Media

Ternyata Whatsapp bisa membuat smartphone Android hang
By Widyanto Gunadi - 14 May 2018
69 Views

Siapa yang tak mengenal WhatsApp? Aplikasi berkirim pesan pesaing BBM ini memberikan kemudahan berkomunikasi melalui teks, telepon, serta video. Bahkan raksasa teknologi Facebook pun sudah mengakuisisi WhatsApp. Namun, bukan berarti WhatsApp menjadi aplikasi yang sempurna. Ternyata, aplikasi WhatsApp bisa membuat smartphone Android Anda mengalami hang. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut ini.

Pesan singkat berbuntut crash

Ada pesan teks singkat dalam WhatsApp yang bisa membuat ponsel pintar Android berhenti total atau mengalami crash. Pesan ini berupa 2.000 karakter huruf berukuran 2 MB. Dua pemuda asal India, yaitu Saurav Kar dan Indrajeet Bhuyan lah yang menemukan hal itu. Keduanya berprofesi sebagai periset keamanan digital independen, Mereka telah mengujicoba pesan itu pada sebagian besar OS Android, termasuk Kitkat dan Jellybean.

Waspadai juga pesan khusus lainnya berupa titik hitam dan bertuliskan “don’t touch here”. Simpan rasa penasaran Anda. Pengguna WhatsApp yang menyentuh layar di bagian titik hitam tersebut harus merelakan smartphone mereka hang ata bahkan mati total. Pesan semacam itu bekerja layaknya virus komputer.

Bagaimana cara memulihkannya?

Seperti dilansir Androidterritory, pesan ini merepresentasikan format kode American Standard Code for Information Interchange (ASCII). Jika Anda menerima pesan teks WhatsApp dengan jumlah karakter banyak, biasanya Anda akan menjumpai tulisan “Read more” untuk mempersingkat pesan. Namun hal ini tidak ada dalam pesan “don’t touch here”. Anda harus mencermati hal ini.

Sebab, pesan viral tersebut mengganggu dan dapat menghancurkan sistem OS Android Anda, dengan memaksa munculnya ribuan karakter bersamaan saat pesan dibuka. OS Android pupn harus menanggung beban yang besar dan memperlambat kinerja smartphone, bahkan menyebabkan crash.

Lantas, jika Android Anda terlanjur crash karena pesan singkat tersebut, bagaimana cara memulihkannya? Caranya dengan menghapus seluruh percakapan dengan orang yang mengirimkan pesan tersebut.

CEO WhatsApp mundur

Tak lama setelah mencuatnya persoalan ini, CEO Whatsapp, Jan Koum, keluar dari perusahaan yang sudah membesarkan namanya itu. Namun, alasan Jan Koum memilih hengkang bukanlah semata karena pesan viral ini. Kepada Gizmodo, Koum menyatakan jenuh karena terus-menerus terseret dalam skandal penyalahgunaan data oleh Facebook.

 

Rekomendasi bacaan:
Mau jadi hacker? Inilah web coding yang wajib dipelajari
Mengapa Facebook membutuhkan teknologi AI?
4 pendekatan machine learning untuk bisnis
 

Sumber:
liputan6.com
dailymail.co.uk
kompas.com
quora.com
root-nation.com

Tags:

  • Facebook
  • Android
  • smartphone
  • WhatsApp
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang