Media

Tidak ada turnover dalam 2 tahun? Kok bisa?
By Cobysot Avego - 28 August 2018
5 min read 262 Views

Turnover, salah satu keyword krusial dalam dunia bisnis, yang berarti banyaknya karyawan yang keluar dari perusahaan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Rata-rata angka turnover ini pun bervariasi di setiap industri dan bidang pekerjaan. Biasanya, divisi penjualan atau sales, mencatatkan turnover tertinggi pada perusahaan. Sementara itu, penyedia jasa merupakan jenis perusahaan yang mengalami turnover tertinggi di Indonesia. 

Namun yang mengherankan, ada satu perusahaan yang berhasil menekan angka turnover hingga nol selama dua tahun. Artinya, tidak ada karyawan di perusahaan tersebut yang resign dalam jangka waktu itu. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan jasa. Sebanyak 80 persen karyawannya bekerja pada divisi sales.

Bagaimana perusahaan bisa melakukan hal tersebut? Ada beberapa langkah yang efektif untuk menekan tingkat pengunduran diri karyawan, mulai dari meningkatkan kebahagiaan hingga partisipasi karyawan. Apa saja sih langkah-langkah perusahaan tersebut?

 

Cuti

Setiap karyawan, tanpa melihat masa kerja, berhak atas 20 hari cuti. Perusahaan ini tak hanya royal dalam memberikan jatah cuti. Setiap manager pun mendorong anggota timnya untuk menghabiskan cuti. Meski demikian, para karyawan ternyata hanya memakai delapan hingga sepuluh hari cuti mereka.

 

Apresiasi

Bukan hanya untuk pencapaian-pencapaian besar, setiap keberhasilan kecil tidak jarang dirayakan dan diapresiasi di perusahaan. Ulang tahun, work anniversary, first deal, record month, bahkan sampai kelahiran anak pertama pun dirayakan bersama-sama.

 

Tidak ada hukuman

Bagi angkatan kerja muda yang sejak kecilnya sudah jarang menerima hukuman di rumah dan sekolah, hukuman di dunia kerja menjadi sulit diterima. Menyadari hal ini, perusahaan melakukan pendekatan berbeda. Alih-alih memberikan hukuman, perusahaan malah memberikan support positif kepada setiap karyawan yang dianggap belum sesuai ekspektasi. Langkah tersebut terbukti efektif, karena ternyata memberikan rasa gelisah dalam diri karyawan ketika tidak bisa mencapai target yang sudah ditetapkan perusahaan.

 

Keterbukaan komunikasi

Perusahaan dengan aktif menyampaikan dan mendengarkan aspirasi dari setiap karyawan. Tidak ada ide yang dianggap bodoh. Semua ide bisa dibicarakan demi kebaikan bersama. Kritik dan saran sekecil apa pun juga selalu ditampung dan dijadikan bahan diskusi demi kemajuan perusahaan.

 

Work-life balance

Para karyawan di  perusahaan ini tidak mengenal kata lembur. Sebab, mereka memang dilarang bekerja melebihi jam maksimal. Bahkan, karyawan yang membalas email di luar jam kerja, dianggap melakukan kesalahan. Kebijakan kecil seperti ini membuat karyawan merasa perusahaan sangat mempedulikan kesejahteraan dan menghargai waktunya.

Beberapa langkah di atas mungkin masih tampak asing buat perusahaanmu? Namun, melihat keberhasilan perusahaan itu, tak ada salahnya mencoba, bukan?

 

Rekomendasi bacaan:
2 perusahaan ini lakukan rekrutmen yang tak biasa
Lazada mulai tawarkan pinjaman bagi penjual di Asia Tenggara
Diduga terlibat penipuan flash sale, puluhan karyawan Tokopedia dirumahkan

Tags:

  • turnover
  • perusahaan
  • karyawan
  • resign
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang