jobs

Social Media Marketing (SMM): Manfaat, Pilar Utama, Platform, Hingga Strateginya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Nur Rosita Dewi

An experienced Content Writer since 2015.

social-media-marketing-adalah-EKRUT.jpg

Pemasaran melalui media sosial atau social media marketing saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, banyak orang mulai menggunakan platform media sosial baik untuk bersosialisasi, mencari informasi hingga berbelanja. 

Namun apa itu social media marketingSocial media marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan produk dan jasa secara luas. Cara ini telah teruji efektif untuk memajukan bisnis suatu perusahaan.

Tak heran jika kini semakin banyak perusahaan yang menerapkan social media marketing dalam bisnisnya. Lantas apa saja manfaat dari social media marketing? Simak di sini selengkapnya.

Apa itu Social Media Marketing (SMM)?

Apa itu Social Media Marketing
Media sosial juga dapat digunakan untuk memonitor percakapan audiens terhadap sebuah bisnis. (Sumber: Pexels)

Merujuk pada Hubspot, social media marketing adalah proses pembuatan konten di media sosial untuk mempromosikan sebuah produk dan/atau layanan, membangun komunitas dengan target audiens, dan mendatangkan kunjungan ke bisnis kamu.

Penggunaan Social Media Marketing (SMM) saat ini digunakan tidak hanya sekadar posting konten untuk menghubungkan bisnis ke konsumen. Melalui pembuatan konten, sebuah bisnis bisa mendapatkan kunjungan (traffic) ke website yang selanjutnya berpotensi melakukan transaksi atau pembelian. 

Manfaat social media marketing bagi bisnis

social media marketing adalah 
Ada banyak kelebihan yang bisa dirasakan dengan menerapkan strategi social media marketing - EKRUT

Untuk memberimu gambaran kenapa social media marketing perlu dilakukan untuk setiap bisnis di era sekarang ini, kamu bisa melihat keunggulan dari pemasaran modern ini, yaitu:

1. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Daftar pertama dalam manfaat social media marketing bagi bisnis yakni meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa perusahaan yang menargetkan pelanggannya dari kalangan milenial, harus tahu bila melalui social media marketing adalah upaya untuk membuat mereka terikat dengan merek. Kenapa? Sebab melalui social media marketing pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan brand memudahkan mereka mencari informasi tentang produk.

Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan pertanyaan mereka bisa terjawab dengan baik. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa pelanggan milenial merupakan pelanggan yang setia diantara pelanggan lainnya.

2. Hemat biaya

Social media marketing adalah bagian dari strategi pemasaran paling efektif dan efisien saat ini. Perusahaan hanya perlu mendaftar dan membuat profil gratis untuk semua platform media sosial dan setiap promosi berbayar merupakan investasi dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan promosi pemasaran dengan jenis lainnya. 

Untuk mencoba pemasaran melalui media sosial ini, kamu bisa menggunakan iklan dengan biaya yang rendah terlebih dahulu untuk melihat dampaknya. Seiring waktu bila kamu melihat pengaruh yang baik dari pemasaran ini, kamu bisa menambah anggaran pemasaran tersebut. 

3. Meningkatkan brand awareness

Manfaat lain dari social media marketing adalah jenis pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Dengan menerapkan strategi media sosial, perusahaanmu akan mendapatkan pengakuan merek sebab lewat media sosial itu perusahaan akan dikenal oleh khalayak umum. Buatlah konten-konten yang menarik sehingga memiliki kemungkinan konten itu disukai bahkan dibagikan oleh pelanggan. Disamping itu kamu juga bisa berupaya membangun interaksi yang baik dengan mereka di media sosial. Perlahan-lahan itu akan mendongkrak reputasi perusahaan.

 4. Bisa menganalisis pasar 

Keuntungan berharga dari menggunakan pemasaran secara media sosial yakni mendapatkan wawasan pelanggan yang lebih luas. Mengetahui tentang apa yang mereka minati, mereka harapkan, apa yang mereka tidak suka bahkan kebiasaan merekapun perusahaan akan tahu. Lewat media sosial itu pula perusahaan bisa membuat riset untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang ada atau tidak serta mengetahui tren yang sedang ramai di pasaran.

Baca juga: Ini perbedaan Social media marketing vs content marketing

5 Pilar utama dalam Social Media Marketing (SMM)

5 Pilar utama dalam Social Media Marketing (SMM)
Media sosial juga dapat digunakan untuk memonitor percakapan audiens terhadap sebuah bisnis.(Sumber: Pexels)

Saat ingin menjalankan pemasaran media sosial, salah satu aspek yang wajib diperhatikan ialah bagaimana cara menyampaikan pesan dengan efektif dan tepat. Media sosial dapat menyebarkan pesan tersebut kepada target audiens, baik dengan organik maupun berbayar. Pemasaran media sosial juga memungkinkan perusahaan untuk terus belajar mengenal audiensnya secara personal maupun demografisnya. Hal inilah yang selanjutnya digunakan perusahaan untuk membuat pesan dan konten yang relevan dan atraktif bagi audiensnya.

Adapun 5 pilar utama dalam social media marketing yang perlu dipahami antara lain, strategi, perencanaan dan publikasi, listening and engagement, analisa dan laporan, dan juga iklan.

1. Strategi

Sebelum mempublikasikan konten di media sosial, kamu perlu memikirkan mengenai strategi untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas dan juga berkelanjutan. Langkah pertama untuk membuat strategi media sosial, kamu dapat berangkat dari beberapa pertanyaan penting berikut ini yang perlu kamu jawab, yaitu;

  • Apa gol atau tujuan dari media sosial yang akan kamu jalankan? Bagaimana media sosial dapat berkontribusi bagi bisnis perusahaan? Seperti yang kita ketahui, media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness, mengedukasi audiens, hingga mengantarkan transaksi atau penjualan. Pertanyaan ini perlu kamu rumuskan dan jawab sebelum menjalankan social media marketing.
  • Media sosial apa yang akan menjadi fokusmu? Terdapat berbagai jenis platform media sosial yang dapat digunakan, mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, Youtube, LinkedIn, dan lain sebagainya. Di sini kamu perlu menentukan fokus ke setiap media sosial tersebut, mana yang akan dijadikan sebagai "tempat jualan" (meningkatkan sales), membangun komunitas atau merespon pertanyaan user, begitupun dengan membangun brand awareness.
  • Seperti apa tipe konten yang ingin dibagikan? Konten mana yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan? atau jenis konten seperti apa yang dapat menjangkau audiens baru, hingga jenis konten yang dapat lebih mengedukasi audiens untuk lebih mengenal brand kamu.

2. Perencanaan dan publikasi

Social media marketing dalam sebuah brand baru biasanya dimulai dari konsistensi untuk mempublikasikan kontennya. Dengan membuat perencanaan dan publikasi yang konsisten, kamu akan mendapatkan kunci pembelajaran untuk terus meningkatkan performa media sosial yang dijalankan. Mulailah dengan membuat perencanaan yang menyeluruh, baik perencanaan jangka pendek (mingguan dan bulanan) hingga perencanaan jangka panjang (kuartal, semester, dan tahunan).

3. Listening and engagement

Seiring dengan berkembangnya media sosial yang kamu jalankan, interaksi di dalamnya juga akan semakin banyak dan meningkat. Mulai dari komentar, reviu, kritik atau keluhan, hingga pertanyaan yang disampaikan melakui direct message. Percakapan di media sosial seperti ini perlu untuk kamu jaga dan monitor secara berkala agar reputasi yang positif terhadap brand kamu.

4. Analisa dan laporan

Setelah kamu menjalankan perencanaan dan publikasi konten di media sosial secara konsisten, kamu perlu mengukur performanya secara reguler. Apakah pertumbuhan followers positif dari waktu ke waktu?, atau apakah kontribusi sales yang diantarkan dari media sosial mengalami peningkatan?, hingga performa konten yang spesifik seperti rata-rata jangkauan dan engagement rate yang dihasilkan.

5. Iklan

Untuk brand yang baru memulai social media marketing, iklan adalah salah satu hal yang penting untuk direncanakan dan jalankan. Seperti yang kita ketahui, iklan di media sosial akan berbanding lurus untuk menunjang performanya secara organik menjadi lebih cepat. Jika brand kamu menjalankan iklan di media sosial secara konsisten, maka kamu juga perlu mengintegrasikan konten yang akan dipublikasikan agar hasilnya maksimal. 

Strategi social media marketing yang efektif

social media marketing adalah EKRUT
Setiap media sosial memiliki jangkauan pengguna yang berbeda, jadi pastikan kamu menyusun strategi sesuai dengan platformnya - EKRUT

Sebelum menerapkannya dalam bisnis, kamu wajib mengetahui teknik dan tips menggunakan social media marketing yang baik. Berikut adalah beberapa tips dari kami yang bisa kamu lakukan.

1. Buat rencana dan tentukan target

Sebelum mulai menggunakan social media marketing dalam bisnismu, kamu harus membuat rencana yang terlebih dahulu. Dengan rencana dan target, kamu bisa mengukur kesuksesan dalam memanfaatkan social media marketing. Target juga harus spesifik dan jelas supaya kamu mudah untuk meraihnya. Selain itu, dalam menentukan target dan tujuan juga harus relevan serta realistis sehingga kamu benar-benar bersemangat untuk mencapainya.

2. Identifikasi audiens bisnis kamu

Setelah membuat rencana dan menentukan target, kamu wajib mengidentifikasi siapa audiens atau customer kamu. Social media marketing tidak akan efektif jika kamu tidak membuatnya untuk orang yang benar-benar membutuhkan.

3. Pilih platform media sosial yang terbaik untuk bisnis kamu

Strategi menjalankan social media marketing yang baik lainnya adalah memilih platform media sosial sesuai bisnis yang kamu tekuni. Perlu kamu ingat, setiap saluran media sosial yang berbeda menjangkau user atau audiens yang berbeda pula. Untuk itu, tujuan serta target marketing di setiap platform media sosial juga harus berbeda dan disesuaikan. Kamu juga harus memastikan strategi dan target yang ingin dicapai harus dibedakan dari masing-masing channel media sosial.

Baca juga: Begini 5 cara mengoptimalkan social listening

social media marketing adalah - EKRUT
Mengetahui tren saat ini dan menggunakannya jika relevan dengan bisnismu saat ini merupakan hal yang penting - EKRUT

4. Ketahui apa yang sedang tren

Setelah tiga tahap di atas, kamu juga harus memerhatikan dan mengetahui apa yang sedang trending di masing-masing platform social media. Jika kamu melihat peluang yang sedang banyak dibincangkan tersebut sejalan dengan tujuan bisnis kamu, manfaatkan hal tersebut. 

Jangan menggunakan hal yang sedang trending jika tidak masuk dengan bisnismu. Pastikan setiap ide yang kamu jalankan relevan dengan bisnis atau bidang yang kamu geluti. Dari sini, terlihat jelas bahwa semua rencana serta target yang sudah ditentukan di awal dapat mengarahkan dan memandumu untuk tetap berada di jalur.

5. Ciptakan hubungan dua arah

Dalam membangun social media marketing yang sukses, kamu harus membangun relasi dan hubungan dengan followers atau user kamu. Inilah manfaatnya media sosial karena kamu bisa memanfaatkannya untuk mengobrol dan berinteraksi langsung dengan pengguna. Ketika pengguna terlibat dan senang dengan konten atau iklan organik yang kamu jalankan, hal tersebut akan membangun kepercayaan yang sangat bermanfaat untuk strategi bisnis ke depannya.

Baca juga: Mengenal sentiment analysis dan perannya dalam data media sosial

Itulah beberapa cara membangun social media marketing yang baik untuk memanjukan usahamu. Jadi, dari beberapa hal di atas, mana yang belum kamu jalankan?

Jika ada yang belum kamu jalankan, mulailah untuk mempraktikkan beberapa hal di atas agar social media marketing bisnismu bisa semakin melejit dan tepat sasaran. 

social media marketing adalah EKRUT
 Last update 11 July 2020

Sumber: 

  • hootsuite.com
  • sproutsocial.com
  • lyfemarketing.com
  • bluefountainmedia
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read

    Video