Published on

startup

Skimming Price Adalah: Pengertian, Strategi, Plus Minus, dan Contohnya

Natasya Primatyassari

H1_Skimming_Price.jpg

Strategi penetapan harga penting untuk menentukan arah bisnis kamu. Pilihan itu dapat menguntungkan atau bahkan menghancurkan bisnis. Di antara berbagai macam strategi penetapan harga, skimming price menjadi salah satu metode yang sering digunakan.

Apa itu skimming price?


Skimming price dilakukan dengan menetapkan harga tinggi di awal peluncuran produk (sumber: pexels)

Dikutip dari accurate.id, skimming price adalah strategi penetapan harga yang dilakukan dengan cara menaikkan harga pada saat awal produk diluncurkan di pasar dan perlahan-lahan menurunkannya seiring berjalannya waktu. Metode skimming price dapat digunakan oleh bisnis jika memenuhi salah satu atau semua situasi berikut.

  • Bisnis memiliki merek dan basis pengguna yang mapan
  • Produk atau layanan baru yang revolusioner di pasar
  • Tidak ada pesaing
  • Jumlah calon konsumen cukup tinggi untuk produk tersebut

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Strategi skimming price


Strategi skimming price sering diterapkan di perusahaan gawai dan teknologi (sumber: unsplash)

Strategi skimming price bekerja dengan mengarahkan pelanggan yang memiliki daya beli dan keinginan untuk mendapatkan versi terbaru dari produk atau layanan tertentu dengan segera setelah tersedia di pasar.

Metode skimming price banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan besar dan cepat sebelum adanya kompetitor lain yang masuk ke pasar sekaligus menguji respon dari konsumen. Saat konsumen memberikan respon positif, permintaan pasar secara otomatis akan meningkat dan persaingan menjadi ketat. Setelah itu, agar jangkauan pembeli semakin banyak dan tetap bisa bersaing, produsen mulai menurunkan harga.

Metode skimming price cocok diterapkan oleh produsen barang-barang elektronik dan gawai seperti smartphone, laptop, komputer, dan smartwatch, yang baru saja meluncurkan produk terbarunya. Hal tersebut dikarenakan suatu brand teknologi sudah memiliki basis pengguna yang mapan dan pembeli yang potensial.

Baca juga: Panduan menyusun sales promotion yang efektif dan 6 contohnya

Kelebihan dan kekurangan skimming price


Strategi skimming price dapat membantu menciptakan buzz dan hype (sumber: freepik)

Keberhasilan penjualan produk dengan metode skimming price ini juga dipengaruhi model pemasaran yang digunakan. Dikutip dari accurate.id, berikut kelebihan dan kekurangan skimming price.

1. Mendapatkan BEP lebih cepat

Harga awal yang lebih tinggi sejak peluncuran produk membantu memulihkan jumlah yang diinvestasikan dalam penelitian dan pengembangan produk dengan cukup mudah. Hal ini juga membantu memulihkan biaya BEP atau break even point seperti biaya periklanan dan pemasaran dengan cepat.

2. Segmentasi yang tepat

Dengan menetapkan harga tinggi di awal, bisnis cenderung dapat menyaring pasar dalam kategori pelanggan yang berbeda-beda, mulai dari pengguna awal, loyalis merek, dan konsumen reguler. Hal ini juga selanjutnya dapat digunakan untuk membantu menginventarisasi pasar ketika mencoba bertualang ke segmen yang baru atau ketika akan memperkenalkan produk atau layanan yang lebih baru.

3. Menciptakan buzz dan hype

Harga yang lebih tinggi cenderung menarik berita dan liputan pers sehingga produk atau layanan tersebut akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan iklan dengan cukup mudah. Harga yang lebih tinggi juga membantu membangun citra merek yang lebih baik–jika sesuai dengan klaim yang ditawarkan dan diterapkan dengan benar–di antara konsumen.

4. Sebagian besar hanya manfaat jangka pendek

Strategi skimming price memang membantu meningkatkan margin keuntungan perusahaan, tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu. Setelah itu, pasar akan mendapatkan beberapa pesaing dan akan sulit mempertahankan harga yang tinggi pada produk atau layanannya. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya potensi penjualan dan basis pengguna jika bisnis tidak dapat menyesuaikan harga dalam jangka panjang.

5. Persaingan bertindak sebagai hambatan

Persaingan yang tinggi berarti angka penjualan produk atau jasa akan dipengaruhi oleh penurunan atau kenaikan harga. Persaingan menyebabkan barang mengikuti kurva permintaan elastis yang membuatnya tidak cocok untuk menerapkan strategi skimming price.

Contoh skimming price


Apple merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan strategi skimming price (sumber: pexels)

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, strategi ini mayoritas digunakan oleh perusahaan teknologi. Berikut beberapa contohnya seperti dilansir dari accurate.id.

1. Apple

Penetapan harga Apple pada jajaran ponsel pintarnya mengikuti strategi skimming price. Apple merilis model iPhone baru setiap tahun dan harga iPhone yang lebih baru cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada pesaing lainnya. Sementara itu, jajaran produk tahun sebelumnya mendapat potongan harga karena tidak lagi dianggap sebagai teknologi terbaru.

Apple dapat melakukan ini karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Pasti ada pembeli potensial untuk teknologi terbaru
  • Melakukan strategi skimming price tidak akan merusak citra mereknya
  • Metode skimming price membantu memantapkan citra Apple sebagai merek mewah

2. Sony

Meskipun Sony terkenal dengan produk televisinya, perusahaan ini juga menerapkan strategi skimming price pada jajaran produk konsol gim atau PlayStation mereka. Sebagai contoh, Sony PlayStation 3 awalnya diluncurkan dengan harga $599 karena mereka tidak memiliki pesaing dan penjualan produk sebelumnya, Sony PlayStation 2, laku keras.

Perusahaan tahu bahwa ada banyak pembeli potensial untuk PlayStation 3 dan mereka menetapkan harga peluncuran awal yang lebih tinggi. Harga PlayStation 3 kemudian diturunkan setiap tahun sampai akhirnya mencapai $299 dan dihentikan produksinya.

Baca juga: Prediksi tren digital marketing di tahun 2022

Sekarang kamu sudah mengerti, kan, mengapa perusahaan teknologi banyak menerapkan strategi skimming price?

Selain artikel di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai investasi, pengembangan karier, dan teknologi melalui artikel-artikel yang ada di EKRUT Media. Tak hanya itu, jika kamu tertarik untuk mengembangkan potensimu dalam pekerjaan yang sesuai, kamu bisa mendaftarkan dirimu di EKRUT dan sambut kesempatan tersebut sekarang juga!

Sumber:

  • accurate.id
  • simulasikredit
  • mas-software

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_(1).jpg

    Lainnya

    Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

    Gloria Renatha

    05 July 2022
    5 min read
    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Bedanya_Sanering__Redenominasi_dan_Devaluasi_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Bedanya Sanering, Redenominasi, dan Devaluasi, beserta Contohnya

    Lita Lia

    05 July 2022
    5 min read

    Video