Published on

Technology

Pelajari TikTok Ads, Mulai dari Jenisnya hingga Cara Membuat Iklan di TikTok 2022

Chrissila Jessica

pexels-solen-feyissa-4843112.jpg

Membahas mengenai Ads, mungkin kamu sudah tidak asing dengan Instagram Ads maupun Facebook Ads, namun bagaimana dengan TikTok Ads? TikTok Ads merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menjangkau audiens baru baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk brand. Semakin banyaknya jumlah jangkauan akan berbanding lurus dengan penambahan followers serta views terhadap video. Apakah TikTok Ads dibutuhkan untuk membangun sebuah brand? Mari pelajari lebih jauh mulai dari jenisnya sampai cara membuatnya.

Apa itu TikTok Ads?


TikTok Ads bisa menjadi solusi untuk beriklan di sosial media. (sumber: pexels)

TikTok Ads adalah sebuah tool yang disediakan oleh TikTok agar pengguna TikTok bisa mengiklankan videonya ke jangkauan yang lebih luas. Sama seperti tool Ads dari sosial media lain, TikTok Ads bermanfaat untuk membuat jangkauan sebuah video lebih luas sehingga bisa mendapatkan views yang lebih banyak. Bahkan untuk sebuah brand, TikTok Ads bisa digunakan untuk mempromosikan produknya. TikTok Ads dapat diatur sesuai dengan preferensi, umur, lokasi, dan juga jenis kelamin sehingga iklan yang masuk akan lebih tepat sasaran.

Baca juga: SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Secara Online 2022

Kenapa harus beriklan di TikTok?


Beriklan di TikTok memiliki banyak manfaat, salah satunya menciptakan kesadaran akan sebuah brand. (sumber: pexels)

Dilansir dari Hootsuite, pengguna TikTok terbesar adalah Amerika Serikat yang mencapai 120.768.500 pengguna pada tahun 2021 dan disusul dengan Timur Tengah serta Asia. Penggunaan teknik marketing dalam TikTok dapat dikatakan cara yang tepat pada sekarang ini, mengingat penggunanya yang semakin banyak serta algoritma yang lebih luas dibandingkan dengan Instagram atau Facebook.

Algoritma TikTok memberikan kesempatan pada setiap video yang diunggah, masuk ke dalam timeline seseorang tanpa harus mem-follow terlebih dahulu. Apalagi, algoritma TikTok dibagi sesuai dengan preferensi video yang ditonton oleh setiap pengguna, hal ini akan memberikan kesempatan video yang diunggah ditonton oleh pengguna TikTok lain di seluruh dunia. Algoritma ini juga dianggap lebih adil karena pengguna tak harus memiliki akun besar terlebih dahulu agar kontennya “terlihat”.

Dengan algoritma yang dianggap cukup baik oleh pengguna TikTok, banyak brand yang melakukan marketing di TikTok mulai dari melakukan TikTok Live sampai dengan beriklan menggunakan TikTok Ads. Targeting Ads yang akurat membuat iklan sampai ke target audiens yang mereka inginkan.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Jenis-jenis iklan di TikTok


Salah satu kelebihan TikTok Ads adalah pilihannya yang variatif. (sumber: pexels)

TikTok Ads memiliki bermacam-macam jenis iklan, sehingga pengguna tidak bosan dalam melihat iklan sebuah brand. Apa saja iklan yang ada dalam TikTok Ads? Berikut penjelasannya.

1. In-feed video

Pernahkah kamu melihat sebuah video promosi saat sedang scroll timeline? Nah, ini dinamakan in-feed video. Iklan ini biasanya digunakan oleh brand besar untuk ikut bersatu dengan video yang sedang ditonton di timeline. Bagaimana kamu bisa tahu bahwa itu sebuah iklan? Ada tulisan “promoted” dan tombol yang mengarahkan audiens untuk masuk ke link yang mereka buat.

2. Brand takeover

Pertama kali kita membuka aplikasi TikTok, pasti diawali dengan sebuah video pendek berdurasi 3-5 detik dari sebuah brand. Ternyata, ini adalah salah satu jenis Tiktok Ads yang bernama brand takeover. Di dalam iklannya, pengiklan bisa menambahkan link untuk menambah traffic ke halaman web atau profil mereka.

3. Hashtag challenge

Jika kamu singgah di halaman Discovery pada aplikasi TikTok, banyak sekali daftar hashtag diikuti dengan challenge yang diberikan. Ternyata hashtag ini bukan sekadar hashtag biasa, melainkan masuk ke salah satu jenis TikTok Ads. Hashtag yang menyamar jadi iklan ini dianggap ampuh untuk mengiklankan sebuah produk karena banyak pengguna yang terpancing ingin mengikuti challenge terbaru.

4. Branded augmented reality (AR)

Pernah menggunakan filter atau stiker lucu yang menunjukkan identitas sebuah brand? Ternyata ini salah satu jenis TikTok Ads yang sering digunakan sebagai media promosi. Selain untuk meningkatkan kesadaran pada sebuah brand, pembuatan filter dianggap bisa sekaligus promo gratis karena banyak pengguna yang menggunakannya tanpa dipaksa. Pastikan filter atau stiker yang dibuat unik dan menarik.

5. Top view

Mirip dengan brand takeover, top view juga merupakan salah satu jenis iklan yang muncul saat membuka aplikasi. Bedanya iklan top view memiliki durasi yang lebih lama hingga 60 detik.

Baca juga: Apa itu TikTok Shop? Ini informasi terlengkap beserta cara optimasi dan penggunaannya!

Cara membuat TikTok Ads


Untuk mengiklankan brand, pengguna harus menggunakan TikTok Manager. (sumber: pexels)

Ingin mulai mempromosikan konten yang dibuat di dalam TikTok? Begini cara membuat TikTok Ads.

1. Pilih objective yang diinginkan

Untuk memulainya, jangan lupa log in ke TikTok Manager dan klik tombol “Campaign”. Di dalam tombol ini, kamu akan menemukan pilihan objective yang diinginkan, seperti reach, traffic, app install, video views, lead generation, conversions, catalog sales.

2. Beri nama campaign dan atur bujet

Berikan nama campaign yang diinginkan dengan maksimal 512 karakter. Jika pengguna tidak memiliki limit bujet, bisa memilih “No Limit” pada pengaturan. Jika ada bujet yang ingin diatur, pengguna bisa mengatur bujet harian dengan durasi yang diinginkan.

3. Beri nama ad group dan penempatan

Setiap campaign memiliki 1-999 ad group dan bisa diberikan nama sebanyak 512 karakter. Penempatan iklan juga bisa diatur sesuai dengan yang kamu inginkan. Apa saja penempatannya?

  • TikTok placement
  • News Feed App placement
  • Pangle placement
  • Automatic placement

4. Atur target audiens

Untuk membuat iklan diterima ke dalam target yang sesuai, atur target audiens yang diinginkan. Pengguna bisa mengatur gender, umur, lokasi, bahasa, kebiasaan, gadget yang digunakan.

Baca juga: Ingin Download Video TikTok Tanpa Watermark? Berikut 9 Cara Praktisnya!

Itulah informasi mengenai TikTok Ads. Semoga artikel di atas dapat membantumu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • niagahoster.co.id
  • hootsuite.com
  • socialmediaexaminer.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video