Published on

jobs

Cara menerapkan viral marketing untuk kampanye yang sukses

Nur Lella Junaedi

viral-marketing-adalah-EKRUT.jpg

Segala hal yang viral selalu menarik untuk dibahas tak terkecuali pemasaran yang viral atau viral marketing yang juga kerap terjadi di sekeliling kita. 

Disadari atau tidak viral marketing yang pada ujungnya akan membawa dampak kesuksesan yang besar dalam penjualan suatu produk, meski mungkin dengan kontroversi di dalamnya. 

Memang seperti apa viral marketing itu dan bagaimana membuatnya? Temukan jawabannya di sini. 

Apa itu viral marketing? 

viral marketing adalah EKRUT 
Viral marketing merupakan teknik memasarkan produk atau layanan dimana pengguna membantu menyebarkan konten tersebut - EKRUT

Viral marketing adalah teknik memasarkan produk atau layanan dimana pengguna membantu menyebarkan pesan kampanye tersebut melalui media sosial atau situs yang membuat kampanye produk itu tumbuh berlipat ganda.

Jika strategi viral marketing ini dilakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan jumlah share, penayangan kampanye, keterlibatan audiens dan brand awareness

Walaupun begitu penting untuk diingat bahwa dalam viral marketing ini, kontrol berada sepenuhnya di tangan pengguna sehingga ada risiko kampanye akan disalahartikan atau diparodikan. Oleh karena itu, brand harus bersiap dengan segala resikonya.

Keuntungan dari viral marketing 

viral marketing adalah EKRUT 
Keuntungan melakukan viral marketing yakni brand dikenal oleh umum - EKRUT

Adapun keuntungan dari melakukan viral marketing adalah, 

  • Memiliki potensi jangkauan yang luas. Menjadi viral di internet akan mampu membawa brand atau merek kamu dikenal oleh banyak orang, tak terkecuali orang dari luar negeri karena kemudahan konten teknologi yang bisa ditemukan di manapun.
  • Membantu membangun merek. Konten yang tepat sasaran akan sangat mudah dibagikan oleh pengguna yang membantu merek lebih dikenal oleh umum. 
  • Berbiaya rendah. Artinya konsep viral marketing tidak memerlukan platform untuk mengiklankan kampanye tersebut lebih luas, lantaran tanpa diiklankan konten itu telah banyak diketahui oleh pengguna dengan cara dibagikan.

Baca juga: Tips agar konten yang kamu buat menjadi viral, apa saja sih?

Kekurangan viral marketing 

viral marketing adalah EKRUT 
Perhatikan dampak viral marketing bisa membuat rusak reputasi perusahaan juga - EKRUT

Di samping memiliki kelebihannya tersendiri, tim marketing juga harus bisa mengantisipasi kekurangan yang mungkin terjadi bila harus menerapkan konsep viral marketing ini, seperti: 

  • Satu sisi bila penerapannya tidak efektif kampanye ini bisa melemahkan merek dengan merusak kredibilitas merek yang sudah terbangun 
  • Jangan berharap konten itu akan dibagikan oleh pengguna, karena tidak semua pengguna melakukan hal tersebut terlebih beberapa pengguna memfilter konten yang mereka bagikan karena bersifat tidak pribadi
  • Masuknya banyak pengguna baru di platform media sosialmu, tetapi mereka bukan pengguna setia sehingga itu hanya bersifat sementara saja.

Prinsip viral marketing 

viral marketing adalah EKRUT 
Keberadaan influencer bisa semakin mendongkrak viral marketing - EKRUT

Sebelum kamu membuat konsep viral marketing setidaknya tim harus mengetahui terlebih dahulu prinsip-prinsip yang harus ada dalam konten iklan viral marketing, agar kampanye yang disampaikan berjalan dengan efektif. 

  • Menarik emosi. Pesan viral marketing adalah harus memiliki emosi tertentu sehingga memancing audiens merasakan perasaan tertentu terhadap konten tersebut
  • Adanya alat pemantau media yang memudahkan kamu untuk melacak sejauh mana kampanye tersebut berhasil dan memberikan laporan yang sesuai
  • Tidak ada kendala yang ditemukan baik dari segi konten atau media penyebaran yang dipakai untuk mempermudah pengguna membagikan konten itu
  • Adanya influencer yang berpengaruh dalam konten tersebut meski ini bersifat opsional. Sebab beberapa persen kampanye yang viral juga didukung oleh adanya influencer yang dikenal

Contoh viral marketing

viral marketing adalah EKRUT 
Contoh dari viral marketing adalah saat pada tahun 2014 ada tantangan ALS Ice bucket challenge oleh asosiasi ALS - EKRUT

Untuk memberi kamu gambaran lebih luas tentang viral marketing ini, berikut dipaparkan beberapa contoh viral marketing yang telah sukses sehingga berdampak baik kepada brandnya. 

1. Tantangan ALS ICE Bucket Challenge

Pada tahun 2014 lalu terdapat challenge yang menarik perhatian di media sosial dengan menyiramkan seember air es ke badan seseorang. 

Ternyata challenge ini diciptakan oleh asosiasi penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) yang bertujuan mulia untuk mengumpulkan sumbangan bagi penelitian penyakit ini setelah peserta turut melakukan challenge tersebut. 

Alhasil dari Juli hingga Agustus 2014 asosiasi ALS berhasil mengumpulkan sumbangan sebanyak USD 98.2 juta, padahal di tahun sebelumnya mereka hanya mendapat sumbangan sebesar USD 2.7 juta. 

Kenapa tantangan ini bisa viral? Ada berbagai penyebab yang membuat tantangan Ice bucket challenge ini viral. Pertama tantangan ini tidak biasa karena menantang orang menyiram badannya menggunakan es dan itu menjadi suatu hiburan tersendiri.

Kedua, banyak pengguna ingin melakukan tantangan ini karena mereka tahu upaya ini akan mendorong banyak orang mengetahui ALS yang pada akhirnya membantu menyumbang juga untuk asosiasi ini. 

Terakhir, karena banyaknya selebriti yang turut berpartisipasi dalam tantangan ini membuat challenge itu menjadi viral dan diikuti juga oleh para penggemar.    

2. Game Angry bird diunduh oleh 1 miliar pengguna

Pengembang Angry Bird yakni Rovio Entertainment telah berhasil membuat sekitar 52 game sebelum Angry Bird terkenal. Sayangnya tak ada satupun game tersebut yang berhasil terkenal. 

Pada tahun 2009 Angry Bird diperkenalkan di Inggris namun juga mengalami kegagalan. Rovio kemudian mengubah strategi marketing untuk mengenalkan game ini di wilayah yang lebih kecil yakni Finlandia. 

Tidak disangka selang tiga bulan kemudian Angry Bird telah banyak memiliki pengguna dan menjadi hits ke seluruh dunia dan membuatnya hampir diunduh oleh 1 miliar user. Ada beberapa penyebab yang membuat game Angry Bird ini menjadi begitu terkenal yaitu: 

  • Memulai kesuksesannya dengan wilayah yang kecil terlebih dahulu untuk membangun basis pengguna yang kuat 
  • Angry Bird memiliki konten game yang lucu dan mampu menghibur pengguna, diunduh dengan gratis dan bisa memainkannya di mana saja

Baca juga: Cara membuat iklan kreatif yang efektif untuk meningkatkan konversi

Itulah beberapa contoh viral marketing yang sukses diterapkan oleh beberapa perusahaan. Tak menutup kemungkinan dengan konsep dan perencanaan yang matang, brand kamu juga bisa membuat konten kampanye yang viral

Dengan begitu akan lebih banyak orang yang mengenal produk atau layananmu.

viral marketing adalah EKRUT

Sumber: 

  • clevertap.com
  • criticalmention.com
  • cyberclick.net

Tags

Share