Published on

Technology

5 Tips membuat konten yang viral

Maria Yuniar

konten-EKRUT.jpg

Konten merupakan salah satu bagian penting dalam menjalankan strategi digital marketing. Salah satu misi yang dilakukan para digital marketer dan content marketer tentunya membuat konten menjadi viral, sekaligus meningkatkan engagement.

Konten yang mudah dibaca oleh sebagian besar audiens pun menjadi hal yang vital. Jadi, bagaimana sih agar konten yang kita buat menjadi viral? Berikut ini tips yang layak kamu lakukan. 

1. Konten dengan konsistensi

konten EKRUT 
Konsistensi adalah kunci dari konten yang viral - EKRUT

Konsistensi adalah kunci dari konten-konten yang viral. Konten yang konsisten cenderung mendapatkan feedback positif serta populer dari waktu ke waktu.

Sehingga, orang dapat mencerna konten baru melalui saluran yang dikenal. Buzzfeed, misalnya, menggunakan rumus yang sama untuk setiap video yang mereka posting secara online.

Ini memungkinkan audiens memiliki harapan serta gambaran terhadap konten Buzzfeed berikutnya. Konten ang gampang dipahami dan memiliki kedekatan topik dengan audiens, telah membuat video Buzzfeed viral.

Baca juga: 5 keahlian content marketing untuk memikat netizen

2. Berkualitas tinggi

konten EKRUT 
Sederet brand yang sukses selalu mempertahankan pelanggan lewat konten yang berguna - EKRUT

Kesalahan brand ketika dalam menjalankan strategi marketing di media sosial adalah fokus pada kampanye iklan. Padahal, yang seharusnya diprioritaskan adalah kualitas konten.

Sederetan brand sukses, selalu mempertahankan pelanggan melalui konten-konten yang menarik dan berguna. Sementara itu, peran iklan tidaklah dominan. Jadi, pastikan kontenmu memiliki kualitas tinggi, sekaligus mudah dipahami audiens.

3. Mengenali audiens

konten EKRUT 
Langkah penting lain agar konten viral yakni mengenali audien - EKRUT

Langkah penting agar kontenmu menjadi viral adalah mengetahui audiens. Saat kamu membuat konten baru dan membagikannya di berbagai platform media sosial, penting untuk mengetahui karakter pengguna yang berpotensi membagikan konten tersebut kepada audiens lain.

4. Bermitra dengan influencer

konten EKRUT 
Kamu juga bisa memanfaatkan influencer untuk membuat konten yang viral - EKRUT

Setelah kamu mendefinisikan dengan jelas minat dan perilaku target audiens, kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk bermitra dengan influencer untuk meningkatkan peluang untuk viralitas.

Partnership menjadi bagian penting dari strategi pemasaran yang sukses. Sebab, tidak mungkin kamu akan dapat menjangkau khalayak yang cukup besar hanya menggunakan saluran media sosial dirimu sendiri.

Dengan menggandeng para influencer, konten-konten yang kamu hasilkan dapat meningkatkan basis pengguna dan meningkatkan peluang untuk menjadi viral.

5. To-the-point

konten EKRUT 
Pastikan konten yang kamu hasilkan mudah dibaca dan dicerna pengguna - EKRUT

Pengguna media sosial modern memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Pastikan konten yang kamu hasilkan mudah dibaca, dan dapat dicerna oleh pengguna, maksimal dalam sepuluh detik.

Konten dengan terlalu banyak teks atau video yang terlalu panjang akan dengan cepat diabaikan oleh pengguna. Akibatnya, peluang untuk menjadi viral akan jauh lebih rendah.

Baca juga: Cara menerapkan viral marketing untuk kampanye yang sukses

Jadi, sudah siap membuat konten viral dan menjadi content marketer handal? Cobalah tips di atas dan bersiaplah menciptakan konten website yang berkualitas dan viral!

konten EKRUT 
Last update 14 November 2020

Sumber:

  • hackernoon.com
  • digitalmarketinginstitute.com
  • bufferapp.com
  • jeffbullas.com
  • doncrowther.com
  • maxmanroe.com
  • forbes.com

Tags

Share