Published on

Expert's Corner

Travel Writer Adalah: Tujuan, Skill-set, Prospek Karier, dan 3 Cara Memulainya

Detty Risetya

cover.jpg

Jika kamu punya pengalaman travelling dan hobi menulis blog, travel writer adalah salah satu karier yang cocok untukmu. Tak hanya rasa puas karena jalan-jalan mengunjungi destinasi baru, namun pekerjaan travel writer juga merupakan profesi yang memiliki penghasilan besar. Untuk itu, simak tujuan, skill-set, prospek karier, dan cara memulai menjadi travel writer di artikel ini!

Apa itu travel writer?


Informasi atau pengalaman yang disampaikan para travel writer, masyarakat akan lebih mudah melakukan perjalanan. (Sumber: Freepik)

Sederhananya, travel writer adalah orang yang mengisahkan perjalanan mereka ke berbagai tempat di seluruh dunia. Umumnya, sebelum pergi ke suatu tempat, travel writer melakukan riset dan memperbanyak informasi di tempat destinasi. Dengan adanya informasi atau pengalaman yang disampaikan para travel writer, masyarakat akan lebih mudah melakukan perjalanan ke sana. Tentunya, hal ini akan sangat membantu para petualang yang mungkin baru pertama kali berkunjung.

Travel writer adalah pekerjaan yang menguntungkan sekaligus menyenangkan. Meski begitu, kamu membutuhkan beberapa skill atau keahlian khusus agar dapat menjadi travel writer yang sukses.

Baca juga: Catat, cara menjadi UX Writer yang mumpuni

Tujuan travel writer


Berkat travel writer kini semakin banyak destinasi tersembunyi yang ikut ramai pelancong. (Sumber: Freepik)

Adapun tujuan travel writer adalah sebagai berikut:

1. Menginformasikan budaya atau adat istiadat

Setiap negara memiliki budaya dan adat istiadat berbeda. Travel writer adalah salah satu yang menginformasikan hal ini. Sehingga, para wisatawan atau pelancong dapat saling menghargai dan memahami.

2. Membantu merencanakan travelling

Bagi para petualang atau backpacker, travel writer adalah salah satu konsultan perjalanan yang sangat membantu. Dengan membaca blog atau website milik travel writer, para traveller bisa merencanakan sendiri perjalanan dengan biaya murah, namun perjalanannya tetap mengesankan.

3. Memperkenalkan destinasi baru

Tempat-tempat wisata yang populer biasanya dipadati kerumunan wisatawan. Namun, berkat travel writer kini semakin banyak destinasi tersembunyi yang ikut ramai pelancong. Sehingga, bisa dibilang travel writer adalah salah satu influencer atau “sales person” yang ikut membantu meningkatkan popularitas tempat wisata baru.

Skill yang harus dimiliki


Salah satu keahlian yang perlu dimiliki travel writer adalah SEO atau Search Engine Optimization. (Sumber: Freepik)

Apa saja keterampilan yang harus dimiliki agar bisa menjadi penulis perjalanan? Skill yang perlu dimiliki travel writer adalah sebagai berikut:

1. SEO

Keahlian pertama yang perlu dimiliki travel writer adalah SEO atau Search Engine Optimization. Terutama dalam meningkatkan views. Di sinilah pentingnya skill SEO marketing dan menargetkan kata kunci yang tepat untuk memaksimalkan peringkat SEO dan pendapatan iklan.

2. Blog online

Skill lainnya yang perlu dimiliki travel writer adalah mampu menulis blog online. Bukan hanya skill teknis, tetapi dapat menyampaikan kisahnya dengan baik. Menulis serta mengedit narasi perjalanan agar mudah dipahami para pembaca.

3. Marketing konten

Ketiga, skill yang perlu dikuasai seorang travel writer adalah content marketing atau pemasaran konten. Selama menulis, yang terpenting dalam skill travel writer adalah dapat mempromosikan atau memasarkan tempat yang dikunjungi agar dikenal luas. Umumnya berupa artikel blog, buku, atau penulisan kreatif.

Baca juga: 11 Cara menjadi Content Writer andal di perusahaan startup

Prospek kerja travel writer


Jenjang karier travel writer bisa menjadi konsultan travelling atau manajer komunikasi pemasaran. (Sumber: Freepik)

Jenjang karier travel writer diawali sebagai penulis atau editor. Selanjutnya, jenjang karier travel writer naik menjadi konsultan travelling. Bila kamu ingin meningkatkan jenjang karier yang lebih tinggi, maka kamu dapat mengemban sebagai manajer komunikasi pemasaran.

3 Cara menjadi travel writer


Memperbanyak baca buku atau majalah travelling agar sukses jadi travel writer. (Sumber: Freepik)

Penasaran cara menjadi travel writer adalah seperti apa? Yuk, simak infonya berikut ini!

1. Mulai menjelajah

Cara menjadi travel writer yang pertama adalah mencari informasi tempat yang ingin kamu jelajahi. Dari cara ini, kamu bisa melihat dunia dan menemukan tempat-tempat baru yang mungkin sangat membantu traveller lain. Misalnya, bagaimana adat istiadatnya? Seperti apa kehidupan masyarakat lokalnya? Apa saja kulinernya? Hingga tempat menginap yang paling ideal.

2. Memperbanyak baca buku

Selanjutnya, cara agar sukses menjadi travel writer adalah perbanyak membaca buku atau majalah travelling. Misalnya, Conde Nast Traveller, Suitcase Magazine, dan The California Sunday Magazine.

Saat ini, ada juga berbagai blog travelling yang bagus untuk memperbanyak khazanah informasi seputar perjalanan. Pelajari sebanyak mungkin dan lihat apa yang sudah sering ditulis oleh travel writer lainnya. Kamu sebagai travel writer adalah penulis asli, namun tak ada salahnya membaca karya penulis lain untuk sekadar inspirasi.

3. Membuat website atau blog

Sekarang, membuat blog atau website hanya butuh satu ide dan beberapa klik. Beli alamat domain yang gampang diingat, lalu mulailah menulis blog sendiri. Jangan lupa untuk tuliskan kisah perjalanan disertai foto-foto berkualitas, video, serta testimoni autentik. Ini bukan sekadar blog pribadi, namun juga menjadi portofolio online profesional.

Baca juga: Content Writer: Tugas, kualifikasi, dan proyeksi karier 2022

Demikianlah informasi mengenai tujuan, skill-set, prospek karier, dan cara memulai menjadi travel writer. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • worldpackers
  • zippia
  • phinemo

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read

    Video