Published on

Careers

4 Contoh surat rekomendasi kerja dan cara menyiapkannya

Maria Tri Handayani

surat-rekomendasi-kerja---EKRUT.jpg

Surat rekomendasi kerja dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk melihat seberapa baik kinerjamu di perusahaan sebelumnya. Jika kamu diminta menyiapkan surat rekomendasi kerja, pastikan kamu tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuatnya.

Agar proses kamu mendapatkan perkerjaan baru dapat berjalan lancar, berikut adalah deretan hal yang perlu kamu perhatikan saat menyiapkan surat rekomendasi kerja. 

 

Apa itu surat rekomendasi kerja dan bagaimana manfaatnya?


Disebutkan oleh thebalancecareers.com, bahwa surat rekomendasi kerja adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang dapat membuat rekomendasi dari pekerjaan atau performa akademis seseorang. 

Surat ini biasanya dikirimkan ke bagian HRD atau petugas penerimaan siswa yang membuat keputusan untuk menerima seseorang untuk bekerja atau menjadi kandidat. 

Surat rekomendasi berisi deskripsi dari kompetensi dan keterampilan yang dimiliki seseorang, yang juga dikaitkan dengan pekerjaan atau edukasi yang dituju. 

Surat rekomendasi kerja biasanya ditulis oleh atasan di tempat kerja sebelumnya, profesor atau dosen di kampus, kolega, bahkan klien. 

Surat rekomendasi kerja memiliki beberapa manfaat yang cukup penting, berikut beberapa manfaat untuk kandidat yang disebutkan oleh careertrend.com seperti:

1. Surat rekomendasi membangun kredibilitas kamu

Bukti pengalaman kerja, pencapaian dan keterampilan kamu adalah hal yang ingin dilihat oleh pemberi kerja dalam surat rekomendasi kerja kamu. 

Surat rekomendasi kerja juga bertindak sebagai pemberi informasi yang lebih mendalam dari resume yang kamu tulis. 

Saat surat rekomendasi kerja yang ditulis sesuai dengan posisi yang kamu lamar, pemberi kerja dapat mengetahui lebih serius mengenai kesiapan kamu dalam melamar posisi tersebut.

2. Meningkatkan keyakinan pemberi kerja kepada kamu

Saat pemberi kerja membaca bagaimana kamu dihargai oleh atasan kamu sebelumnya, dosen/profesor atau juga orang lain yang memiliki otoritas, hal ini akan memberikan aura kompetensi dalam citra kamu.

Tentunya hal ini dapat menghilangkan beberapa kecemasan pemberi kerja dalam membuat pilihan untuk merekrut seseorang. Namun penting untuk selalu berkata jujur dan tidak melebih-lebihkan sesuatu, menggunakan kata dan bahasa yang positif adalah hal yang lebih baik. 

3. Aplikasi kamu lebih mudah dievaluasi

Biasanya, referensi adalah hal yang jarang diperiksa oleh pemberi kerja. Sebaliknya, surat rekomendasi kerja memberikan informasi yang segar dan langsung ditulis oleh orang yang memberikan referensi untuk kamu. 

Surat rekomendasi kerja biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk ditulis, sehingga kamu harus rajin memeriksa dan menanyakan soal kemajuan penulisan surat tersebut. 

4. Kamu dapat mengontrol surat rekomendasi kerja yang kamu tulis sendiri

Sering terjadi, ketika mantan atasan kamu tidak punya waktu untuk menuliskan sendiri surat rekomendasi kerja untuk kamu, sehingga cara tercepat dan terbaik adalah kamu yang menuliskan surat tersebut sendiri. 

Gunakan kesempatan ini untuk menyoroti pencapaian, keterampilan dan kebiasaan kerja yang menurut kamu dapat dinilai berharga bagi perusahaan tujuan kamu.

5. Surat rekomendasi kerja membuat kamu memiliki keuntungan dibanding pelamar lain

Seperti yang sudah disebutkan di atas, surat rekomendasi kerja akan sangat membantu kamu dalam melamar sesuatu. Hal ini juga akan membuat kamu lebih unggul dibandingkan pelamar lainnya. 

Surat rekomendasi kerja juga bisa mengimbangi pengalaman kerja yang lebih sedikit atau pendidikan yang kurang formal. Apalagi jika surat rekomendasi kerja kamu bisa menyorot poin penting tentang etos kerja kamu yang kuat dan karakter baik yang kamu miliki.

Kepada siapa kamu harus meminta surat rekomendasi kerja?

surat rekomendasi kerja - EKRUT
Tidak semua orang dapat kamu mintai surat rekomendasi kerja - EKRUT

Sebelum kamu memutuskan kepada siapa kamu akan meminta surat rekomendasi kerja, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya saja, dengan siapa dulu kamu bekerja sama. 

Agar semakin paham, berikut adalah beberapa pihak yang bisa kamu pilih untuk dimintai surat rekomendasi.

Referensi profesional yang tepat

Penting bagi kamu untuk meminta surat rekomendasi kerja kepada orang yang dapat mengonfirmasi di mana kamu bekerja, jabatan kamu saat itu, alasan kenapa kamu pindah kerja hingga hal-hal seperti kelebihan kamu sebagai seorang karyawan.

Beberapa pihak tersebut misalnya saja sepert,: HRD, manager, atau supervisor.  

Jika kamu ragu untuk meminta surat rekomendasi terhadap beberapa pihak tersebut, karena tidak ingin membahayakan posisi kamu sekarang, kamu juga bisa meminta rekomendasi kerja dari atasan di perusahaan sebelumnya. 

Referensi dari luar perusahaan

Selain orang-orang di dalam perusahaan, kamu juga bisa meminta surat rekomendasi kepada pihak yang secara teknis berada di luar perusahaan tersebut. 

Contohnya seperti, kolega bisnis, profesor kuliah, atau pelanggan setia. Bila kamu aktif dalam kegiatan sukarelawan, kamu juga bisa meminta surat rekomendasi terhadap pimpinan organisasi atau anggota organisasi lainnya.

Baca juga: 3 Langkah tepat saat diminta surat referensi oleh HRD

Format penulisan surat rekomendasi kerja 


Penting untuk memperhatikan format penulisan surat rekomendasi kerja  - EKRUT

Indeed.com menjelaskan bahwa dalam membuat surat rekomendasi kerja kamu harus menyertakan lima hal berikut:

1. Perkenalan singkat 

Di dalam surat rekomendasi kerja ini, harus tertera mengenai siapa penulis, apa hubungan penulis dengan kandidat. 

Perlu juga dituliskan pengalaman profesional penulis atau keahlian penulis, untuk dapat memberi perkenalan bahwa penulis adalah orang yang sesuai untuk memberikan rekomendasi. 

2. Ringkasan 

Hal lain yang tidak lupa harus dituliskan dalam surat rekomendasi kerja adalah ringkasan dari kekuatan yang dimiliki kandidat. 

Misalnya pengalaman penulis selama berhubungan dengan kandidat, sehingga dapat lebih jelas mendeskripsikan kekuatan dari kandidat tersebut. 

3. Kisah pribadi

Sedikit kisah pribadi yang dapat menjelaskan satu hingga dua sifat yang dimiliki kandidat juga perlu ditulis. 

4. Kalimat penutup

Surat rekomendasi kerja ini kemudian diakhiri dengan kalimat penutup yang dapat merangkum mengapa penulis bersedia menuliskan rekomendasi tentang kandidat dan mengapa kesempatan tersebut sesuai dengan keadaan dan kemampuan kandidat. 

5. Tanda tangan

Di akhir surat rekomendasi kerja ini, perlu dibubuhkan tanda tangan dari penulis. Berikut juga nama jelas dan kontak informasi. Sehingga jika ada hal yang perlu ditanyakan, penulis dapat dihubungi. 

Berikut beberapa tips untuk menulis surat rekomendasi kerja, seperti:

  • Buatlah surat rekomendasi kerja yang bernada positif. Surat yang dituliskan harus menjelaskan bahwa kandidat adalah potensi yang kuat untuk pekerjaan yang dituju. Hindari membuat komentar yang bertolak belakang dengan hal-hal positif yang dituliskan tadi. 
  • Gunakan format dan bahasa yang formal. Menggunakan bahasa yang formal dan sopan dalam menulis surat rekomendasi kerja adalah hal yang penting. 
  • Fokus untuk menyebutkan kualifikasi atau kualitas kandidat yang paling penting dan dapat berpengaruh besar terhadap keputusan apakah kandidat adalah pilihan yang cocok. Berikan juga contoh spesifik yang menggambarkan kesesuaian kandidat untuk posisi yang dituju. 
  • Ikuti instruksi yang diminta atau diinginkan. Sebelum menulis surat rekomendasi kerja, tanyakan kepada kandidat bagaimana surat tersebut akan dikirimkan dan kapan surat tersebut dibutuhkan, agar tidak berpengaruh negatif terhadap status lamaran kandidat. 

Bagaimana cara meminta surat rekomendasi kerja?

surat rekomendasi kerja - EKRUT
Agar keinginanmu berhasil, utarakan maksudmu meminta surat rekomendasi kerja tersebut dengan sopan dan baik - EKRUT

Kamu mungkin merasa tidak nyaman ketika harus meminta surat rekomendasi kerja untuk keperluan pencarian kerja. Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti agar proses kamu mendapatkan surat rekomendasi tersebut bisa terlihat profesional dan efisien.

Utarakan keinginanmu tersebut secara langsung 

Utarakan lebih dahulu keinginanmu untuk meminta surat rekomendasi kerja tersebut kepada masing-masing individu secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa memastikan pihak-pihak tersebut sungguh bersedia memenuhi permintaanmu.

Jangan lupa mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada pihak tersebut atas dukungan yang telah mereka berikan kepadamu di masa lalu dan untuk pertimbangan mereka tentang permintaan surat rekomendasi kerja yang kamu utarakan tersebut.

Penghargaan dan rasa terima kasih yang kamu ungkapkan juga bisa membujuk mereka untuk dapat menuliskan surat rekomendasi kerja yang positif untuk kamu. 

Setelah setiap pihak bersedia, kamu sebaiknya mengirim permintaan rekomendasi secara formal dengan menyertakan beberapa informasi yang bisa digunakan sebagai panduan, seperti: 

  • Pengantar yang menjelaskan tentang kebutuhan kamu terhadap referensi kerja tersebut 
  • CV terbaru 
  • Posisi dan tanggung jawab saat itu 
  • Kenapa mereka menilai kamu memenuhi syarat yang dibutuhkan perusahaan 
  • Keberhasilan atau keterampilan kerja  yang relevan 

Selanjutnya kamu juga dapat memberikan informasi kapan kamu dan bagaimana surat rekomendasi tersebut dikirimkan kembali kepadamu.

Berikan contoh surat rekomendasi kerja bila perlu 

Beberapa orang tidak terbiasa menuliskan surat rekomendasi kerja. Itu sebabnya, akan sangat membantu bila kamu dapat memberikan beberapa contoh yang bisa mereka gunakan sebagai panduan. 

Kirimkan ucapan terima kasih 

Setelah kamu mendapatkan surat rekomendasi kerja tersebut, alangkah baiknya bila kamu mengirimkan catatan terima kasih kepada mereka. 
Dengan mengirimkan ucapan terima kasih tersebut kamu bisa menunjukan rasa hormat dan penghargaanmu terhadap partisipasi mereka dalam kesuksesanmu di masa depan. 

surat rekomendasi kerja - EKRUT

Baca juga: Mengenal surat keterangan kerja beserta contohnya

4 Contoh surat rekomendasi kerja

surat rekomendasi kerja - EKRUT
Karena isinya yang sederhana kamu tidak perlu ragu memintanya kepada perusahaan - EKRUT

Pada dasarnya isi surat rekomendasi kerja sangatlah sederhana. Setidaknya ada empat bagian penting yang harus ada di surat rekomendasi kerja tersebut, yakni: 

  • Pengantar yang menjelaskan hubungan si pemberi rekomendasi tersebut dengan kamu sebagai kandidat yang tengah melamar kerja. Pada bagian ini si pemberi rekomendasi juga bisa memaparkan pengalaman dan keahliannya. 
  • Tujuan dibuatnya surat rekomendasi kerja
  • Gambaran singkat yang menjelaskan kelebihan dari si kandidat yang pernah dirasakan oleh pemberi rekomendasi saat bekerja sama di perusahaan atau proyek sebelumnya. 
  • Pernyataan penutup yang merangkum alasan mengapa kandidat tersebut direkomendasikan dan cocok untuk mendapat kesempatan tersebut. 

Agar semakin jelas, kamu bisa melihat contoh surat rekomendasi kerja berikut:

Contoh surat rekomendasi kerja untuk karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, surat rekomendasi harus memiliki pengantar singkat, latar belakang dan pengalaman kandidat, cerita pribadi dan pernyataan penutup. 

Berikut adalah contoh surat rekomendasi kerja untuk karyawan dari indeed.com.

contoh surat rekomendasi untuk karyawan - EKRUT

Contoh surat rekomendasi kerja untuk managerial level

Surat rekomendasi kerja untuk managerial level berisi surat yang ditulis oleh manager yang merekomendasikan kandidat sebagai manager di posisi yang ditargetkan. 

Berikut adalah contoh dari livecareer.co.uk, mengenai surat rekomendasi kerja untuk managerial level.

contoh surat rekomendasi untuk managerial level - EKRUT

Contoh surat rekomendasi kerja untuk S2

Untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan S2 atau magister, kamu akan membutuhkan surat rekomendasi.

Surat rekomendasi ini boleh dituliskan oleh bos atau atasan di tempat kamu bekerja. 

Berikut contoh surat rekomendasi kerja untuk S2 dari kozio.com.

Contoh surat rekomendasi kerja untuk program magang

Bagi para mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk melakukan program magang, maka mereka akan membutuhkan surat rekomendasi dari dosen di kampus mereka. 

Lihat contoh surat dari thebalancecareers.com berikut untuk mengetahui seperti apa isi dari surat rekomendasi kerja untuk program magang. `

surat rekomendasi kerja auntuk magang - EKRUT

Setelah kamu memiliki surat rekomendasi kerja, sekarang saatnya kamu mendaftarkan diri kamu di talent marketplace supaya aplikasi kamu lebih cepat dilihat oleh perusahaan. 

EKRUT adalah salah satu talent marketplace yang menyediakan proses dan bantuan professional secara gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga di Daftar sekarang di EKRUT!!

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat mempersiapkan surat rekomendasi kerja. 

Pastikan untuk mempersiapkan segala keperluan terkait pencarian kerja ini dengan maksimal, termasuk urusan surat rekomendasi kerja ini. Selain itu, diminta atau tidak, ada baiknya kamu mempersiapkan surat rekomendasi untuk menambah nilaimu di mata perekrut. 

Selain itu, diminta atau tidak, ada baiknya kamu mempersiapkan surat rekomendasi untuk menambah nilaimu di mata perekrut. Semoga sukses!

surat rekomendasi kerja - EKRUT
Last update: 24 May 2021

Sumber: 

Tags

Share