Published on

Careers

8 Skills yang harus dimiliki social media specialist

Maria Tri Handayani

social-media-specialist---EKRUT.jpg

Meningkatnya penggunaan media sosial membuat Social Media Specialist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari perusahaan di era digital seperti sekarang.

Keberadaannya memainkan peran penting dalam menunjang kebutuhan perusahaan seperti untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, branding dan dalam hal strategi pemasaran. 

Lantas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang social media specialist? Jika iya, pastikan kamu sudah menguasai beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang social media specialist ini ya. 

Keahlian di bidang media sosial

social media specialist - EKRUT
Social media specialist harus memiliki hard skill yang sesuai - EKRUT

Tentu agar kamu dapat menjadi social media specialist kamu membutuhkan kemampuan dasar di bidang media sosial. 

Ini mencakup kemampuan dalam menggunakan tools media sosial, tools analytic, social media ads hingga mengetahui jenis konten apa yang paling tepat di setiap platform dan cara mengoptimalkannya. 

Baca juga: 8 social media tools terpercaya dan cocok untuk marketing konten

Kemampuan analisis

social media specialist - EKRUT
Kemampuan analisis dibutuhkan dalam merancang kampanye media sosial - EKRUT

Kemampuan analisis memainkan peran penting dalam membantumu menjalankan peran sebagai social media specialist. Kamu akan membutuhkan kemampuan ini untuk menganalisis dan menilai data media sosial, menganalisis metrik konversi yang ada dan membuat laporan media sosial. 

Melakukan analisa dengan tepat akan membantumu merancang strategi yang lebih tepat dalam aktivitas dan kampanye di media sosial. 

Kreativitas 

social media specialist - EKRUT
Dengan kreativitas kamu dapat merancang postingan yang menarik follower - EKRUT

Penelitian menunjukkan bahwa 21 persen pengguna media sosial akan berhenti mengikuti brand di media sosial jika konten yang dibagikan dianggap tidak menarik, monoton dan membosankan. Untuk itu seorang social media specialist baiknya memiliki kreativitas sebagai skill penunjang. 

Kamu harus dapat memunculkan ide-ide baru yang menarik, kreatif dan inovatif dalam merancang kampanye di media sosial sehingga tidak hanya tetap menjaga keterlibatan follower, kamu juga dapat membantu media sosial perusahaan tetap menonjol di banding pesaing lainnya. 

Kemampuan copywriting dan storytelling 

social media specialist - EKRUT
Membuat caption yang menarik juga tak kalah penting - EKRUT

Seorang social media specialist menjadi suara dibalik saluran media sosial perusahaan. Ia bertugas untuk memberi pemahaman orang-orang akan perusahaanmu melalui media sosial. Untuk melakukan tugasnya tersebut kamu harus memiliki skill dalam menulis dan storytelling yang kuat. 

Dengan memiliki kemampuan ini kamu tidak hanya akan dapat menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang dapat menarik follower, namun juga dapat menciptakan tone yang tepat di semua platform media sosial perusahaan. 

Visual Aesthetic yang kuat 

social media specialist - EKRUT
Setidaknya kamu harus bisa menggunakan tools pembuat konten sederhana seperti Canva - EKRUT

Aspek visual tidak dapat dipungkiri sangat penting dalam media sosial. Pasalnya dalam brand storytelling tidak hanya cukup dilakukan dengan kata-kata saja, namun juga membutuhkan presentasi estetik yang menarik di semua platform. 

Untuk itu, memiliki selera desain yang baik dan mampu menerjemahkannya menjadi konsep dan konten yang menarik adalah hal yang harus dimiliki social media specialist. 

Ini bukan berarti kamu harus terampil dalam hal desain menggunakan photoshop. Namun, setidaknya kamu dapat menggunakan alat pembuat konten sederhana seperti canva, giphy atau adobe spark yang dapat membantumu dalam menciptakan postingan yang menarik.  

Kemampuan membaca dan mengikuti tren 

social media specialist - EKRUT
Membaca tren akan membuatmu dapat merancang konten yang relevan - EKRUT

Dalam industri yang terus berubah, adalah sebuah keharusan untuk tetap mampu memperbarui pengetahuan tentang tren, tools, aplikasi, praktik dan teknologi terbaik di dunia media sosial. Kemampuan ini dapat membantumu dalam menghasilkan konten yang tetap relevan.

Baca juga: 5 Tips social media marketing yang wajib kamu ketahui

Manajemen komunitas 

social media specialist - EKRUT
Terlibat dan terhubung dengan komunitas adalah tujuan brand memiliki media sosial - EKRUT

Tujuan utama keberadaan media sosial bagi brand adalah untuk terhubung dan terlibat dengan pelanggan yang menjadi komunitasnya secara efektif.  Untuk itu kamu harus memiliki kemampuan dalam membangun koneksi dan terlibat aktif dengan komunitas online dan pelanggan potensial di berbagai jejaring sosial brand. 

Pengetahuan SEO 

social media specialist - EKRUT
Mengetahui SEO dasar akan membantu social media specialist - EKRUT

Memiliki pengetahuan SEO akan sangat membantu social media specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu menarik audiens yang lebih besar dan mengarahkan ke lebih banyak pelanggan potensial. 

Itulah beberapa skill yang sebaiknya dimiliki seorang social media specialist. Karena itu jika kamu benar-benar ingin memulai mengembangkan karier di bidang ini cobalah untuk menguasi beberapa skill yang dijelaskan di atas, ya. 

social media specialist -  EKRUT

Sumber: 

  • medium.com
  • getsmarter.com
  • digitalmarketinginstitute.com
     

Tags

Share