Media

Tips nge-charge ponsel biar awet
By Widyanto Gunadi - 9 July 2018
3 min read 75 Views

Kapan Anda biasanya mengisi daya atau charging baterai ponsel Anda? Apakah Anda menunggunya baterainya hingga benar-benar lemah? Ternyata, hal ini bisa membuat ponsel Anda kepanasan lho! Jadi, bagaimana sebaiknya kita mengisi daya baterai ponsel? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

 

Jangan isi sampai penuh 

Masih banyak pengguna ponsel percaya bahwa pengisian baterai secara penuh akan membuatnya awet. Namun, hal ini hanyalah mitos belaka. Sebab, baterai ponsel yang umumnya berjenis lithium-ion tidak akan awet,dengan pengisian daya penuh. Sebaliknya, isilah daya baterai sebagian saja. Hal ini akan bermanfaat untuk memperpanjang usia sel baterai. Alasannya sederhana. Ketika baterai nyaris habis, Li-ion akan menarik arus secara konstan. Tegangan yang dipakai untuk menarik arus pun rendah. Oleh sebab itu, pengisian daya secara parsial malah akan menambah keawetan baterai. 

 

Isi daya baterai sebelum habis 

Satu hal lagi harus dihindari supaya baterai makin awet. Jangan pernah isi baterai Anda dari daya nol hingga penuh seratus persen. Pengisian baterai yang dilakukan setelah benar-benar kosong, justru mengurangi stabilitasnya. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya lapisan ion metalik, akibat proses pengisian daya yang terlalu lama. Selain itu, mengisi daya baterai terlalu lama akan membuat mesin ponsel mengalami overheat. Overheat ini bisa berakibat rusaknya perangkat Anda, jika terlalu sering dialami. 

 

Jangan pakai ponsel waktu di-charge

Selanjutnya, hindari mengisi daya baterai sambil tepa mengoperasikan ponsel. Ketika Anda mengisi baterai sambil menjalankan aplikasi berat, misalnya game, akan terjadi “parastic load”, atau berkurangnya daya secara drastis. Hal ini dapat mendistorsi perputaran arus daya saat baterai sedang di-charge. Jika sering dilakukan, maka baterai akan mengalami kebocoran. Supaya baterai tetap awet, matikan ponsel ketika sedang mengisi daya. 

 

Kendalikan suhu baterai 

Cara paling efektif membuat baterai awet saat pengisian daya adalah, mengendalikan suhunya. Temperatur suhu yang ideal adalah 25 hingga 30 derajat Celcius. Pengisian daya di dalam ruangan dengan suhu tersebut, akan menjaga kapasitas baterai hingga 80 persen. Oleh sebab itu, jangan pernah isi daya baterai sambil menaruh ponsel di bawah bantal. Hindari pula mengisi daya baterai di dalam dasbor mobil, saat cuaca sedang panas terik. 

Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa mengisi daya baterai dengan benar ya, agar tidak cepat rusak!

 

Rekomendasi bacaan:
5 aplikasi untuk lancarkan aktivitas gaming Anda
Tok Tok ternyata bermasalah juga di Hong Kong
6 tool asyik dan gratis untuk membuat infografik

 

Sumber:
kompas.com
selular.id
detik.com

Tags:

  • charging
  • charge
  • ponsel
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang