Published on

Careers

Panduan menyusun sales promotion yang efektif dan 6 contohnya

Sherentina Rhany K

H1.jpg

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan strategi pemasaran yang sesuai agar produk dapat dikenal oleh orang secara luas dan meningkatkan penjualan. Strategi tersebut adalah sales promotion.

Baca juga: Mengenal perusahaan dagang beserta 4 hal penting yang harus diperhatikan

Apa itu sales promotion?


Sales promotion adalah strategi pemasaran yang populer di perusahaan besar maupun kecil. (Sumber: Pexels)

Sales promotion adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan mempromosikan produk melalui adanya suatu kampanye jangka pendek untuk menarik minat konsumen hingga akhirnya dapat menciptakan permintaan produk atau penawaran lainnya. Sales promotion sendiri merupakan termasuk dalam bagian inti dari bauran promosi. Nah, untuk membangun hubungan yang baik dalam jangka panjang dengan calon konsumen, kamu harus mengetahui jenis penjualan yang sesuai dengan target pasar produk kamu.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Apa tujuan sales promotion?


Umumnya tujuan utama sales promotion adalah meningkatkan penjualan produk. (Sumber: Pexels)

Tujuan utama dari sales promotion adalah meningkatkan penjualan jangka pendek atau sementara. Namun jika dilansir dari Feedough, terdapat tujuan lainnya yang perlu kamu ketahui seperti:

1. Menciptakan pasar untuk produk baru

Terkadang sulit untuk menciptakan adanya permintaan terhadap produk baru di pasar dengan produk serupa. Maka dari itu, perusahaan dapat memilih untuk meningkatkan penjualan melalui strategi sales promotion seperti diskon dan sebagainya agar dapat meningkatkan daya tarik dan membuat lebih banyak orang untuk mencoba produk tersebut.

2. Upaya pembersihan produk lama

Adanya sales promotion juga dapat digunakan untuk menjual produk lama agar dapat diganti dengan produk yang lebih baru. Perusahaan cenderung memakai strategi sales promotion untuk menangani masalah ini karena strategi ini mampu menarik konsumen dan menaikan penjualan pada produk lama.

Baca juga: Begini cara menciptakan strategi pemasaran yang efektif

3. Meningkatkan brand awareness

Melalui sales promotion juga dapat membantu meningkatkan brand awareness. Adanya sales promotion membuat orang berlomba–lomba untuk membeli produk, otomatis dengan begitu strategi ini dapat meningkatkan brand awareness yang nantinya dapat menguntungkan bagi brand yang kamu miliki.

4. Meningkatkan loyalitas konsumen

Konsumen akan semakin loyal dengan adanya sales promotion seperti giveaway hingga voucher yang dapat menguntungkan bagi konsumen. Selain itu, dengan adanya kepuasan yang diperoleh, konsumen dapat dengan sendirinya mempromosikan produk kamu sehingga dapat menarik konsumen baru.

5. Untuk tetap kompetitif

Meneliti dan menganalisis produk milik pesaing tidak cukup untuk meningkatkan penjualan produk, maka dari itu adanya sales promotion ini dapat menjadi usaha untuk tetap kompetitif dan mempertahankan posisi di pasar.

Cara menyusun sales promotion yang efektif


Untuk mendapat hasil yang baik ketika melakukan sales promotion adalah kenali produk dengan baik. (Sumber: Pexels)

Kamu perlu memastikan jika teknik sales promotion yang akan kamu lakukan dapat sesuai dan berjalan dengan efektif. Nah, kamu dapat mengaplikasikan beberapa tips yang dilansir dari Pipedrive ini agar dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan.

  • Tetapkan tujuan kamu dalam melakukan sales promotion
  • Tetapkan target pasar yang kamu inginkan
  • Tawarkan nilai praktis yang sesuai dengan produk
  • Tanamkan metode tinjau, uji, dan tingkatkan
  • Sesuaikan sales promotion pada momen tertentu
  • Ciptakan rasa urgensi untuk membeli produk
  • Buatlah program loyalitas untuk mempromosikan penawaran

Baca juga: Mengenal brand marketing dan strategi yang bisa digunakan

6 Contoh sales promotion


Giveaway sales promotion adalah strategi pemasaran yang cukup populer digunakan oleh perusahaan yang menerapkan online–shopping. (Sumber: Pexels)

Setelah kamu mengetahui cara menyusun sales promotion yang efektif untuk produk kamu, kamu dapat menerapkan teknik sales promotion di bawah ini.

1. Hadiah gratis

Siapa yang tidak suka dengan hadiah? Jika kamu merupakan pemula dan akan segera meluncurkan produk baru, kamu bisa mencoba teknik ini. Metode sales promotion ini akan membantu kamu menjangkau pasar yang besar dengan cepat dan membangun brand awareness. Selain itu, pemberian hadiah atau reward untuk konsumen juga dapat digunakan sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen lama yang loyal pada produk kamu.

2. Sample gratis

Hampir sama dengan hadiah gratis, pemberian sample gratis juga dapat meningkatkan brand awareness dari produk yang kamu tawarkan. Teknik ini memberi kesempatan pada konsumen untuk dapat mencoba produk yang dipasarkan terlebih dahulu secara gratis dan nantinya dapat membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Baca juga: Strategi pemasaran online yang efektif di tahun 2022

3. Voucher dan kupon


Voucher sales promotion adalah strategi pemasaran yang sudah lama diterapkan oleh perusahaan besar. (Sumber: freepik.com)

Adanya voucher dapat meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Konsumen akan kembali membeli produk dengan voucher yang diberikan karena dengan adanya voucher tersebut, konsumen merasa harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. Selain itu, teknik voucher sales promotion adalah cara yang tepat untuk membuat konsumen tergiur untuk menjadi pelanggan tetap. 

4. Diskon


Discount sales promotion adalah strategi yang paling digemari konsumen ketika menjelang tahun baru. (Sumber: freepik.com)

Diskon merupakan teknik yang sudah diaplikasikan sejak lama. Sales promotion ini sangat sering digunakan oleh perusahaan karena dianggap saling menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak konsumen maupun perusahaan. Dengan diskon, perusahaan dapat segera mengosongkan gudang untuk produk baru dan konsumen dapat membeli lebih banyak produk dengan harga yang lebih terjangkau. Umumnya, diskon besar–besaran akan diterapkan pada momen–momen tertentu seperti saat pergantian musim, liburan, hari perayaan seperti akhir tahun menjelang perayaan tahun baru.

5. Giveaway

Giveaway sales promotion adalah kegiatan memberi produk kamu secara gratis melalui kompetisi yang kamu adakan di media sosial. Umumnya, mereka yang ingin mendapatkan produk tersebut harus berusaha dengan cara membagikan informasi ini kepada orang–orang di media sosial mereka dan menandai akun brand tersebut. Dengan begitu, tanpa disadari teknik giveaway ini dapat menjadi ajang promosi gratis yang bisa kamu dapatkan dari orang–orang yang bersedia mengikuti kompetisi yang telah kamu buat.

6. Buy one get one free


Buy one get one free sales promotion adalah salah satu strategi perusahaan untuk menghabiskan produk lama. (Sumber: freepik.com)

Buy one get one free sales promotion adalah teknik sales promotion yang cukup populer dimana dua produk ditawarkan dengan harga satu. Hal ini sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk baru atau mengosongkan inventaris di akhir musim.

Baca juga: Guerilla marketing: strategi pemasaran unik untuk brand

Sekian penjelasan mengenai sales promotion beserta contohnya. Semoga adanya ulasan di atas dapat membantu kamu untuk mengetahui mana strategi sales promotion yang cocok dengan brand kamu, ya!

Apabila kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa memulai kariermu dengan mendaftarkan diri di EKRUT. EKRUT menyediakan berbagai kesempatan kerja yang dapat kamu sesuaikan dengan bidang yang kamu kuasai. Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Membuat strategi Social Media Marketing yang efektif — Aldy Zulfikar, Social Media Lead at ShopeePay” di bawah ini.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • pipedrive.com
  • sendpulse.com
  • feedough.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video