Register

careers

7 Tips kerjasama tim untuk kamu yang introvert

Tsalis Annisa

27 September 2020

kerja-sama-tim-EKRUT.jpg

Kerjasama tim merupakan bagian penting yang akan selalu terjadi di tempat kerja. Bisa dikatakan bahwa kerjasama tim merupakan hal yang tidak dapat dihindari di dunia kerja. Bahkan, sekalipun kamu introvert dan membencinya, kamu tetap harus menghadapinya demi kelangsungan pekerjaan.

Tentu bukan hal yang mengherankan untuk mengetahui bahwa seorang introvert bukanlah penggemar kolaborasi. Jenis orang introvert dengan jelas akan memilih tempat tenang untuk bekerja dan peluang agar dapat bekerja sendiri.

Meski demikian, masih tetap ada cara agar introvert dapat bekerjasama dengan baik dalam tim. Misalnya, seperti tips kerjasama tim untuk introvert seperti di bawah ini.

Atur mindset tentang kelebihan yang mungkin kamu tonjolkan

kerja sama tim - EKRUT
Mengubah pola pikir membantu kamu bisa lebih berani untuk berbicara dalam kelompok - EKRUT

Sebagai seorang introvert, kamu mungkin akan merasa lebih berenergi berkat ide-ide daripada dengan orang-orang. Oleh karena itu, cobalah berpikir bahwa sebuah meeting adalah sebuah kesempatan untukmu menunjukkan ide-ide baru dan menarik yang hanya dapat dikeluarkan oleh seorang introvert.

Kamu juga perlu menekankan bahwa seorang introvert memiliki kelebihan untuk berpikir dalam diam ketika yang lain sibuk berbicara. Pastikanlah dirimu menjadi sumber ide dan solusi ketika pembicaraan dan diskusi menemui jalan buntu.

Rencanakan apa yang ingin kamu bicarakan

kerja sama tim - EKRUT
Membuat poin-poin yang akan dibicarakan sebelum meeting akan membantu seorang introvert - EKRUT

Seorang introvert terkenal dengan kehati-hatiannya dan jenis orang seperti ini butuh waktu untuk berpikir sebelum berbicara. Oleh karena itu, ketika harus menghadiri meeting yang keluar dari topik utama, kemungkinan sebagai seorang intovert kamu akan merasa tidak nyaman.

Namun, kamu dapat menanggulanginya dengan merencanakan apa yang ingin kamu bicarakan dan bahas ke depannya. Hal ini akan memudahkanmu dalam meeting dan membuatmu merasa menjadi bagian dari diskusi.

Baca juga: Mudah, ini 9 tips membangun kerja sama tim yang baik

Cobalah untuk mendengarkan apa yang tidak diperhatikan orang lain

kerja sama tim - EKRUT
Gunakan kemampuan mendengar kamu  yang baik untuk membangun kerja sama tim - EKRUT

Introvert sangat baik dalam mendengarkan dan memahami keinginan orang lain. Hal ini dapat membantumu dan juga tim untuk mendapatkan yang dibutuhkan. Cobalah untuk membagikan info yang kamu dengar dengan rekan setim untuk mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Jadwalkan meeting privat perorangan

kerja sama tim - EKRUT
Mulailah membangun koneksi yang lebih kuat dengan satu per satu rekan kerja - EKRUT

Berbicara dalam grup besar mungkin agak menyulitkan para introvert, namun kamu justru akan bersinar ketika harus dihadapkan pada kesempatan untuk berbicara privat satu lawan satu. 

Bekerja dengan hanya satu atau dua orang akan membuatmu sebagai seorang introvert membangun koneksi yang lebih kuat dengan rekan tim dan lebih mudah untuk membagikan ide dengan mereka.

Atur waktu untuk menyendiri

kerja sama tim - EKRUT
Sediakan waktu untuk sendiri untuk menjaga kewarasan di sela jam kerja - EKRUT

Salah satu cara bagi seorang introvert untuk mengisi ulang energinya dan menjaga kewarasannya adalah dengan menyendiri dan jauh dari orang-orang. Hal ini merupakan cara seorang introvert dapat menenangkan dirinya setelah seharian berada di kerumunan orang-orang di lingkungan kerja.

Jika kamu memiliki waktu kerja yang panjang, kamu juga dapat melakukan hal ini di sela-sela jam kerja. Cobalah untuk menghabiskan waktu makan siangmu dengan berjalan-jalan sendiri di luar atau gunakan headphone ketika bekerja sehingga kamu dapat menciptakan isolasi untuk diri sendiri.

Komunikasikan dengan leader 

kerja sama tim - EKRUT
Terbukalah dengan atasan kamu tentang kendala yang kamu alami sebagai introvert - EKRUT

Pastikan kamu mengomunikasikan kendala-kendala yang kamu alami sebagai introvert di dalam tim dan tempat kerja kepada tim leader. Pertimbangkan untuk meminta atasan untuk mengizinkan kamu menetapkan isyarat tertentu yang akan kamu gunakan ketika ingin berbicara dalam tim. Atau, mintalah pertemuan setelah setiap sesi kelompok besar agar kamu dapat membagikan pemikiran dan ide yang tidak sempat dikeluarkan sebelumnya. 

Saat pemimpin terbiasa dengan semua gaya kerja anggota timnya, maka ia pun dapat membantu masing-masing anggota timnya lebih produktif dan membangun kerja sama tim yang baik. 

Baca juga: 12 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Cari teman dengan kepribadian serupa untuk berdiskusi

kerja sama tim - EKRUT
Berdiskusi dan mintalah masukan ndari rekan kerja yang memiliki kepribadian serupa - EKRUT

Jika kamu merasa kesulitan menangani suasana kantor akibat kepribadianmu yang terlalu introvert, cobalah cari rekan kerja yang juga memiliki kepribadian serupa. Setelah itu, cobalah berdiskusi mengenai bagaimana cara mereka menangani hal-hal yang menyulitkan introvert di tempat kerja.

Memang, menjadi seorang introvert yang dituntut untuk bekerja tim di kantor mungkin merupakan sebuah tantangan besar. Namun, introvert juga pasti memiliki potensi untuk menonjol dan memiliki kerjasama tim yang baik. Jadi, jika kamu introvert, terapkan tips kerjasama tim di atas, ya!

Jangan biarkan potensimu terhalangi oleh kepribadianmu, ya! Selamat menerapkan!

kerja sama tim - EKRUT
Last update 27 September 2020

Sumber: 

Tags

Share