Media

9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja
By Tsalis Annisa - 31 January 2019
4 min read 46 Views
Pahami pentingnya komunikasi dalam dunia kerja demi menjaga kinerja tim - EKRUT
Pahami pentingnya komunikasi dalam dunia kerja demi menjaga kinerja tim - EKRUT

Komunikasi tak sekadar proses bertukar informasi antara komunikator dan komunikan. Kelancaran komunikasi di dunia kerja dapat sangat membantu proses kerja itu sendiri, dan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tim.

Tak sekadar hard skills, soft skills seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik dapat menjadi aset baik bagi perusahaan, maupun dirimu sendiri. Lebih lengkap, berikut ini adalah alasan mengapa komunikasi merupakan hal yang penting dalam dunia kerja.

1. Meningkatkan team building

Membangun tim secara efektif didasari dengan bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama. Dengan mengimplementasikan strategi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu akan berkontribusi dalam memebangun tim yang efektif. Hal ini akan berdampak pada peningkatan moral dan kepuasan karyawan.

2. Peningkatan produktivitas

Komunikasi akan mempemudah koordinasi, sehingga dengan komunikasi yang efektif biasanya para karyawan akan menjadi semakin produktif. Produktivitas yang baik, pada akhirnya akan menguntungkan bagi organisasi.

3. Menghargai perbedaan dan toleransi

Dengan beragamnya bahasa serta kebudayaan, tentu dibutuhkan komunikasi dalam dunia kerja yang efektif agar para karyawan bisa saling memahami satu sama lainnya. Komunikasi yang efetif juga akan membuat para karyawan menjadi semakin menghargai perbedaan yang ada, sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.

Baca juga: Tips produktif di kantor a la CEO kelas dunia

4. Mempermudah dalam penerapan aturan

Komunikasi dalam dunia kerja juga berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja. Peran penting komunikasi ini biasanya digunakan oleh atasan, atau pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut kepada karyawannya.

5. Memudahkan memahami karakter seseorang

Selain beberapa hal di atas, komunikasi juga digunakan untuk memahami karakter seseorang. Dengan memahami karakter seseorang maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja.

6. Menyelesaikan suatu konflik

Jika suatu perusahaan sedang dilanda konflik, hal yang biasa dilakukan adalah mengadakan meeting untuk menyelesaikan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut. Jadi, dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi di perusahaan.

Baca juga: Berselisih dengan atasan? Jangan perburuk situasinya!

7. Mempermudah pengambilan keputusan

Biasanya keputusan dalam suatu perusahan diputuskan oleh seorang pemimpin perusahaan. Keputusan tersebut diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui meeting yang dihadiri oleh para petinggi perusahaan beserta karyawannya.

Dalam hal ini komunikasi dalam dunia kerja yang baik sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan yang berupa tanggapan dari peserta meeting atas keputusan-keputusan yang akan diambil.

8. Merealisasikan tujuan dan target perusahaan

Seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan diwajibkan mampu berkomunikasi dengan baik pada karyawannya, begitu pula sebaiknya demi merealisasikan tujuan. Maka, komunikasi dakam dunia kerja yang efektif antara pemimpin perusahaan dengan karyawan akan menghasilkan masa depan yang menjanjikan untuk perusahaan tersebut.

9. Meningkatkan motivasi

Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini juga berkaitan dengan komunikasi. Komunikasi dalam dunia kerja menjadi unsur penting dalam dunia kerja terutama dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.

Komunikasi yang baik dapat memengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Begitu pula sebaliknya, komunikasi yang buruk berdampak pada motivasi seseorang yang berakibat pada konflik perusahaan.

Baca juga: 4 cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya komunikasi dalam dunia kerja. Agar target tim dapat bekerja dengan baik, dan target perusahaan tercapai, cobalah untuk membangun komunikasi yang baik. Misalnya dengan saling menghargai antara atasan dan bawahan dalam hal berkomunikasi, dan rutin melakukan meeting mingguan.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: kepemimpinan, karier, komunikasi, kinerja tim, komunikasi dalam dunia kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang