Published on

Careers

8 Tips jitu agar kamu disukai atasan

Maria Yuniar

tips-agar-disukai-atasan-ERKUT.jpg

Sebagai seorang karyawan, menyenangkan rasanya apabila kamu disenangi oleh atasan di kantor. Akan tetapi, tentu saja sebaiknya kamu tidak menunjukkan perilaku mencolok supaya atasan senang dengan kinerjamu.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara agar atasan menyukai kinerja kamu tanpa perlu terkesan "menjilat" dan terlihat profesional? 

1. Memahami situasi atasan

Seorang atasan tentunya memiliki tanggung jawab dan beban yang lebih besar di perusahaan. Sebagai bawahan, kamu bisa membantunya dan membuatnya menyukaimu dengan cara memahami situasi dan mendukung misinya yang selaras dengan perusahaan.

Cobalah dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang simpatik sekaligus antusias positif. Kemudian, bantu dia dalam mencari solusi masalah dengan berdiskusi. 

2. Menunjukkan etos kerja yang baik

Apresiasi itu diperoleh sebagai hasil kerja. Jadi, atasan akan mulai menunjukkan apresiasinya ketika kamu menunjukkan etos kerja yang sempurna. Antusiasme dan gairah kerja adalah hal yang disukai atasan.

Jadi, pastikan kamu selalu bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan dan terlihat ingin mengembangkan diri serta berkontribusi lebih pada perusahaan. Jika kamu merasa atasanmu kurang mengapresiasi pekerjaanmu, bisa jadi justru maksudnya adalah ia ingin memotivasi kamu untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih baik lagi. 

3. Mengakui kesalahan

Setiap orang tentunya selalu belajar dari segala kesalahan maupun kegagalan. Jadi, jika kamu ingin disukai oleh atasan di kantor, maka akuilah kesalahan yang sudah diperbuat.

Jangan sampai kamu malah menyalahkan orang lain atau rekan kerja satu tim. Mengatakan hal yang sebenarnya dapat membuat atasan menghargai kejujuranmu.

tips agar disukai atasan - EKRUT
Agar disukai atasan, kamu perlu menunjukan etos kerja yang baik dengan bertanggung jawab pada pekerjaan, dan turut berkontriusi - EKRUT

4. Tanggung jawab pada pekerjaan

Jika kamu melakukan kesalahan saat bekerja, jangan ragu untuk memperbaikinya dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. Banyak atasan akan senang apabila kamu jujur. Bertanggung jawablah pada pekerjaanmu dan jangan pernah menyalahkan orang lain. Ini akan menjadi pelajaran bagi kamu ketika harus kembali menghadapi situasi semacam ini di masa mendatang.

5. Bekerjasama

Ketika para atasan memberikan pekerjaan, mereka biasanya akan mencari orang yang bisa bekerjasama. Mereka tidak ingin mendengar permasalahan kamu dan kisruh dengan rekan kerja.

Jalinlah hubungan yang baik dengan anggota tim lainnya. Berikan bantuan bila diperlukan, dan belajarlah untuk berkolaborasi dengan baik. Ini akan membuat atasan menyenangimu.

6. Tepat waktu

Sebaiknya datanglah ke kantor tepat pada waktunya. Datang terlambat hanya akan membuatmu dicap oleh atasan sebagai karyawan yang pemalas dan tidak pernah tepat waktu.

Kamu tentu tidak ingin dicap buruk, bukan? Jadi mulai saat ini, cobalah untuk lebih disiplin. Baik dengan diri sendiri, maupun pekerjaan.

tips agar disukai atasan - EKRUT
Cobalah untuk lebih pintar dalam mengatur pekerjaanmu agar dapat terselesaikan dengan baik - EKRUT

7. Menyelesaikan pekerjaan dengan efisien

Ini adalah trik jitu yang penting. Jika ingin membuat atasan menyukaimu, kamu harus jadi orang yang dapat dipercaya. Salah satu cara paling jitu adalah menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu.

Kamu harus teliti dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebab, tidak ada gunanya jika selesai lebih cepat, tapi atasanmu harus membuatmu melakukan revisi berkali-kali. Pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

8. Bantu atasanmu mendapatkan solusi

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Jadi, ketika tim dihadapi oleh tantangan, cobalah untuk ikut membantu atasanmu untuk mendapatkan solusi. Tentu ia akan melebih menghargai saran yang kamu berikan dibanding kamu memperkeruh suasana dengan menghakimi atau membawa masalah.

Langkah-langkah di atas akan membantumu disukai atasan. Jangan lupa, kamu juga perlu menunjukkan etika yang baik pada atasan serta banyak belajar agar terus berkembang. Jadi selain disukai atasan, kamu juga punya kesempatan mengembangkan karier lebih baik.

Untuk informasi penting lainnya soal mitos dan tips agar atasan disukai atasan bisa kamu lihat dalam video berikut ini, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share