SIPP online BPJS Ketenagakerjaan

Prosedur Pendaftaran SIPP online BPJS Ketenagakerjaan
Salah satu persyaratan SIPP Online adanya Nomor Pendaftaran Perusahaan - EKRUT

Sebelum mendaftar SIPP online, kamu diwajibkan sudah memiliki Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan data pengguna akun SIPP online. Kemudian, langkah selanjutnya untuk pendaftaran SIPP online, adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar untuk mendaftar SIPP online.
  • Isi Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi kamu pada kolom yang tersedia. Nama perusahaan akan terisi otomatis apabila data NPP valid dan terdaftar. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Isi data pengguna yang berisikan Email dan Password. Ulangi Password untuk memastikan sandi SIPP online benar. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Kolom selanjutnya berisikan data pengurus berupa nomor peserta KPJ. Isikan nomor peserta KPJ, Nama dan tanggal lahir, serta nomor ponsel yang aktif. Klik “Daftar” untuk melanjutkan.
  • Kamu diminta untuk memverifikasi nomor ponsel dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor terdaftar. Klik “Verifikasi” untuk melanjutkan.
  • Setelah berhasil mendaftar SIPP online, kamu akan menerima email konfirmasi serta aktivasi akun SIPP online. Klik tautan yang tersedia, dan masukkan email dan password yang sebelumnya telah didaftarkan.
  • Kini kamu sudah bisa mengatur data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan perusahaanmu.

Jika kamu bekerja di divisi personalia atau HRD, informasi di atas cukup penting untuk kamu ketahui. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lain yang bermanfaat bagi pekerjaan dan karir kamu, dapat daftar dan buat akun di EKRUT sekarang. Beragam manfaat bisa kamu dapatkan dan membantu karir kamu jauh lebih baik.

Keunggulan aplikasi SIPP online

Keunggulan aplikasi SIPP online
SIPP Online mempermudah perusahaan menghitung iuran bulanan - EKRUT

Aplikasi SIPP online menawarkan beragam manfaat dan kelebihan dalam hal proses administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya SIPP online, hal-hal yang menyangkut administrasi dapat dilakukan secara efisien, akurat, dan cepat. Di bawah ini merupakan beberapa fasilitas yang bisa dilakukan pengurus atau pemilik akun melalui SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

  • Menghitung biaya iuran karyawan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Memonitor iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Finalisasi atau pemeriksaan ulang apabila ada hal-hal yang tidak sesuai seperti data pegawai atau jumlah iuran. Selain itu perusahaan juga dapat memilih metode pembayaran.
  • Melihat dan mengelola laporan bulanan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Menambah tenaga kerja baru maupun menonaktifkan tenaga kerja.

Selain keunggulan fasilitas di atas, ada hal lain yang menjadi keunggulan dari fasilitas SIPP online. Hal-hal di bawah ini, menjadikan SIPP online sebagai platform yang aman dan menjaga kerahasiaan data dari perusahaan.

  • OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar untuk memastikan pengguna yang masuk dan registrasi bukan virtual agent.
  • Log out otomatis apabila pengguna tidak melakukan aktivitas selama 5 menit.
  • User ID dan Password dengan kombinasi karakter dibutuhkan untuk masuk ke SIPP online. Hal ini untuk memastikan tidak terjadi penyalahgunaan akun.
  • Email konfirmasi akan dikirim saat registrasi dan berisikan link aktivasi yang hanya bisa dilakukan oleh pemilik akun.
  • Adanya Firewall pada SIPP online untuk memastikan hanya pengguna yang dapat mengakses akun.
  • SSL 128-bit encryption untuk memastikan data terenkripsi dan menjaga keamanan data.

Nah, itulah panduan lengkap prosedur pendaftaran dari SIPP online BPJS Ketenagakerjaan. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi kamu yang sedang proses pendaftaran akun SIPP online. 

Jika kamu masih penasaran terkait pemilihan asuransi swasta yang tepat bagi pekerja, simak ulasan video di bawah ini.

sign up EKRUT

Tags

Share